Previous Next

Pengabdian Masyarakat Peningkatan Toleransi Dalam Mengurangi Prasangka Sosial di SDIT Cerdas Insani Bekasi

Pada tanggal 25-28 November 2019 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SDIT Cerdas Insani Bekasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh mahasiswa yang saat ini sedang mengikuti mata kuliah Psikologi Eksperimen. Tujuan pembelajaran yang mengarahkan pada kemampuan riset yang dimiliki oleh para mahasiswa menjadikan tugas akhir berupa pengabdian masyarakat berbasis riset tersebut menjadi salah satu bentuk implementasi yang nyata. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, mahasiswa mengambil fenomena yang ada di SDIT Cerdas Insani Bekasi berupa permasalahan praktis yang terjadi saat ini di lingkungan sekolah dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan pendekatan penelitian eksperimen.

Sekolah Dasar Islam Terpadu Cerdas Insani berada di daerah Bekasi Utara, Kota Bekasi. Sekolah ini didirikan pada tahun 2016. Dari hasil studi preliminary disekolah tersebut didapatkan bahwa pernah terjadi permasalahan atau konflik terkait budaya yaitu adanya prasangka rasial, dimana terdapat anak yang mendapatkan penilaian buruk dari anak lain karena budaya atau suku dari anak tersebut yang minoritas atau berbeda dengan anak-anak lainya. Disekolah ini pada dasarnya sudah menerapkan sistem multikultural sehingga siapa saja dan budaya apa saja bisa bersekolah disekolah tersebut dengan syarat memiliki umur yang cukup. Meskipun begtiu,fokus sekolah yang ingin lebih menguatkan menangani masalah penerimaan perbedaan dalam budaya menjadikan mahasiswa memberikan bantuan berupa intervensi dalam penguatan toleransi agar nantinya siswa dapat lebih menghargai perbedaan.

SDIT Cerdas Anakku berdiri pada tanggal 1 April 2016 yang didirikan oleh Ir.Iman Permadi. SDIT Cerdas anakku berada di daerah Bekasi Utara, kota Bekasi. SDIT Cerdas Anakku mempunyai Visi yaitu membentuk generasi islam yang berilmu dan berakhlak mulia,santun,mandiri,aktif,religius dan terampil. Serta Misi Membangun akidah dan keimanan anak muslim sejak dini, Mengarahkan, membimbing dan mengembangkan kemampuan dan bakat anak, Mengembangkan kreatifitas dan keterampilan, Membentuk jiwa kepemimpinan, keteladanan dan kemandirian, Membina pola laku sopan dan beretika baik kepada yang lebih tua, rekan sebaya maupun yang lebih mudah. SDIT Cerdas Anakku mempunyai 1 kepala sekolah dan 7 guru, setiap satu guru mengajar untuk satu kelas, di sekolah ini terdapat 5 kelas yaitu kelas 1 dengan dua kelas, kelas 2 satu kelas, kelas 3 satu kelas dan kelas 4 satu kelas.

Berdasarakan hasil studi lebih mendalam oleh tim, terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan pada SDIT Cerdas Insani yang dipilih sebagai Mitra, diantaranya yaitu:
1.    Mitra mempunyai kasus terkait bully terhadap salah satu murid yang merupakan suku tertentu.
2.    Mitra belum mempunyai pembelajaran tetap mengenai tolerasi budaya di sekolah tersebut.
3.    Mitra membutuhkan program mengenai toleransi budaya untuk siswa siswi.

Melihat pada kondisi permasalahan yang didapatkan tersebut, maka kegiatan pengabdian masyarakat ini sendiri terdiri dari 2 jenis kegiatan yaitu seminar kepada orangtua dan workshop kepada guru yang diberikan oleh dosen serta intervensi kepada siswa yang diberikan oleh mahasiswa. Untuk kegiatan seminar yang diberikan kepada orangtua diberikan oleh Ibu Tia Rahmania, M.Psi, Psikolog dengan tema "Mari Tanamkan Budaya Tolerannsi Pada Anak Sejak Dini". Kegiatan workshop kepada guru berupa penerapan metode belajar menggunakan cinematherapy dan role play diberikan oleh Ibu Alfikalia, M.Si, Psikolog. Untuk intervensi yang diberikan kepada mahasiswa sendiri diberikan intervensi yang disupervisi langsung oleh dosen MK Psikologi Eksperimen yaitu bapak Handrix Chris Haryanto, M.A. dalam 3 metode yaitu cinema therapy, role play, serta expressive game yang bertujuan dalam peningkatan toleransi siswa dengan subjek siswa kelas 1 yang mencapai 26 anak. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sendiri mendapatkan dana hibah dari LPPM Universitas.

Pelaksanaan intervensi yang dibuat sendiri mendasarkan pada desain penelitian one group pre test post test design. Untuk pengukuran tingkat prasangka pada responden sendiri berdasarkan pada alat ukur prasangka rasial yang sudah disusun dan memiliki validitas serta reliabilitas yang baik. Hasil akhir menunjukkan bahwa ada perubahan prasangka yang dimiliki oleh siswa terkait dengan intervensi yang sudah diberikan. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa intervensi yang diberikan kepada siswa kelas 1 SDIT Cerdas Insani memberikan dampak yang signifikan dalam mengurangi prasangka yang dimiliki sebelumnya oleh para siswa.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed