b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

“Prestasi Internasional ” Mahasiswa Desain Produk

  • PDF

Free Form Challenge iCAT 2012 Maribor, , Slovenia 19 - 21 September 2012

Finalis “Free Form Challenge iCAT 2012…Fajar Abdillah”

 

Satu lagi prestasi tingkat internasional mahasiswa Desain Produk Universitas Paramadina, dengan terpilihnya Fajar Abdillah sebagai finalis Free Form Challenge iCAT 2012. Kegiatan ini adalah sebuah kompetisi desain produk internasional yang diadakan setiap dua tahun sekali yang terbuka untuk umum, baik kalangan mahasiswa maupun profesional. Kompetisi ini mempunyai 3 topic kompetisi yaitu interior, personal product,dan industrial product.

Fajar mengikutsertakan karyanya yang di beri judul Handphone Handling untuk kategori interior. (http://www.icat.rapiman.net/12_free_winners.php). Selamat kepada Fajar Abdillah, atas prestasinya yang membanggakan…teruslah berkarya

 

 

Semoga prestasi ini diikuti oleh berbagai prestasi membanggakan lainnya baik ditingkat nasional maupun internasional. (DPI/September 2012)

 

Last Updated on Monday, 17 December 2012 11:09

Desain… Entrepreneurship…dan Industri Kreatif

  • PDF

Auditorium Nurcholish Madjid, 18 April 2012

Kuliah Umum Prodi Desain Produk

 

Sesuai dengan semangat enterpreneurship yang digiatkan dalam kurikulum dan pengembangan softskill mahasiswa, maka prodi Desain Produk menggelar kuliah umum yang menghadirkan pembicara Bpk Sabar Situmorang, dari “Roket”, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang clothing dan asessories.

 

Kompetensi desainer produk tidak hanya sebatas menjadi desainer pada sebuah industri atau konsultan desain, namun juga menjadi entrepreneur yang sukses. Banyak sudah para entrepreneur sukses yang memiliki latar belakan pendidikan ‘Desain Produk’. Mereka ini umumnya sudah mulai produktif berkarya dan memasarkan karyanya sejak duduk di perguruan tinggi. Meskipun berawal dari iseng-iseng saja, namun dikemudian hari ternyata justru menjadi sumber penghasilan mereka. Salah satu dari mereka adalah bpk. Sabar Situmorang. Berawal dari iseng-iseng berkarya untuk dijual di Koperasi Mahasiswa (Kopma), kini bisnisnya sudah merambah ke tingkat internasional.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan entrepreneurship, didalam diluar maupun di dalam lingkungan kampus Universitas Paramadina. (DPI/April 2012)

 

 

Last Updated on Monday, 17 December 2012 11:09

Paramadina Desain Produk… in “IFFINA 2012 “

  • PDF

JIEXPO Kemayoran, 14 Maret 2012

Workshop…‘Rattan Furniture Design’

 

Mahasiswa DPI turut serta dalam workshop pengolahan material rotan dalam pengembangan desain furnitur. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Seminar dan Workshop yang diselenggarakan oleh ASMINDO dengan HDMI sebagai pengelolanya. Seminar ini menghadirkan pembicara Adrianus K (HDMI), dan dibantu oleh rekan mahasiswa dari STDNU (Jepara) dan mahasiswa Paramadina. HDMI adalah salah satu rekanan prodi DPI Universitas Paramadina dan telah beberapa kali melakukan kegiatan bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para calon desainer untuk terus berkarya mengmbangkan desain produk rotan berkelas dunia. Terima kasih juga atas dukungan ASMINDO bagi pengembangan desain produk khususnya bidang furniture dan kriya.

Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk atau Rupakapala Improdes (HIMA Desain Produk Industri), jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen, dan seluruh mahasiswa atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) atas segala dukungannya melalui seminar dan workshop yang sangat bermanfaat. Tentunya terima kasih kepada ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) yang telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain untuk tampil dalam kegiatan bertraf internasional ini. (DPI/Maret 2012)

 

Last Updated on Monday, 17 December 2012 11:09

Paramadina Desain Produk… in “IFFINA 2012 “

  • PDF

 

JIEXPO Kemayoran, 14 Maret 2012

Seminar…‘Rattan is Indonesia

 

Mahasiswa DPI turut serta dalam presentasi mengenai material rotan dalam pengembangan desain furnitur. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Seminar dan Workshop yang diselenggarakan oleh ASMINDO dengan HDMI sebagai pengelolanya. Seminar ini menghadirkan pembicara Abie Abdillah (HDMI) dan Priyo Protomo (ASMINDO).

 

Sebagai Negara penghasil rotan satu-satunya di dunia, maka seharusnya Indonesia dapat menghasilkan produk rottan yang berkualitas untuk pasar dunia. Seiring dengan dikeluarkannya kebijakan larangan ekspor rotan, maka industri lokal harus juga mampu menyerap material ini dari para petani. Peran desainer sangat dibutuhkan untuk memberikan nilai kompetitif pada produk agar sukses dipasaran baik lokal maupun internasional, agar terjadi peningkatan daya serap rotan dari para petani. Sukses untuk para desainer HDMI dan tentunya para mahasiswa…mari berlomba menghasilkan furniture rotan berkelas dunia. (DPI/Maret 2012)

 

 

Last Updated on Friday, 14 December 2012 15:20

Hendriana Werdhaningsih, M.Ds

  • PDF

 

Nama: Hendriana Werdhaningsih, M.Ds

Program Studi: Desain Produk Industri

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Interest:

 

  • Furniture Design, Traditional Products, and Design Method
  • Gender dan Integritas

 

http://www.womenparticipation.info/

http://startwithurself.blogspot.com/2012/01/perangi-korupsi-dimulai-dari-diri-kita.html

Research:

· The Function of Javanese Traditional Carrying Tools (Master Thesis)

· The Relation of Studio Class Layouts with Student Working Achievement, Young Researcher Fund, Kopertis Wilayah III DKI Jakarta

Publications:

· Less Critics, Batik Design Grows in Number, Shrink in Values, full paper , Arte‐Polis 4 International Conference Creative Collaboration and the Making of Place

· Instrument Case: Bukan Cuma Bungkus, Bdg World Jazz Magazine, No.3/Tahun 1/2010

· The Tale of Purple, katalog pameran tunggal Asri Goenawan, Ritz Carlton Jakarta. http://www.urbanesia.com/events/the-tales-of-purple/

· In My Comfort Zone, katalog pameran tunggal Asti Goenawan, CMNK Gallery. http://www.astigoenawan.com/blog/term/exhibition

· The Fourth Triple Helix Model: University as an Epicenter of the Triple Helix  Movement, Arte‐Polis 3 International Conference Creative Collaboration and the Making of Place

· Form and Function of Carrying Tools in Traditional and Contamporary Culture, paper, proceeding Internatinal Conference on Art and Design, Insitute Technology of Bandung journal.itb.ac.id/download.php?file=D09104.pdf&id=965&up...

· Javanese Traditional Carrying Tools as Part of Distribution Pattern, Majalah Ilmiah Widya Tahun 25 Nomor 270, Kopertis Wilayah III DKI Jakarta

Awards :

· Kelom Geulis, 3rd winner Leather Product Design Competition, Ministry of Industry Republik Indonesia

· Gajah, 2nd winner ITB Souvenir Competition, Institute Technology of Bandung

Exhibitions:

· The Dancer, single chair, TRADExpo 2009 Indonesia, Jakarta

· Video Performance, in Collaboration with Katarzyna Drezer,  ReInventing Bandung   Selasar Sunaryo Art Space

· Participant with Untitled 2002, 'Object' - Fabriek Art Project Bandung

 

Paramadina Desain Produk… in “IFFINA 2012 “ JIEXPO Kemayoran, 11-14 Maret 2012

  • PDF

‘Talking About Future With Design …’

Tidak hanya terbatas pada solusi bentuk…Desainer juga mempertimbangkan dampak desain dikemudian hari. Pekembangan kualitas lingkungan seringkali justru semakin menurun, seiring dengan peningkatan kualitas hidup manusia. Desain sebagai ilmu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, tentunya menjadi faktor penting dalam usaha menyeimbangkan antara kualitas hidup dengan kualitas lingkungan. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah : desainer harus memasukkan konsep-konsep lingkungan dalam pertimbangan desain.

 

Demikian Program studi DPI universitas Paramadina membimbing mahasiswa untuk menghasilkan produk-produk yang memiliki pertimbangan aspek lingkungan atau biasa disebut ”eco design”. Dengan desain seperti ini maka masa depan linkungan kita akan semakin berkualitas. Lingkungan berkembang seiring dengan peningkatan kualitas hidup manusia melalui penciptaan produk yang semakin efisien dan efektif menyelesaikan permasalahan sesuai kebutuhan manusia.

 

Pada keikutsertaannya kali ini, prodi DPI menampilkan produk-produk furniture dengan tema “eco design”, seperti : produk furniture yang menggunakan bahan kayu bekas, dan produk multi fungsi sehingga menghemat penggunaan material, serta lemari pakaian dengan pemanfaatan ruang dan sistem penyimpanan yang efisien dan efektif. Prodi Juga menampilkan meja untuk bermain dan menyimpan mainan edukatif seperti : puzzle, board game, dan sejenisnya. Produk ini menjadi solusi atas permasalahan sering berserakan dan hilangnya komponen dari puzzle dan board game setelah dimainkan anak.

 

Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk atau Rupakapala Improdes (HIMA Desain Produk Industri), jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen, dan seluruh mahasiswa atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) atas segala dukungannya melalui seminar dan workshop yang sangat bermanfaat. Tentunya terima kasih kepada ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) yang telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain untuk tampil dalam kegiatan bertaraf internasional ini. (DPI/Maret 2012)

 

Last Updated on Monday, 02 April 2012 10:56

Page 10 of 18