Previous Next

Doktor Baru Program Studi Psikologi

Pada tanggal 11 Desember 2019, Dosen Program Studi Psikologi Dr. Devi Wulandari, M.Sc telah menyelesaikan Sidang Terbuka di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia untuk disertasinya dengan judul Peran Kecemasan, Coping Religius Islami, Kepuasan Pernikahan Dan Kondisi Fisik Pada Kualitas Hidup Terkait Kesehatan (Health Related Quality Of Life) Pasien Paska Infark Miokard. Dalam penelitian disertasinya dengan metode mixed method explanatory, menunjukkan bahwa pada studi 1 dengan pendekatan kuantitatif yaitu kecemasan memiliki pengaruh langsung yang negatif terhadap HRQOL. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara komorbiditas pasien, coping religius Islami dan left ventricular ejection fraction (LVEF) terhadap HRQOL. Kepuasan pernikahan adalah moderator yang signifikan terhadap hubungan antara kecemasan dan HRQOL. Pada studi 2 dengan pendekatan kualitatif dengan metode multiple case study menunjukkan bahwa responden mengalami kecemasan terhadap kematian, kecemasan terhadap bertambahnya penyakit dan efek samping pengobatan. Infark Miokard dihayati sebagai kesempatan kedua untuk menebus kesalahan masa lalu dan adanya dukungan dari pasangan muncul dalam penelitian kualitatif adalah komunikasi antara pasian-dokter dan adanya peran jender terhadap HRQOL responden.

Ibu Dr. Devi Wulandari, M.Sc mempertahankan disertasinya di depan para Promotor yaitu Dr. Adriana Soekandar Ginanjar, M.Sc, Psikolog; Co Promotor yaitu Drs. R. Urip Purwono, M.Sc., Ph.D., Psikolog; Tim Penguji yang terdiri dari Ketua yaitu Prof. Dr. Guritnaningsih, Psikolog dengan Anggota Prof. dr. Ganesya Harimurti, SpJP(K), Drs. Dharmayati B. Utoyo, M.A., PhD., Psikolog, Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum, Psikolog, Sali Rahadi Asih, M.Psi., MGPCC., Ph.D. Psikolog, Dra. Eunike Sri Tyas Suci, Ph.D. Psikolog; Ketua Sidang yaitu Dr. Tjut Rifameutia Umar serta Sekretaris Sidang yaitu Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum.

Dalam Sidang Terbuka tersebut, ibu Dr. Devi Wulandari, M.Sc. dapat mempertahankan Disertasinya dengan sangat baik. Berdasarkan pada penilaian akhir sidang terbuka ini, ibu Dr. Devi Wulandari M.Sc., mendapatkan predikat sangat memuaskan dengan IPK 3,81 dan menyelesaikan studinya selama 5 tahun 6 bulan. Program Studi Psikologi Universitas Paramadina mengucapkan selamat kepada ibu Dr. Devi Wulandari, M.Sc atas titel Doktor yang sudah diperoleh. Semoga memberikan keberkahan untuk pengembangan dan kemajuan bagi pribadi dan institusi.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed