b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

“Green Design, Green Product, Green Ideas”

  • PDF

Seminar Desain Produk, 31 Oktober 2011

“Green Design”, merupakan salah satu design issue yang terus digaungkan oleh para designer manca negara ,melalui wacana, ataupun karya-karya inovatif pada green product mereka.  Wacana green design tidaklah statis, namun terus dikembangkan hingga kini. Universitas paramadina merupakan salah satu institusi yang juga menerapkan green office, mencoba untuk turut berperan dalam menanamkan semangat cinta lingkungan.

Demikian juga dengan Program Studi Desain Produk, yang turut berperan dalam mempersiapkan para desainer, untuk mengolah berbagai kekayaan alam Indonesia yang didominasi oleh bahan baku alami ini. Untuk itu Prodi desain Produk mengundang Dr. Dwinita Larasati MA sebagai pembicara dalam seminar bertema “Green Design, Green Product, Green Ideas” .

Kegiatan ini bertujuan agar lulusan Desain Produk Universitas paramadina mampu mengelola alam dan lingkungannya cecara baik dan tidak merusak ala mini dengan produk-produk yang tidak ramah lingkungan.

"Work Shop Trashion”

  • PDF

Workshop Desain DPI dan DKV Universitas Paramadina

UPM - Desain. Workshop ini berlangsung tanggal 26 september 2011 dan merupakan rangkaian dari kegiatan pameran akademik angkata 2010. Memanfaatkan berkumpulnya para mahasiswa, alumni, professional dan para dosen yang hadir dalam pameran ini, HIMA desain berinisiatif untuk membuat pula kegiatan yang bersifat pengetahuan dan keterampilan. Green Design merupakan tema yang sedang berkembang saat ini, dimana wacana bahwa desainer harus juga memikirkan bagaimana dampak dari produk yang dihasilkan terhadap lingkungan.

Sementara itu disekitar kita banyak IKM (industri kecil dan Menengah) yang tidak mendalami desain secara formal, namun secara produktif membuat produk daur ulan ataupun yang ramah lingkungan.. Untuk itu dalam kesempatan ini mahasiswa mengundang pembicara workshop, Ibu Yanti, yang merupakan salah satu produsen produk “Trashion” di Jakarta. Mahasiswa belajar bagaimana memanfaatkan kemasan plastic dari produk : ditergent, makanan, minuman dan sebagainya, untuk dijadikan produk pakai sehari-hari.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa bagaimana memanfaatkan limbah plastik sebagai bahan baku produk kebutuhan sehari-hari.  Sebagai calon desainer, mahasiswa harus juga aktif belajar dari lingkungannya

 

“Seminar Color Management”

  • PDF

Seminar Desain , mahasiswa DPI dan DKV

UPM - Desain. Seminar ini merupakan rangkaian dari kegiatan pameran akademik angkata 2010 tanggal 26 september 2011,yang sedang berlangsung. Mamanfaatkan berkumpulnya para mahasiswa, alumni, professional dan para dosen yang hadir dalam pameran ini, HIMA desain berinisiatif untuk membuat pula kegiatan yang bersifat pengetahuan.

 

“PAMERAN AKADEMIK MAHASIWA DESAIN 2011”

  • PDF

 

Pameran Mahasiswa DPI &DKV Universitas Paramadina, 26 - 29 September 2011

Mahasiswa Desain Produk Paramadina angkatan 2010, kali ini berkesempatan  untuk menampilkan karya akademik pada tahun pertama mereka ditempa di prodi DPI dan DKV. Pameran ini berlangsung di Auditorium Nurcholish Madjid dan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Paramadina, Bpk Anies Baswedan, Ph.D. Pameran akademik ini rutin DIselenggarakan setiap tahun ajaran semester gasal, dan menampilkan karya-karya mahasiswa semester I dan II, seperti : Menggambar, Nirmana, DKV I, DPI I, Fotografi, Pengantar Komputer Grafis, dan sebagainya.

“Pameran Produk Indonesia”

  • PDF

“Kolabore DPI & DKV”, setelah cukup lama tidak berpameran bersama, kali ini mahasiswa Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina berpartisipasI dalam “Pameran Produk Kreatif Indonesia” yang berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC). Sebagai mahasiswa desain, tentunya harus sedapat mungkin berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan komunitas desainer dan aneka karya mereka khususnya produk-produk buatan Indonesia. Dalam kesempatan kali ini, mahasiswa menampilkan berbagai macam Produk termasuk foto-foto kegiatan mahasiswa selama menempuh pendidikan desain di paramadina, sesuai tema “Universitas Paramadina …WhereThe  Design Begin”. Setiap waktu yang kita lewati tidaklah bisa diulang kembali, oleh karenanya lewatilah waktu dengan penuh konsentrasi dan ambilah sebanyak-banyaknya pelajaran dari perjalanan tadi, Sukses buat rekan-rekan mahasiswa semua.

“Furniture and Craft Action”

  • PDF

DesainProduk Paramadina goes to Bandung, 5-10 Juli 2011

(UPM - DPI). Mahasiswa Desain Produk Paramadina berpartisipasa dalam pameran “Furniture Craft Action” yang berlangsung di ITENAS, Bandung. Kali ini mereka menampilkan karya furniture indoor bertema office chair dengan memanfaatkan bahan rotan sebagai bahan baku khas dan hanya ada di Indonesia. Pada kesempatan kali ini prodi diwakili oleh mahasiswa desain produk angaktan 2010, yang mana merupakan pameran pertama kali mereka di luar Jakarta. Kegiatan ini merupakan kegiatan pameran tingkat nasional  dan sayang untuk dilewati begitu saja. “Open Mind, Get Ideas and Do It”, sukses dan Apresiasi yang besar pada rekan-rekan DP 2010 yang penuh semangat untuk berpartsipasi dan tampil mewakili Prodi DPI dan universitas Paramadina.

Page 10 of 15