b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

‘‘Congrats”…Lulusan DPI 2012

  • PDF

Lulusan pertama mahasiswa Felloship dan CSR Universitas Paramadina

Selamat kepada seluruh mahasiswa DPI yang berhasil menyelesaikan perkuliahan dengan melewati Sidang Tugas akhir periode Gasal 2012. Pada Bulan ini, terjadi peningkatan jumlah lulusan serta untuk pertama kalinya prodi meluluskan mahasiswa dari program beasiswa PF (Paramadina Fellowship) dan Paramadina CSR (Corporate Responsibility Programme) dengan masa studi 3,5 tahun.

Selain itu, seiring dengan peningkatan nilai kelulusan, apresiasi khusus kami berikan kepada siswa kami Noneng Novianti atas prestasi kelulusan dengan predikat Cum Laude. Semoga prestasi para lulusan kali ini menginspirasi rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk meraih berprestasi maksimal.

Selamat dan sukses untuk : Yogi Tri H, M. Taufik, Wibowo Arief W, Dimas Febrian N, Mega Rezky J, Debi Noviana Z, Noneng Novianti (Paramadina CSR), Dwi Nuraini Astra International Fellow (PF). (DPI/Maret 2012)

 

Last Updated on Thursday, 29 March 2012 15:31

Prodi DPI… menyelenggaran “Workshop Coffee Dry Cell”

  • PDF

Workshop pemanfaatan kopi untuk menghidupkan kembali batterei bekas

Atas prestasi membanggakan yang diraih oleh Dyan Rachmatullah (DPI 2011) dan Risnawati (Ikom 2011), sebagai pemenang ke 2 dalam “Electrical Innovation Award” (UNDIP, Semarang, 3 Desember 2011), maka prodi dan HIMA DPI menyelenggarakan workshop "coffee dry cell”. Pada kegiatan ini, para peserta diajak untuk meracik kopi dan bahan-bahan lainnya untuk dijadikan sumber energy yang mampu menghidupkan kembali batteri bekas. Racikan kopi tersebut kemudian dimasukkan dalam batterei-batterei bekas yang telah dikumpulkan sebelumnya. Setelah itu dilakukan pengujian dengan memanfaatkannya untuk menyalakan lampu senter.

Kegiatan ini sebagai bentuk “sharing knowledge” dari karya rekan-rekan mahasiswa yang melakukan penelitian. Hasil penelitian dapat lebih bermanfaat bila disebarluaskan minimal dalam lingkungan kampus. Semoga kegiatan seperti ini dapat mendorong maraknya kegiatan riset mahasiswa khususnya mahasiswa desain produk. Acara ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan “Rupakapala Inprodes Converenza”, yaitu kegiatan pemilihan ketua HIMA. (DPI/Desember 2011)


Rupakapala Inprodes “CONFERENZA”

  • PDF

Pameran karya anggota HIMA DPI

UPM (DPI). Masih dalam rangkaian kegiatan “Rupakapala Inprodes Conferenza 2011”, diselenggarakan pula pameran karya mahasiswa, di area lobby kampus Universitas Paramadina. Pameran bertujuan memperkenalkan karya dan aktivitas HIMA DPI kepada seluruh civitas akademika. Pada kesempatan ini HIMA DPI menampilkan karya mahasiswa tahun ke 2-3. Kegiatan pameran menjadi media interaksi antara desainer dengan masyarakat. Banyak masukan dan komentar positif yang diperoleh, semoga memberikan inspirasi untuk meningkatkan kualitas karya. Selamat berpameran. (DPI/Desember 2011)

 

Last Updated on Thursday, 29 March 2012 14:25

Rupakapala Inprodes “CONFERENZA”

  • PDF

 

 


 

HIMA DPI, 16-17 Dersember 2011

UPM (Desain Produk Industri). Seiring dengan perkembangan organisasi dan manajemen kampus Universitas Paramadina, maka hal ini tentunya diantisipasi juga oleh mahasiswa yang tergabung dalam HIMA (Himpunan Mahasiswa)dan prodi sebagai pembinanya. Untuk itu HIMA desain yang bernama Rupakapala malakukan “pemekaran” manjadi HIMA Desan Produk Indutri (DPI) dan HIMA Desain Komunikasi Visual (DKV). Atas tujuan tersebut maka diadakanlah konferensi mahasiswa DPI untuk pembentukan kepengurusan HIMA baru. Selain itu untuk lebih mendukung sosialisasi kegiatan di kampus, maka diadakan pula pameran karya mahasiswa, Knowledge Sharing karaya ilmiah mahasiswa, serta Workshop Keorganisasian sebagai bekal bagi kepengurusan terpilih.

Kegiatan ini menghasilkan keputusan perubahan nama organisasi menjadi “Rupakapala Improdes” serta terpilihnya Fajar Adillah sebagai ketua dan Ecky Ludistyo sebagai wakilnya. Selamat atas terpilihnya kepengurusan baru HIMA DPI, semoga semakin kompak dan produktif mengadakan kegiatan yang berkualitas. (DPI/Desember 2011)


 

Last Updated on Thursday, 29 March 2012 13:58

Mahasiswa Desain Produk Pemenang “Electrical Innovation Award”

  • PDF


 

Selamat kepada Dyan Rachmatullah (DPI 2011) dan Risnawati (Ikom 011)

Satu lagi prestasi diraih oleh mahasiswa Desain Produk dan Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina. Setelah persiapan yang cukup baik, akhirnya  Dyan Rachmatullah (DPI 2011) dan Risnawati (Ikom 2011), dengan karya Ilmiah berjudul "Pemanfaatan Kopi sebagai Batterei kering dalam mengatasi masalah krisis Energy (coffee dry cell)” berhasil menjadi pemenang ke 2 dalam  "Grand Final Electrical Innovation Award” , tanggal 3 Desember 2011, setelah sebelumnya, tanggal 25 November, ditetapkan sebagai  Grand Finalis. Kegiatan "Electrical Festival" ini diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro, dan mahasiswa kami bersaing dengan para finalis lainnya dari : UNDIP, ITS, UI, UMY, UNY dan UII.

Terima kasih atas dukungan rekan-rekan sekalian. Semoga prestasi di penghujung tahun ini memberikan semangat bagi lahirnya  prestasi-prestasi membanggakan di tahun depan.

Last Updated on Tuesday, 24 January 2012 14:55

“Pameran Cinta Produk Indonesia”

  • PDF

Mall Cempaka Mas, 25-27 November2011

Program Studi desain Produk Industri (DPI) Universitas Paramadinan turut serta dalam “Pameran Cinta Produk Indonesia”, yang digelar di Mall Cempaka Mas tanggal 25-27 November 2011. Pameran ini diadakan oleh Kementrian Perindustrian RI dan diikuti oleh para produsen produk-produk lokal dibawah binaannya. Untuk pertamakalinya mahasiswa menapilkan karya mereka dalam lingkungan mall. Banyak hal menarik yang diperoleh dimana disini mereka berhadapan langsung dengan para pedagang atau pengusaha yang biasanya “lebih tertarik” menjual produk impor. Sangat menarik apa bila mahasiswa dapat banyak masukan terutama dengan membandingkan langsung produk mereka dengan kondisi pasar dan harga yang ditawarkan.

kegiatan ini dapat mengasah potensi kreatif mereka dalam membaca persaingan pasar, saat terjun kedunia profesi dikemudian hari. Sekaligus sebagai tantangan bahwa solusi desain yang dihasilkan tidak hanya harus sesuai denga kebutuhan konsumen, namun juga potensi pasar. Disisi lain, Jika Kemenprin memiliki semboyan untuk menggunakan produk buatan industri Indonesia, maka para mahasiswa ini secara tidak langsung menyuarakan bahwa; “Marilah menggunakan desain-desain karya desainer Indonesia”. Tak lupa juga terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Kemenperin RI yang telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain  untuk berpartisipasi dalam kegiatan  ini.

 

Page 10 of 17