Latest News

 Sukses Tugas Akhir…Lulus Tepat Waktu

Sukses Tugas Akhir…Lulus Tepat Waktu

Yudisium Prodi DPI Selamat para lulusan prodi DPI… Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI)...

 “Inovasi Desain untuk Industri”

“Inovasi Desain untuk Industri”

Kerjasama Program Studi DPI dengan Industri Presentasi MK Desain Produk IV 12 Januari 2017... Kemamp...

 Prodi DPI dukung penguatan…Asosiasi Profesi Desainer Mebel

Prodi DPI dukung penguatan…Asosiasi Profesi Desain...

Dukungan dalam Kongres HDMI Desember 2016 … Program Studi Desain Produk Industri (prodi DPI) univers...

Prodi DPI dukung… Asosiasi profesi Desainer Produk

Prodi DPI dukung… Asosiasi profesi Desainer Produk

Kerjasama Prodi DPI dalam program ADPII Jakarta ADPII Jakarta ‘Super Lecture’9 -13 Desember 2016 … P...

TENTANG PRODI DESAIN PRODUK INDUSTRI

 
Industri kreatif saat ini sedang booming di berbagai belahan dunia. Kreativitas dianggap sebagai bagian dari industri yang berpengaruh pada perkembangan ekonomi dunia. Desain produk merupakan salah satu dari tujuh bidang yang termasuk dalam industri kreatif. Di Indonesia, industri kecil menengah banyak mengambil peran dalam industri kreatif. Potensi tersebut merupakan peluang untuk perkembangan desain produk industri. Program Studi Desain Produk Industri Universitas Paramadina memfokuskan pembelajaran pada perancangan produk benda pakai yang memiliki nilai keunikan ide dan bentuk. Kompetensi untuk merancang produk dilengkapi dengan pembekalan kemampuan dasar untuk menggali kreativitas, mencurahkan ide melalui presentasi dan gambar, serta penguasaan teknis dan mekanis yang berkaitan dengan produksi. Kemampuan dasar dan teknis didasari dengan wawasan tentang pemahaman manusia baik sebagai pengguna produk, maupun sebagai konsumen, sehingga mahasiswa mampu merancang produk yang selain nyaman juga memiliki nilai jual.

Visi

Menjadi program studi unggulan yang mampu menjawab tantangan perkembangan industri kreatif dengan berbasiskan etika-religius. 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar dibidang Desain Produk Industri yang berkualitas guna menghasilkan sarjana desain yang mampu menjawab tantangan masa depna, melalui karya-karya yang inovatif dan kreatif.
  2. Membangun ilim akademis yang menunjang tumbuhnya budaya riset.
  3. Menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan penerapan berbagai keterampilan desain bagi peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarkat.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana Desain Produk Industri yang menguasai kelimuan dan keterampilan sesuai kompetensi desain produk industri, dengan kekhususan benda pakai, serta memiliki kompetensi leadership, entrepreneurship dan ethics.
  2. Menghasilkan lulusan yang siap berperan dalam lingkup nasional dan internasional.
  3. Menjadi Program Studi yang aktif berperan dalam pengembangan keilmuan desain produk industri.
  4. Menjadi Program Studi yang berperan dalam meningkatkan kompetensi sumber daa manusia, khususnya pada desain produk benda pakai, melalui pengabadian masyarakat. 
Hendriana Werdhaningsih, M.Ds.Ketua Program Studi
hendriana@paramadina.ac.id

KURIKULUM DAN METODE

 

Desain Produk Industri dirancang untuk melahirkan desainer produk yang memiliki kreativitas serta mampu menerapkannya dalam karya dan kehidupannya sebagai profesional. Strategi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan bakat dan minat digunakan untuk menumbuhkan keunikan yang khas dari masing-masing mahasiswa. Strategi tersebut didukung dengan penggunaan kelas kecil dan kelas studio. Kompetensi yang aplikatif dicapai dengan pembelajaran yang didukung fasilitas workshop dan modeling, laboratorium komputer dan studio fotografi. Kunjungan ke industri dan kuliah dosen tamu atau profesional dilakukan secara rutin pada setiap semester untuk memberikan gambaran nyata situasi dan tantangan dunia kerja. Pameran bersama, workshop dan diskusi kreatif diadakan untuk memicu keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan yang bernuansa desain.
Untuk memperoleh gelar sarjana di bidang desain, mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS, termasuk 8 SKS Tugas Akhir, 2 SKS praktik kerja profesi dan 2 SKS seminar desain, yang semuanya dapat ditempuh dalam tiga setengah tahun.

STAF PENGAJAR

Hendriana WerdhaningsihKetua Program Studi
hendriana@paramadina.ac.id
ErinaldiDosen
erinaldi@paramadina.ac.id

Noel Febry ArdianDosen
noel.febry@paramadina.ac.id
Ira SamriDosen
ira.samri@paramadina.ac.id
Yusuf KurniadiDosen
yusuf.kurniadi@paramadina.ac.id
Heryudhi GaneshaDosen
heryudi@paramadina.ac.id
Indra KuspratamaDosen
indra.kuspratama@paramadina.ac.id

KEMANA SETELAH LULUS?

 

Industri Kreatif saat ini menjadi unggulan dalam peningkatan ekonomi Indonesia. Lulusan Program Studi Desain Produk Industri Universitas Paramadina akan menjadi desainer produk yang siap turut terlibat aktif dalam memajukan perekonomian. Keterlibatan tersebut dapat melalui profesi-profesi, berikut:
  • Desainer Maker, profesi ini adalah profesi yang menjadi impian para desainer karena memberikan ruang berkarya yang kreatif dengan dukungan keterampilan yang unggul dalam mengolah material. Desainer maker menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tinggi dan memiliki peluang bersaing di pasar internasional.
  • Entrepreneur, wirausahawan mandiri yang bergerak di pengembangan maupun pemasaran produk desain, diantaranya dengan menbuka jasa konsultan desain
    maupun membuat toko desain.
  • Penulis bidang desain saat ini masih sangat langka, sementara perkembangan industri kreatif tidak akan pernah optimal tanpa para penulis yang memahami
    dunia desain secara utuh.
  • Desainer dalam industri, membangun karir sebagai desainer dalam industri merupakan tantangan yang menarik karena memungkinkan untuk bekerja bersama
    dengan bidang teknologi dan rekayasa.
  • Desainer dalam lembaga pemerintahan, menjadi salah satu pilihan profesi yang sangat terbuka pada saat ini sejalan dengan kebijakan pemerintah
    dalam mengembangkan industri kreatif, baik industri besar maupun industri kecil menengah yang tersebar di seluruh Indonesia.
Lulusan desain produk industri dapat bergabung dengan asosiasi profesi diantaranya Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia ( http://adpii.org/ ) dan Himpunan Desainer Mebel Indonesia (http://hdmi-ifda.org/ )

TESTIMONI ALUMNI

Ismarini Indah Setyoningrum Mahasiswi Université Michel de Montaigne Bordeaux 3, Jurusan Master Pro Design: Innovation, Technologie, Arts
Saya banyak mendapatkan pengalaman menyenangkan selama berkuliah di Paramadina. Dosen-dosen yang bersahabat dan berjiwa muda membuat proses belajar terasa nyaman dan tidak membosankan. Kampus men-support para mahasiswa DPI untuk ikut serta dalam berbagai kompetisi dan pameran skala lokal hingga internasional, guna meningkatkan kualitas portfolio yang akan sangat bermanfaat sebagai modal mendapatkan pekerjaan yang baik, maupun untuk melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi di universitas bergengsi di dalam dan luar negeri. Keuntungan lain yang saya dapat yaitu peningkatan soft skill berkat pelatihan kepemimpinan dan kegiatan ekstrakurikuler yang cukup beragam sehingga mengembangkan pengetahuan baru sekaligus memberikan pengalaman berorganisasi.
Rizky Adrianto Creative Designer MINI Cooper
Kuliah di Desain Produk Industri Paramadina sangat membantu saya dalam menambah ilmu dan wawasan saya dalam menggeluti pekerjaan saya sekarang. Fasilitasnya cukup lengkap dan membantu saya dalam mengenal serta memahami alat-alat apa saja yang saya aplikasikan dalam pekerjaan saya sebagai desainer. Hubungan yang baik antar mahasiswa, alumni dan dosen menjadi bekal networking dalam dunia kerja. Saya sering mendapatkan pekerjaan tambahan dari teman-teman lulusan Paramadina. Di Paramadina tidak ada perbedaan generasi, kami semua sudah seperti keluarga saja. Saya senang dan bangga pernah menjadi mahasiswa di Paramadina. Tidak sedikit orang sukses adalah lulusan Paramadina
Ruy NubaraniResearch and Development - DECOROUS CONTRACT
Kuliah di Paramadina adalah pengalaman menyenangkan, dengan teman teman yang menyenangkan dan dosen muda yang bisa dibilang "gaul". Paramadina memfasilitasi kita dengan workshop yang cukup lengkap sehingga kita dapat mengembangkan kemampuan desain secara teknik. Paramadina merupakan gudangnya networking dimana kita bisa mengikuti pameran dan event desain berskala lokal bahkan internasional, kita banyak bertukar pikiran dengan teman-teman desain dari Universitas lain, menjalin hubungan dengan praktisi desain di Indonesia dan dapat memamerkan karya kita sebagai bentuk aktualisasi. Banyak UKM yang bisa kita pilih, bahkan jika perlu kita diijinkan untuk mendirikan UKM baru untuk mengembangkan minat dan bakat kita. Pada intinya, paramadina menyediakan bekal yang layak untuk terjun di masyarakat.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed