Pada Tamgal 17 November 2019, Desain Produk Paramadina Beserta Studio Porto dan Creative Zone Universitas Paramadina mengadakan Workshop Gambar Portofolio SNMPTN. Setiap tahunnya penerimaan mahasiswa jurusan Desain, Seni Rupa dan Arsitektur UNPAR melakukan tes portofolio. Tujuannya hanya satu yaitu, melihat kapasitas minat, bakat dan potensi dari para calon mahasiswanya.

Maka dari itu Desain Produk Paramadina berkerjasama dengan Studio Porto dan Creative Zone Universitas paramadina, memberikan sedikit wawasan bagaimana membuat portofolio dan gambar yang layak dan sesuai untuk masuk di tes SNMPTN Tipikal soalnya hampir sama setiap tahun, yaitu Gambar Naratif dan Gambar Alam Benda atau Still Life Fungsi tes Gambar Naratif adalah untuk melihat kapasitas para peserta tes dalam memahami konteks masalah dan memberikan solusinya dengan berdasarkan wawasan, logika dan kreatifitasnya masing-masing. Setiap orang akan memberikan jawaban yang pasti berbeda satu sama lain. Sedangkan Gambar Alam Benda atau Still Life, tes ini bertujuan melihat kapasitas pemahaman teknis menggambar dan penguasaan material dari setiap peserta.

Perkembangan zaman yang cepat menuntut para desainer agar lebih kreatif, produktif dan inovatif dalam mengembangkan konsep – konsep ide dan berkarya. Demi meningkatkan produktifitas dalam berkarya, seorang desainer memerlukan dorongan atau motivasi agar selalu dapat berkarya. Salah satu cara untuk memberikan dorongan atau motivasi kepada desainer adalah dengan apresiasi terhadap karya – karya yang mereka pamerkan dalam pameran mereka.

Sebagai calon desainer, mahasiswa desain Paramadina tahun 2018 berencana untuk mengadakan suatu pameran, agar publik dapat memberikan apresiasi terhadap karya kami selama satu tahun pertama menimba ilmu dalam prodi Desain Komunikasi Visual dan juga Desain Produk Industri di Universitas Paramadina. Kami juga berharap acara kami dapat memberikan motivasi serta dorongan pada khayalak umum untuk terus berkarya dan berinovasi.
Perkembangan zaman yang cepat menuntut para desainer agar lebih kreatif, produktif dan inovatif dalam mengembangkan konsep – konsep ide dan berkarya. Demi meningkatkan produktifitas dalam berkarya, seorang desainer memerlukan dorongan atau motivasi agar selalu dapat berkarya. Salah satu cara untuk memberikan dorongan atau motivasi kepada desainer adalah dengan apresiasi terhadap karya – karya yang mereka pamerkan dalam pameran mereka.


Para Dosen Mempersiapkan Mata Kuliah Wajib Design Thinking di

Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina

Jakarta, 5 Desember 2018
Pada Semester Genap 2018-2019, Fakultas Ilmu Rekayasa akan mulai menyelenggarakan Berpikir Desain atau lebih dikenal dengan Design Thinking sebagai Mata Kuliah Wajib. Dalam rangka mempersiapkan Mata Kuliah tersebut untuk menjadi mata kuliah baru yang menyenangkan sekaligus efektif bagi mahasiswa. Dosen-dosen Program Studi Desain Produk, Desain Komunikasi Visual dan Informatika bersama-sama melakukan workshop untuk persiapan tersebut. Satu hari penuh berproses bersama, sangat menyegarkan dan menyenangkan. Mata Kuliah Berpikir Desain yang akan diberikan kepada mahasiswa Semester 2 akan memberikan bekal cara berpikir yang berorientasi pada manusia, kreatif dan solutif. Persiapan matang oleh 21 dosen dari Fakultas Ilmu Rekayasa menjadi sangat penting supaya tujuan tersebut dapat tercapai. Lagipula momen seluruh dosen FIR berkumpul seharian, berproses, berdiskusi dan bercanda bersama membuat para dosen jadi semakin kompak. Maju bersama untuk memperkuat kreativitas bangsa!           

Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai sistem produksi, maka prodi DP (Desain Produk) Universitas Paramadina mengadakan kunjungan studi ke PT. Pudak Scientific di kota Bandung. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan produk-produk alat peraga pendidikan dan kesehatan. Produk yang dihasilkan oleh industri ini menggunakan berbagai material dari: Plastik, Logam, Kayu dan Kaca.

Mahasiswa belajar banyak mengenai proses mesin dan peralatan produksi yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk, khususnya untuk produk berbahan kaca. Proses pembuatan produk sangat menarik perhatian. Dalam kunjungan ini juga kita bisa melihat bagaimana perusahaan mengelola produk yang telah diproduksi dari mulai dikemas, disimpan dan sebagian dipajang di ruang “Showroom”.

Bogor, 19 Desember 2018
Buanglah Mantan pada tempatnya! ….. Eh, Sampah maksudnya ….. Ini suasana kegiatan Telusur Lebak Pilar 2018, yang mengangkat semangat kebersihan lingkungan berbasis pengelolaan sampah. Pagi hari ini mulai dari jam 06.00 kita “Telusur Lebak Pilar 2018", melakukan aksi bersih di lingkungan Taman Sempur dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lebak Pilar di Kota Bogor. Acaranya diawali dengan apel pagi bersama Pak Wali, Pak Rektor dan Bu Camat di Taman Sempur. Semangat sekali para mahasiswa Paramadina meski menempuh berjalanan dengan bis sejak subuh hari dari kampus, terutama karena kita bersama dengan dede-dede dari SMA di Bogor.



Kegiatan Bakti Lingkungan: melakukan aksi bersih di lingkungan Taman Sempur dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lebak Pilar “Telusur Lebak Pilar 2018", dilanjutkan dengan Talkshow "Kemitraan dalam Integritas Pelestarian Lingkungan untuk Mendukung SDGs 2030” dengan narasumbernya Bima Arya, Ph.D, Hendriana Werdhaningsih M.Ds, Agil Mulqi, Rahyang Rimba Nusantara, membahas tentang masalah sampah dari hulu ke hilir. Pak Bima Arya bicara tentang penanganan sampah di Kota Bogor dengan kampanye kreatif dan kemitraan dengan komunitas-komunitas peduli lingkungan yang ada di Bogor. Ibu Hendriana memberikan wawasan kreatif tentang peranan desain dalam upaya melakukan ‘reduce, reuse dan recycle’. Kang Aqil menceritakan beragam program cerdik untuk mengajak warga Bogor terlibat dalam penanganan sampah, sedangkan Kak Rahyang memaparkan tentang upaya yang tak kunjung pada selama bertahun-tahun memperjuangkan ‘diet kantong plastik’ hingga akhirnya menjadi peraturan pemerintah di beberapa daerah di Indonesia. Program ini diselenggarakan dengan dukungan Ford Foundation yang bermitra dengan Universitas Paramadina dalam berbagai kegiatan yang mendorong terjalinnya kerjasama antar institusi untuk bersama-sama menyelesaikan ‘wicked problem’ yang ada di sekitar kita.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed