Kuliah Umum Visual Communication and Branding of Asian Games 2018

Print

2 Oktober 2018, 10.00 – 12.00 WIB, Aula Nurcholish Madjid

Pada tanggal 2 Oktober 2018, bertempat di Aula Nurcholish Madjid Universitas Paramadina, diadakan Kuliah Umum Visual Communication and Branding of Asian Games 2018 yang dibawakan oleh Elwin Mok. Elwin sendiri merupakan seorang desainer komunikasi visual yang bergerak di bidang advertising. Pada tahun 2015, beliau dipercaya untuk merubah visual logo Asian Games dan membranding event tersebut secara keseluruhan, termasuk menangani promosi sampai activation dari identitas visual logo tersebut. Kemudian, beliau dipilih sebagai communication director dari tim desain dan branding event olah raga ini. Setelah melalui berbagai proses, pada akhirnya ditentukan tagline ‘Energy of Asia’ sebagai tema Asian Games 2018. Lalu melalui sayembara, terpilihlah desain logo rancangan Jefferson Edri dari Feat Studio, yang merupakan simbolisasi pencaran energi dan terinspirasi dari bentuk Gelora Bung Karno jika dilihat tampak atas.

Dengan budget minim, Elwin memilih menggunakan 3 platform media promosi Asian Games 2018. Yaitu media elektronik, media cetak, dan media digital. Dalam media TV, dibuat 3 buah iklan yang ditayangkan sepanjang tahun 2017 sampai 2018. Pada media cetak, dibuat iklan majalah dan iklan media outdoor berupa identitas visual pada beberapa fasilitas umum, seperti trasportasi publik. Di media digital online, selain menggunakan website, Elwin Mok juga menggunakan jasa para Youtuber lokal dan internasional untuk meraih perhatian generasi muda, dengan postingan karya mereka masing-masing di Youtube sebagai buzzer digital. Kerjasama dengan berbagai perusahaan sosial media juga gencar dilakukan, seperti Facebook filter, penggunaan maskot Asian Games 2018 di emoji Twitter, Tik Tok dengan augmented realitynya, aplikasi Waze, dsb.

 

Tim creative center yang Elwin Mok bawahi, bertanggung jawab untuk mengaplikasikan branding Asian Games di sarana seperti peralatan olahraga, invitation card, venue branding, dsb. Tidak hanya itu, untuk meningkatkan ketertarikan dan awareness berbagai golongan masyarakat pada event ini dengan activation semisal tagar #SENAMDULS di platform Youtube. Selain itu dibuat pula promo berupa video musik, bekerjasama dengan berbagai artis ternama. Seperti Ariel Noah, Slank, Via Vallen, dsb. Khusus untuk lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen, dibuat dalam berbagai versi bahasa (Arab, Mandarin, Thailand, India, Korea) oleh berbagai artis internasional untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Joomla SEF URLs by Artio