b-psi.jpg
Profil Program Studi Psikologi Program Studi Psikologi
30908_1361374686511_1595906447_30855372_2861386_s.jpg
Kurikulum Program Studi Psikologi disusun untuk membekali para
tim-psi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Alfikalia,

Workshop "Public School Set Up of Special Education (case study in Indonesia and Phillippines), dan Accomodations, Inclusion and School Management for Children With Special Needs"

  • PDF

 

Prodi Psikologi Universitas Paramadina bekerjasama dengan HIMPSI Banten dengan bangga menyelenggarakan agenda Workshop dengan tema “Public School Set Up of Special Education (case study in Indonesia and Phillippines), dan Accomodations, Inclusion and School Management for Children With Special Needs pada Tanggal 12 Mei 2015. Agenda ini merupakan agenda utama karena, mengundang para Praktisi dan Edukasi Anak Berkebutuhan Khusus dari Phillippina yakni; 1) Maria Cristina Romero, M.A, 2) Jessica Flores Nepomuceno, OTRP, MAED ECED SPED, 3) Mary Jean Marquez-Contado, MAED ECED.


Agenda ini bertujuan sebagai bentuk dukungan bagi para praktisi psikologi, guru dan praktisi pendidikan dalam pengembangan pendidikan yang peka dengan kebutuhan anak didik berkebutuhan khusus agar mendapat pengetahuan maupun kemampuan dalam penanganan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus baik secara individual maupun dalam setting institusi pendidikan.


Workshop berjalan lancar sesuai dengan harapan dan peserta workshop yang mayoritas adalah psikolog, guru, dan praktisi pendidikan merasa puas dan mendapatkan banyak pembelajaran dari pemaparan para narasumber terutama kasus-kasus dan kebijakan-kebijakan terkait dengan penanganan anak berkebutuhan  khusus yang diterapkan di Phillippina.

 

Last Updated on Friday, 22 May 2015 15:08

Kerjasama Prodi Psikologi dengan Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia (APSI)

  • PDF

Januari 2015, prodi psikologi melaksanakan kerjasama dengan organisasi profesi psikologi yang bernama Asosiasi Psikolog Sekolah Indonesia (APSI) yang merupakan sebuah organisasi yang didalamnya terdiri dari para ahli dan praktisi psikologi yang memfokuskan diri pada optimalisasi peran psikolog di sekolah dalam mengaplikasikan disiplin ilmu psikologi ke dalam proses pendidikan formal sekolah-sekolah di Indonesia.

Bentuk dari kerjasama yang dilakukan oleh prodi psikologi dengan APSI adalah kegiatan seminar selama dua hari yang jatuh pada tanggal 24 dan 25 Januari 2015 dengan tema “Pencapaian Prestasi Akademik Melalui Perkembangan Kognitif, Motivasi dan Emosi”. Dengan narasumber Tunggal, ketua APSI Pusat, yakni ibu Dr. Indun Lestari Setyono, M.Psi.

Beberapa tujuan dan manfaat yang diharapkan dari terlaksananya kegiatan kerjasama ini antara lain;

1. Sebagai sarana aplikasi keilmuan dalam ranah praktis yang manfaatnya dapat lebih bersifat umum kepada khalayak
2. Sebagai implementasi perluasan jejaring prodi psikologi universitas paramadina dengan institusi lain
3. Sebagai sarana promosi universitas paramadina, khususnya program studi psikologi kepada masyarakat umum (peserta seminar).
4. Menjalin relasi antara prodi dengan praktisi psikolog sekolah agar di kemudian hari dapat dilakukan kerjasama yang lain yang terkait dengan aplikasi keilmuan psikologi dalam ranah sekolah

Berikut beberapa dokumentasi foto acara tersebut

 

Last Updated on Friday, 22 May 2015 14:58

KERJASAMA PRODI PSIKOLOGI DENGAN CYENNO CONSULTANT

  • PDF

Dalam rangka menjalin kerjasama dengan institusi lain, terutama dalam hal memberikan kesempatan magang bagi para mahasiswa prodi psikologi Universitas Paramadina pada perusahaan-perusahaan (corporate) ternama di bidang-bidang yang terkait dengan disiplin ilmu psikologi (Human Resource, Personalia, biro dan konsultan psikologi, dan sebagainya), Prodi Psikologi gencar mencari peluang magang tersebut agar para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan kepada pekerjaan nyata serta untuk mendapatkan pengalaman baru yang tidak didapat diruang kelas.

Dibawah ini adalah foto salah satu penandatanganan kerjasama antara Prodi Psikologi dengan Cyenno Consultant, sebuah perusahaan konsultan ternama di Jakarta yang membuka kesempatan magang kepada mahasiswa di perusahaan tersebut.

Gambar 1. Ketua Prodi Psikologi, bapak Haris Herdiansyah, M.Si sedang menandatangani kesepakatan kerjasama MoU dengan pihak Cyenno Consultant

Gambar 2. Kesepakatan kerjasama yang telah ditandatangani kedua belah pihak

Gambar 3. Berfoto bersama dengan ibu Tia Rahmania (sekretaris Prodi Psikologi) dan pihak dari Cyenno Consultant

 

 

 

 

Last Updated on Tuesday, 19 May 2015 08:58

Kuliah Umum Prodi Psikologi "PSIKOLOGI-ENTREPRENEURSHIP"

  • PDF

Universitas paramadina memiliki tiga kompetensi utama yang harus dimiliki dan diinternalisasi oleh mahasiswa dan juga lulusannya yakni; 1) Leadership, 2) entrepreneurship, 3) ethic. Ketiga kompetensi tersebut menjadi warna khas mahasiswa dan lulusan universitas paramadina yang berfungsi sebagai identitas personal dan juga sebagai penciri khas/pembeda universitas paramadina sebagai institusi pendidikan dari institusi pendidikan lainnya, dengan harapan lulusan universitas paramadina mampu berkiprah dan mengaplikasikan keahlian dan kemampuannya dalam dunia kerja berdasarkan disiplin keilmuannya yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Sebagai sebuah kompetensi, tentu saja ketiga nilai tersebut harus mampu diturunkan dan diaplikasikan dalam bentuk kurikulum, yang pada akhirnya akan terinternalisasi dalam bentuk matakuliah-matakuliah yang diajarkan di kelas sesuai dengan program studinya masing-masing. Dengan demikian satuan terkecil yang akan menjalankan kompetensi-kompetensi tersebut adalah program studi melalui kurikulum yang disusun dan diterima oleh mahasiswa dalam bentuk matakuliah yang diajarkan dikelas.

Program studi psikologi, sebagai sebuah wadah disiplin keilmuan, pun memiliki kewajiban untuk menurunkan tiga kompetensi universitas dalam bentuk kegiatan perkuliahan. Pada kesempatan kali ini, salah satu kompetensi yang akan di-install-kan kepada mahasiswa adalah entrepreneurship melalui kuliah umum (studium generale) dengan mengusung tema “PSIKOLOGI-ENTREPRENEURSHIP – When psychology and entrepreneur meet” yang diselenggarakan pada Jum’at, 19 Desember 2014, dengan mengundang pembicara Bapak Antonius Yuwono, S.Psi yang berlatar belakang ilmu psikologi (alumni fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta) yang mengaplikasikan ilmu psikologi dalam bidang entrepreneurship dengan sangat baik dan mampu meraih kesuksesan dalam bidang entrepreneurship, dipandang sangat sesuai untuk memberikan perspektif baru kepada mahasiswa bahwa ilmu psikologi bukan hanya berkutat pada disiplin keilmuannya semata yang sudah mainstream di dunia kerja seperti bagian HRD perusahaan, di rumah sakit jiwa, di klinik atau biro psikologi, menjadi konsultan atau melakukan pengetesan psikologi semata, namun ilmu psikologi dapat diaplikasikan pada dunia entrepreneurship dan terbukti berhasil seperti yang telah dilakukan oleh narasumber kuliah umum kali ini dengan moderator oleh Bapak Haris Herdiansyah, M.Si.

Dan mahasiswa merasa senang dan cukup puas dengan tema kuliah umum yang dilaksanakan karena memberikan perspektif baru mengenai dunia bisnis dan wirausaha dari sudut pandang ilmu psikologi. Selain itu, muncul motivasi dari mahasiswa bahwa bisnis dan wirausaha dapat dilakukan oleh orang-orang dengan latar belakang ilmu psikologi, dan dapat berhasil seperti yang dilakukan oleh pembicara dalam kuliah umum. Kesimpulan lainnya adalah bahwa mahasiswa mengetahui jika bidang ilmu psikologi sebenarnya luas termasuk didalamnya bidang wirausaha sehingga pandangan yang sempit bahwa lulusan psikologi hanya akan bekerja pada bidang dan jalur yang sesuai dengan keilmuan psikologi saja seperti di bidang klinis, di rumah sakit, di sekolah , dan di biro-biro psikologi, terpatahkan dengan pemahaman baru yang mereka dapatkan dari kuliah umum.

Dengan terselenggaranya kuliah umum pada semester gasal TA 2014-2015 ini, prodi psikologi sudah sesuai dengan amanah yang dititipkan melalui para pendiri universitas untuk menurunkan komptensi inti (core-competences) universitas kepada mahasiswanya melalui kegiatan ini. Selain itu, sebagai sebuah prodi yang bertugas memberikan layanan keilmuan kepada peserta didik/mahasiswa, prodi psikologi telah memberikan perspektif lain kepada mahasiswa mengenai aplikasi ilmu psikologi diluar mainstream yaitu dalam ranah entrepreneurship.

Last Updated on Monday, 19 January 2015 11:36

"Exit Course Program"Job Analysis & Job Interview Skill

  • PDF


Program Studi Psikologi Universitas Paramadina telah mengadakan kegiatan Program "Exit Course Program" Job Analysis & Job Interview Skill yang merupakan kesatuan bagian dari acara "yudisium" yang wajib diikuti oleh seluruh calon wisudawan Oktober 2014 Prodi Psikologi. Acara  diadakan pada tanggal: 29-30 September 2014, pada Jam : 13.00 sampai jam 15.00 WIB yang diadakan Paramadina Graduate School (PGS), Ruang Kanfu Gedung Energy Lantai 22, SCBD, Jakarta.

Adapun program "exit course" ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang dunia kerja secara lebih khusus pada para wisudawan, khususnya pada bidang sumber daya manusia yang memang sangat membutuhkan tenaga ahli psikologi. Diharapkan dengan diberikannya pembekalan ini dapat memberikan nilai lebih bagi para wisudawan lulusan Prodi Psikologi Universitas Paramadina th. 2014 ini di dunia kerja kelak. Para wisudawan juga akan mendapatkan skill/kompetensi yang dibutuhkan bila kelak bergerak dalam bidang sumber daya manusia baik di suatu lembaga atau pun organisasi.

Materi "exit course" kali ini adalah:
1. Job analysis, berisi materi tentang proses yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh data jabatan, mengolahnya menjadi informasi jabatan yang dipergunakan untuk berbagai kepentingan program kelembagaan, ketatalaksanaan dan menejemen sumber daya manusia.

2. Job Interview, berisi bagaimana cara menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari pihak perusahaan atau organisasi ketika berada dalam sesi wawancara. Pada materi ini para peserta akan mendapatkan tips dan trik aplikatif yang bisa dipergunakan saat menghadapi pihak pewawancara.

Alhamdulilah acara ini berjalan dengan lancar dengan peserta 14 orang calon wisudawan, semoga kegiatan ini dapat berlanjut sampai dengan yudisium-yudisium berikutnya.

Last Updated on Tuesday, 21 October 2014 11:45

Prodi Psikologi Universitas Paramadina Aktif Dalam Pertemuan Kolokium Psikologi Indonesia

  • PDF

Sebagai anggota resmi dari Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) Program Studi Psikologi Universitas Paramadina senantiasa aktif diundang dan berpartisipasi dalam kolokium anggota AP2TPI yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tahun 2014 ini kolokium diadakan di Pekanbaru pada tanggal 19 – 21 Februari 2014. Kolokium tahun ini dihadiri oleh ketua prodi psikologi Univ. Paramadina yaitu bapak Haris Herdiansyah, M.Si dan sekretaris prodi ibu Tia Rahmania, M.Psi.

Tema kolokium kali ini adalah “Peningkatan Mutu Pembelajaran Psikologi Untuk Mencapai Kompetensi dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)”.
Manfaat yang didapat dari kolokium kali ini adalah mendapatkan informasi terkini mengenai standar mutu pembelajaran yang difokuskan kepada kompetensi mahasiswa dengan acuannya yakni kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka prodi psikologi Univ. Paramadina yang sedang intensif melakukan evaluasi kurikulum pembelajaran secara periodic mendapatkan arahan yang lebih memudahkan prodi psikologi dalam mengarahkan lulusan kepada sasaran kompetensi yang telah ditentukan.

 

Last Updated on Tuesday, 21 October 2014 10:30

Page 1 of 7