b-dpi.jpg
Profil Program Studi Desain Produk Industri (DPI)   Industri
kunjungan.jpg
Kurikulum dan Metode Perkuliahan Desain Produk Industri
tim-dpi.jpg
Nama dan Asal Perguruan Tinggi Para Pengajar:   Hendriana

Pameran Akademik “Karya Koma”

  • PDF

Auditorium Nurcholish Madjid 19-21 November 2012


Pameran akademik mahasiswa tahun pertama

 

Mahasiswa desain tidak hanya dituntut untuk menguasai kemampuan skill dalam berkarya, namun juga kemampuan merepresentasikan karya. Kegiatan pameran adalah salah satu cara memberikan pengalaman pertama pada mahasiswa tahun pertama untuk melatih kemampuan tersebut. Mereka dituntut untuk tampil penuh percaya diri dan berhadapan langsung dengan publik yang mengapresiasi karya mereka. Kegiatan ini dibuka oleh Bpk. Wijayanto, Deputi Rektor Bidang Kerjasama dan pengembangan bisnis, mewakili Bpk. Anies Baswedan yang berhalangan hadir. Acara diawali dengan sajian tarian daerah oleh mahasiswa yang tergabung dalam T-Ta, unit kegiatan kemahasiswaan (UKM) di bidang tari. Seluruh rangkaian kegiatan ini memang dikelola oleh mahasiswa yang tergabung Rupakapala (HIMA desain Komunikasi Visual) dan Improdes (HIMA desain Produk). kegiatan HIMA senantiasa didukung partisipasi UKM.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan : pameran, seminar dan workshop. Banyak kemajuan terlihat dari pameran ini dimana mahasiswa semakin baik dalam mempersiapkan karya yang akan ditampilkan sesuai dengan tema dan suasana ruang pamer. Sementara itu, kegiatan lainnya diisi oleh seminar mengenai kemasan dan branding, serta workshop menggambar komik dan workshop strategi desain kemasan “paper bag”. Pameran ini terbuka untuk umum. (DPI/November 2012)

 

Last Updated on Tuesday, 18 December 2012 10:43

“Paramadina Sandal Design Challenge 2012 “

  • PDF

Lomba Desain tingkat pelajar SMU, Oktober- Desember 2012

Kerjasama kegiatan HIMA-Universitas-Industri-Masyarakat

 

Prodi Desain Produk Universitas Paramadina kembali mengadakan kegiatan lomba desain tingkat nasional. Kegiatan ini merupakan kerjasama Program studi Desain Produk Industri (DPI), Improdes (HIMA DPI), serta PT. Tritunggal Bangun Sejahtera (rekanan industri universitas Paramadina, produsen sandal merek : Connec, Cafu, Ontop, dsb). Kegiatan ini merupakan kali ke-2, prodi mengadakan kegiatan bersama rekanannya, dimana sebelunya prodi mengadakan ”Paramadina Furniture Design Challenge” yang bekerjasama dengan Latto Pacific, sebuah perusahaan furniture dari Spanyol.

 

Kegiatan lomba kali ini memberikan kesempatan pada pelajar siswa SMU dan sederajat untuk menyalurkan ‘bakat desain’ mereka dengan jalan berkarya dan berkompetisi. Kegiatan positif ini tentunya dapat lebih memberikan motivasi dan kepercayaan diri untuk bercita-cita menjadi desainer produk dan mempuh pendidikan desain pada jenjang pendidikan berikutnya. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan: Presentasi dan sosialisasi lomba, workshop rendering (bagi peserta lomba), kunjungan industri bagi para finalis (di PT.TBS), ‘technical Meeting’ dan pembuatan ‘prototype’ (bagi finalis), pameran dan presentasi finalis, pengumuman pemenang, dan ditutup dengan pameran bersama.

 

Kegiatan ini didukung penuh oleh pihak industri sebagai mitra universitas serta HIMA sebagai bentuk pelatihan softskill mahasiwa. Program kegiatan kerjasama yang melibatkan mahasiswa-universitas-industri- masyarakat, selalu terus dikembangkan untuk memperdekat jarak antara calon siswa, siswa dan dunia profesi mereka, serta memberikan banyak masukan bagi program pendidikan dan pengajaran. (DPI/Oktober 2012)

 

Last Updated on Monday, 17 December 2012 11:09

“Prestasi Internasional ” Mahasiswa Desain Produk

  • PDF

Free Form Challenge iCAT 2012 Maribor, , Slovenia 19 - 21 September 2012

Finalis “Free Form Challenge iCAT 2012…Fajar Abdillah”

 

Satu lagi prestasi tingkat internasional mahasiswa Desain Produk Universitas Paramadina, dengan terpilihnya Fajar Abdillah sebagai finalis Free Form Challenge iCAT 2012. Kegiatan ini adalah sebuah kompetisi desain produk internasional yang diadakan setiap dua tahun sekali yang terbuka untuk umum, baik kalangan mahasiswa maupun profesional. Kompetisi ini mempunyai 3 topic kompetisi yaitu interior, personal product,dan industrial product.

Fajar mengikutsertakan karyanya yang di beri judul Handphone Handling untuk kategori interior. (http://www.icat.rapiman.net/12_free_winners.php). Selamat kepada Fajar Abdillah, atas prestasinya yang membanggakan…teruslah berkarya

 

 

Semoga prestasi ini diikuti oleh berbagai prestasi membanggakan lainnya baik ditingkat nasional maupun internasional. (DPI/September 2012)

 

Last Updated on Monday, 17 December 2012 11:09

Desain… Entrepreneurship…dan Industri Kreatif

  • PDF

Auditorium Nurcholish Madjid, 18 April 2012

Kuliah Umum Prodi Desain Produk

 

Sesuai dengan semangat enterpreneurship yang digiatkan dalam kurikulum dan pengembangan softskill mahasiswa, maka prodi Desain Produk menggelar kuliah umum yang menghadirkan pembicara Bpk Sabar Situmorang, dari “Roket”, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang clothing dan asessories.

 

Kompetensi desainer produk tidak hanya sebatas menjadi desainer pada sebuah industri atau konsultan desain, namun juga menjadi entrepreneur yang sukses. Banyak sudah para entrepreneur sukses yang memiliki latar belakan pendidikan ‘Desain Produk’. Mereka ini umumnya sudah mulai produktif berkarya dan memasarkan karyanya sejak duduk di perguruan tinggi. Meskipun berawal dari iseng-iseng saja, namun dikemudian hari ternyata justru menjadi sumber penghasilan mereka. Salah satu dari mereka adalah bpk. Sabar Situmorang. Berawal dari iseng-iseng berkarya untuk dijual di Koperasi Mahasiswa (Kopma), kini bisnisnya sudah merambah ke tingkat internasional.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan motivasi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan entrepreneurship, didalam diluar maupun di dalam lingkungan kampus Universitas Paramadina. (DPI/April 2012)

 

 

Last Updated on Monday, 17 December 2012 11:09

Paramadina Desain Produk… in “IFFINA 2012 “

  • PDF

JIEXPO Kemayoran, 14 Maret 2012

Workshop…‘Rattan Furniture Design’

 

Mahasiswa DPI turut serta dalam workshop pengolahan material rotan dalam pengembangan desain furnitur. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Seminar dan Workshop yang diselenggarakan oleh ASMINDO dengan HDMI sebagai pengelolanya. Seminar ini menghadirkan pembicara Adrianus K (HDMI), dan dibantu oleh rekan mahasiswa dari STDNU (Jepara) dan mahasiswa Paramadina. HDMI adalah salah satu rekanan prodi DPI Universitas Paramadina dan telah beberapa kali melakukan kegiatan bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para calon desainer untuk terus berkarya mengmbangkan desain produk rotan berkelas dunia. Terima kasih juga atas dukungan ASMINDO bagi pengembangan desain produk khususnya bidang furniture dan kriya.

Apresiasi yang besar kepada para mahasiswa desain produk atau Rupakapala Improdes (HIMA Desain Produk Industri), jajaran pimpinan universitas, rekan-rekan dosen, dan seluruh mahasiswa atas dukungan dan keterlibatannya pada kegiatan ini. Juga kepada rekan-rekan para desainer profesional dari HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia) atas segala dukungannya melalui seminar dan workshop yang sangat bermanfaat. Tentunya terima kasih kepada ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia) yang telah memberikan kesempatan pada perguruan tinggi desain untuk tampil dalam kegiatan bertraf internasional ini. (DPI/Maret 2012)

 

Last Updated on Monday, 17 December 2012 11:09

Paramadina Desain Produk… in “IFFINA 2012 “

  • PDF

 

JIEXPO Kemayoran, 14 Maret 2012

Seminar…‘Rattan is Indonesia

 

Mahasiswa DPI turut serta dalam presentasi mengenai material rotan dalam pengembangan desain furnitur. Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Seminar dan Workshop yang diselenggarakan oleh ASMINDO dengan HDMI sebagai pengelolanya. Seminar ini menghadirkan pembicara Abie Abdillah (HDMI) dan Priyo Protomo (ASMINDO).

 

Sebagai Negara penghasil rotan satu-satunya di dunia, maka seharusnya Indonesia dapat menghasilkan produk rottan yang berkualitas untuk pasar dunia. Seiring dengan dikeluarkannya kebijakan larangan ekspor rotan, maka industri lokal harus juga mampu menyerap material ini dari para petani. Peran desainer sangat dibutuhkan untuk memberikan nilai kompetitif pada produk agar sukses dipasaran baik lokal maupun internasional, agar terjadi peningkatan daya serap rotan dari para petani. Sukses untuk para desainer HDMI dan tentunya para mahasiswa…mari berlomba menghasilkan furniture rotan berkelas dunia. (DPI/Maret 2012)

 

 

Last Updated on Friday, 14 December 2012 15:20

Page 10 of 18