Mahasiswa Peminatan Stratejik Humas Angkatan 2008

Table Manner Course at Hotel Borobudur

Jumat, 10 November 2010 yang lalu, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dari Peminatan Stratejik Humas angkatan 2008 berkesempatan untuk mengikuti kursus singkat mengenai Table Manner atau tata cara berperilaku dalam acara jamuan makan resmi. Lokasi yang dipilih untuk mengikuti kursus singkat ini adalah Hotel Borobudur yang terletak di daerah Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

 Acara yang diikuti oleh mahasiswa peserta mata kuliah Strategi Kampanye dan Reputasi Humas ini, dimulai pada pukul 11 siang. Acara diawali dengan host tour , dimana peserta diajak mengelilingi Hotel Borobudur dan melihat berbagai fasilitas yang tersedia. Peserta berkesempatan untuk mengunjungi beberapa restoran dan melihat fasilitas kamar.

 

Setelah acara host tour selesai, peserta kembali ke ruangan untuk memulai acara kursus Table Manner. Kursus dipandu oleh Bapak Umri dari Hotel Borobudur. Materi yang diberikan dibagi menjadi dua yaitu Teori dan Praktek.

 

Teori dimaksudkan agar peserta dapat memahami semua tata cara formal yang seharusnya dilakukan dalam acara jamuan makan resmi, dan Praktek, berupaya memberikan latihan langsung dari teori yang diberikan sebelumnya.

 

Selama lebih kurang 1,5 jam, peserta diajak untuk merasakan jamuan makan resmi secara langsung melalui kursus singkat ini. Tidak kurang dari 5 tahapan menu yang disajikan, mulai dari Appetizer (Makanan Pembuka), Main Course (Menu Utama), hingga Dessert (Makanan Penutup).

 

 

 

Kursus yang cukup menyenangkan karena praktek jamuan makan ini ternyata tidak semudah yang pernah dibayangkan. Terdapat banyak aturan yang harus dipahami oleh peserta.

Dari kegiatan ini menurut Ibu Henny Hariani, dosen pengampu mata kuliah Strategi Kampanye dan Reputasi Humas, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan baru mengenai seluk beluk pekerjaan seorang Public Relations Officer (PR), terutama dalam Client Entertaining dan Event Organizer, yang mengharuskan seorang PR mengadakan jamuan makan atau memilih venue untuk melakukan konferensi pers.

"Kursus ini merupakan pengalaman berharga." ungkap salah satu mahasiswa peserta. Semoga kegiatan seperti ini dapat berlanjut di waktu selanjutnya.***

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

Hubungi Kami

Kampus Jakarta
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
Indonesia
T. +62-21-7918-1188
T. 0815-918-1190

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cipayung
Jl. Raya Mabes Hankam Kav 9, 
Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880�
T. 0815-818-1186


Kampus Cikarang

District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192�