b-psi.jpg
Profil Program Studi Psikologi Program Studi Psikologi
30908_1361374686511_1595906447_30855372_2861386_s.jpg
Kurikulum Program Studi Psikologi disusun untuk membekali para
tim-psi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar: Alfikalia,

Kuliah Umum Prodi Psikologi "PSIKOLOGI-ENTREPRENEURSHIP"

  • PDF

Universitas paramadina memiliki tiga kompetensi utama yang harus dimiliki dan diinternalisasi oleh mahasiswa dan juga lulusannya yakni; 1) Leadership, 2) entrepreneurship, 3) ethic. Ketiga kompetensi tersebut menjadi warna khas mahasiswa dan lulusan universitas paramadina yang berfungsi sebagai identitas personal dan juga sebagai penciri khas/pembeda universitas paramadina sebagai institusi pendidikan dari institusi pendidikan lainnya, dengan harapan lulusan universitas paramadina mampu berkiprah dan mengaplikasikan keahlian dan kemampuannya dalam dunia kerja berdasarkan disiplin keilmuannya yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Sebagai sebuah kompetensi, tentu saja ketiga nilai tersebut harus mampu diturunkan dan diaplikasikan dalam bentuk kurikulum, yang pada akhirnya akan terinternalisasi dalam bentuk matakuliah-matakuliah yang diajarkan di kelas sesuai dengan program studinya masing-masing. Dengan demikian satuan terkecil yang akan menjalankan kompetensi-kompetensi tersebut adalah program studi melalui kurikulum yang disusun dan diterima oleh mahasiswa dalam bentuk matakuliah yang diajarkan dikelas.

Program studi psikologi, sebagai sebuah wadah disiplin keilmuan, pun memiliki kewajiban untuk menurunkan tiga kompetensi universitas dalam bentuk kegiatan perkuliahan. Pada kesempatan kali ini, salah satu kompetensi yang akan di-install-kan kepada mahasiswa adalah entrepreneurship melalui kuliah umum (studium generale) dengan mengusung tema “PSIKOLOGI-ENTREPRENEURSHIP – When psychology and entrepreneur meet” yang diselenggarakan pada Jum’at, 19 Desember 2014, dengan mengundang pembicara Bapak Antonius Yuwono, S.Psi yang berlatar belakang ilmu psikologi (alumni fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta) yang mengaplikasikan ilmu psikologi dalam bidang entrepreneurship dengan sangat baik dan mampu meraih kesuksesan dalam bidang entrepreneurship, dipandang sangat sesuai untuk memberikan perspektif baru kepada mahasiswa bahwa ilmu psikologi bukan hanya berkutat pada disiplin keilmuannya semata yang sudah mainstream di dunia kerja seperti bagian HRD perusahaan, di rumah sakit jiwa, di klinik atau biro psikologi, menjadi konsultan atau melakukan pengetesan psikologi semata, namun ilmu psikologi dapat diaplikasikan pada dunia entrepreneurship dan terbukti berhasil seperti yang telah dilakukan oleh narasumber kuliah umum kali ini dengan moderator oleh Bapak Haris Herdiansyah, M.Si.

Dan mahasiswa merasa senang dan cukup puas dengan tema kuliah umum yang dilaksanakan karena memberikan perspektif baru mengenai dunia bisnis dan wirausaha dari sudut pandang ilmu psikologi. Selain itu, muncul motivasi dari mahasiswa bahwa bisnis dan wirausaha dapat dilakukan oleh orang-orang dengan latar belakang ilmu psikologi, dan dapat berhasil seperti yang dilakukan oleh pembicara dalam kuliah umum. Kesimpulan lainnya adalah bahwa mahasiswa mengetahui jika bidang ilmu psikologi sebenarnya luas termasuk didalamnya bidang wirausaha sehingga pandangan yang sempit bahwa lulusan psikologi hanya akan bekerja pada bidang dan jalur yang sesuai dengan keilmuan psikologi saja seperti di bidang klinis, di rumah sakit, di sekolah , dan di biro-biro psikologi, terpatahkan dengan pemahaman baru yang mereka dapatkan dari kuliah umum.

Dengan terselenggaranya kuliah umum pada semester gasal TA 2014-2015 ini, prodi psikologi sudah sesuai dengan amanah yang dititipkan melalui para pendiri universitas untuk menurunkan komptensi inti (core-competences) universitas kepada mahasiswanya melalui kegiatan ini. Selain itu, sebagai sebuah prodi yang bertugas memberikan layanan keilmuan kepada peserta didik/mahasiswa, prodi psikologi telah memberikan perspektif lain kepada mahasiswa mengenai aplikasi ilmu psikologi diluar mainstream yaitu dalam ranah entrepreneurship.

Last Updated on Monday, 19 January 2015 11:36

"Exit Course Program"Job Analysis & Job Interview Skill

  • PDF


Program Studi Psikologi Universitas Paramadina telah mengadakan kegiatan Program "Exit Course Program" Job Analysis & Job Interview Skill yang merupakan kesatuan bagian dari acara "yudisium" yang wajib diikuti oleh seluruh calon wisudawan Oktober 2014 Prodi Psikologi. Acara  diadakan pada tanggal: 29-30 September 2014, pada Jam : 13.00 sampai jam 15.00 WIB yang diadakan Paramadina Graduate School (PGS), Ruang Kanfu Gedung Energy Lantai 22, SCBD, Jakarta.

Adapun program "exit course" ini bertujuan untuk memberikan pembekalan tentang dunia kerja secara lebih khusus pada para wisudawan, khususnya pada bidang sumber daya manusia yang memang sangat membutuhkan tenaga ahli psikologi. Diharapkan dengan diberikannya pembekalan ini dapat memberikan nilai lebih bagi para wisudawan lulusan Prodi Psikologi Universitas Paramadina th. 2014 ini di dunia kerja kelak. Para wisudawan juga akan mendapatkan skill/kompetensi yang dibutuhkan bila kelak bergerak dalam bidang sumber daya manusia baik di suatu lembaga atau pun organisasi.

Materi "exit course" kali ini adalah:
1. Job analysis, berisi materi tentang proses yang dilakukan secara sistematis untuk memperoleh data jabatan, mengolahnya menjadi informasi jabatan yang dipergunakan untuk berbagai kepentingan program kelembagaan, ketatalaksanaan dan menejemen sumber daya manusia.

2. Job Interview, berisi bagaimana cara menghadapi pertanyaan-pertanyaan dari pihak perusahaan atau organisasi ketika berada dalam sesi wawancara. Pada materi ini para peserta akan mendapatkan tips dan trik aplikatif yang bisa dipergunakan saat menghadapi pihak pewawancara.

Alhamdulilah acara ini berjalan dengan lancar dengan peserta 14 orang calon wisudawan, semoga kegiatan ini dapat berlanjut sampai dengan yudisium-yudisium berikutnya.

Last Updated on Tuesday, 21 October 2014 11:45

Prodi Psikologi Universitas Paramadina Aktif Dalam Pertemuan Kolokium Psikologi Indonesia

  • PDF

Sebagai anggota resmi dari Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) Program Studi Psikologi Universitas Paramadina senantiasa aktif diundang dan berpartisipasi dalam kolokium anggota AP2TPI yang dilaksanakan setiap tahunnya. Tahun 2014 ini kolokium diadakan di Pekanbaru pada tanggal 19 – 21 Februari 2014. Kolokium tahun ini dihadiri oleh ketua prodi psikologi Univ. Paramadina yaitu bapak Haris Herdiansyah, M.Si dan sekretaris prodi ibu Tia Rahmania, M.Psi.

Tema kolokium kali ini adalah “Peningkatan Mutu Pembelajaran Psikologi Untuk Mencapai Kompetensi dalam Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)”.
Manfaat yang didapat dari kolokium kali ini adalah mendapatkan informasi terkini mengenai standar mutu pembelajaran yang difokuskan kepada kompetensi mahasiswa dengan acuannya yakni kerangka kualifikasi nasional Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, maka prodi psikologi Univ. Paramadina yang sedang intensif melakukan evaluasi kurikulum pembelajaran secara periodic mendapatkan arahan yang lebih memudahkan prodi psikologi dalam mengarahkan lulusan kepada sasaran kompetensi yang telah ditentukan.

 

Last Updated on Tuesday, 21 October 2014 10:30

Autism Awareness Day

  • PDF

Divisi Intelektual Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPsi) Universitas Paramadina mengadakan charity dalam rangka Autism Awareness Day pada hari Jumat 4 April 2014 lalu. Kegiatan ini diadakan untuk memperingati hari autis sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April.

“Segala informasi yang diberikan diharapkan dapat merubah pandangan pendengarnya mengenai autis itu sendiri dan mampu mengurangi pemakaian kata “autis” sebagai bahan ejekan atau candaan sehari-hari..” ungkap Ghina Nahla (2012) selaku ketua acara Autism Awareness Day. Melalui Autism Awareness Day kemarin, divisi intelektual HIMAPsi mencoba memberikan informasi mengenai autis pada warga Universitas Paramadina. Selain penyebaran informasi, kegiatan juga dimeriahkan dengan penjualan pin yang hasilnya akan disumbangkan ke salah satu yayasan sosial di Depok, Jawa Barat.


Acara yang dilaksanakan selama satu hari penuh ini membuahkan hasil yang menyenangkan. Civitas akademika yang berhasil ditemui mengaku puas dengan penjelasan seputar autis yang diberikan, karena mampu membuka pikiran mereka mengenai autis. Hasil donasi yang terkumpul dari acara Autism Awareness Day ini sebesar Rp 1.632.200,-. Sungguh hasil yang memuaskan.


 

Last Updated on Thursday, 17 April 2014 12:21

Kuliah Tamu Psikologi Lintas Budaya dengan tema "Budaya dan Organisasi (Perbandingan pada perusahaan Jepang (PT. Amerta Indah Otsuka) dan Amerika (Nusantara Ford)

  • PDF

Budaya merupakan salah satu hal yang mempengaruhi di dalam geraknya suatu organisasi. Budaya yang diimplementasikan dengan sebuah sistem maupun aturan pada sebuah organisasi akan menjadi faktor pendorong maupun penghambat akan eksistensi suatu organisasi. Dalam realitasnya, setiap organisasi memiliki kekhasannya masing-masing terkait dengan budaya organisasi yang terbentuk. Adanya perbedaan budaya di dalam sebuah organisasi dalam pelaksanaannya akan mempengaruhi terkait dengan keberadaan visi dan misi yang dibangun organisasi beserta cara-cara yang diimplementasikan untuk mencapai standar visi dan misi tersebut.

Mendasarkan pada realitas yang ada terkait dengan budaya dan organisasi, maka mahasiswa dalam hal ini perlu belajar lebih mendalam salah satunya lewat mata kuliah psikologi lintas budaya melalui kuliah tamu. Kuliah tamu ini diisi oleh para alumni psikologi Universitas Paramadina yang telah memiliki pengalaman dalam dunia kerja. Kuliah tamu ini dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2014. Para alumni ini adalah Ahmad Ramadhoni Mubarak yang pernah bekerja di PT. Amerta Indah Otsuka dan Harison Fajahri yang bekerja di Nusantara Ford. Mereka berdua adalah alumni angkatan 2008 Program Studi Psikologi Paramadina.

Pada kuliah tamu ini, para alumni sebagai narasumber memberikan pemaparan terkait dengan kondisi sistem maupun aturan yang diimplementasikan dalam perusahaan yang memiliki basis di Jepang (PT. Amerta Indah Otsuka) dan Amerika (Nusantara Ford). Pemaparan dari para alumni memberikan pemahaman pada para mahasiswa yang mengikuti MK Psikologi Lintas Budaya terkait dengan adanya perbedaan budaya yang diimplementasikan dengan sistem maupun aturan-aturan yang berlaku di perusahaan tersebut.

 

Last Updated on Tuesday, 25 March 2014 11:04

Konferensi internasional "10th Biennial Conference of Asian Association of Social Psychology"

  • PDF

Konferensi internasional ini merupakan konferensi ke 10 yang sebelumnya telah dilaksananakan di Hong Kong (1995), Kyoto (1997), Taipei (1999), Melbourne (2001), Manila (2003), Wellington (2005), Sabah (2007), Delhi (2009), and Kunming (2011). Konferensi ini dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada dalam hal ini sebagai tuan rumah pada tanggal 21-24 Agustus 2013 dengan tema konferensinya adalah “Enhancing Quality of Life through Community Integrity and Cultural Diversity: Promoting Indigenous, Social and Cultural Psychology". Konferensi internasional ini dalam pelaksanaannya telah dihadiri diantaranya para peserta dari Indonesia, Amerika, Cina, Jepang, Korea, Filipina, Thailand, Malaysia, Australia.

images/stories/Psi/aasp 3.jpg

Program Studi Psikologi Paramadina dalam hal ini menjadi salah satu peserta di dalam konferensi Internasional ini dengan mengirimkan 2 mahasiswa dan 1 dosen sebagai presenter. Paper dengan judul "Student Engagement and Student Brawl" dipresentasikan oleh mahasiswa atas nama Dek Sintya Adinda Sari (2012) dan Fina Herlina Sari (2012). Paper dengan judul "The Concept of Good Leader among Urban People in Jakarta" dipresentasikan oleh dosen yaitu atas nama Handrix Chrisharyanto. Keterlibatan program studi psikologi Paramadina di dalam konferensi internasional ini menjadi jawaban atas tujuan prodi psikologi Paramadina untuk bisa ikut andil lebih jauh di dalam perkembangan psikologi secara global.

 

 

Last Updated on Tuesday, 25 March 2014 11:15

Page 1 of 6