Workshop "Online Instrument Development For Recruitment and Selection"

Proses merekrut dan memilih karyawan adalah suatu bisnis proses yang tidak dapat dihindari dalam suatu perusahaan. Tujuan dari proses seleksi adalah untuk mendapatkan “the right man at the right place”. Untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kriteria pekerjaan dibutuhkan suatu alat yang dapat mendiagnosa karateristik individu. Namun untuk mendapatkan suatu alat tes yang dapat diandalkan di Indonesia merupakan suatu hal yang sulit. Menurut Suwartono (2016) alat tes psikologi yang digunakan di Indonesia sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman baik dari sisi isi maupun standardisasi penggunaan alat tes. Selain itu dengan adanya terbitan buku-buku psikotest yang dijual bebas di pasaran menimbulkan tanda tanya terhadap keterhandalan dari alat tes yang selama ini digunakan dalam proses seleksi karyawan pada umumnya. Disamping masalah validitas alat tes yang ada, alat tes psikologi yang biasa digunakan dirasakan terlalu umum dan kurang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berbeda satu sama lain. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat tes psikologi yang handal dan sesuai dengan kebutuhan setiap perusahaan.


Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka Unit LPPM Paramadina Psychology for People (PPFP) dan Program Studi Psikologi membuat Pelatihan  "Online Instrument Development For Recruitment and Selection " yang bertujuan untuk mengajarkan cara menyusun alat tes psikologi secara online yang sesuai dengan kebutuhan perekrutan dan seleksi karyawan. Adapun hasil akhir dari pembelajaran ini adalah setiap peserta mampu untuk membuat alat tes Psikologi yang dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perekrutan dan seleksi karyawan pada perusahaan dimana mereka bekerja. Adapun manfaat mengikuti pelatihan ini adalah:
1.    Menghemat biaya dan waktu perekrutan dan seleksi
2.    Memiliki alat tes Psikologi yang andal dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Dalam pelatihan ini para narasumber maupun trainer yang terlibat yaitu bapak Urip Purwono, PhD (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran); Ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati M.Si, Psikolog (Dosen Program Studi Psikologi Universitas Paramadina); Ibu Retno Hendrowati, M.T (Dosen Program Studi Teknologi Informatika Universitas Paramadina). Dalam pelatihan yang sudah dilaksanakan pada tanggal 26-27 April ini, total peserta yang mengikuti yaitu 24 peserta dari berbagai institusi. Dalam perencanaan yang akan datang nantinya unit LPPM PPFP akan membuat pelatihan lanjutan yang memiliki level lebih advance dalam pembuatan instrumen rekrutmen dan seleksi.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed