Pada tanggal 22 Oktober 2019, Program Studi Teknik Informatika Paramadina mengadakan kegiatan sosialisasi Computational Thinking (CT) dan Tantangan Bebras 2019. Acara ini dilakukan sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat tahunan yang dilakukan oleh Prodi. Pada kesempatan kali ini, tim Prodi TI melakukan sosialisasi ke Sekolah Dasar Kristen BPK Penabur 4, yang berlokasi di Cipinang, Jakarta Timur. Acara dibuka oleh perwakilan guru, ibu Hapsari.

Diikuti oleh sekitar 60 orang guru, kegiatan dimulai dengan mengenalkan CT sebagai pembentuk logika berpikir siswa/i sejak dini. Penyaji materi pertama adalah ibu Retno Hendrowati, M.T dosen tetap program studi Teknik Informatika. Pada paparannya ibu Retno mengungkapkan pentingnya kesadaran dari para guru untuk mengadopsi pola pemikiran CT untuk menghadapi tantangan dimasa mendatang, dimana siswa/i adalah generasi yang akan hidup di era kecerdasan buatan dan big data. Penyaji selanjutnya adalah ibu Wahyuningdiah Trisari Harsanti Putri, M.T.I., ketua program studi teknik Informatika, yang mengajak guru untuk mengikutsertakan seluruh siswa/i dalam kompetisi Tantangan Bebras 2019 di bawah biro Bebras Paramadina. Tantangan Bebras merupakan salah satu bentuk dukungan kepada siswa/i yang telah mempelajari CT untuk melatih kecermatan dalam berpikir dengan berbatas waktu. Tantangan Bebras diikuti oleh peserta di seluruh wilayah Indonesia, yang dilaksanakan pada tanggal 11-15 November 2019. Tim Prodi Informatika berharap, lebih banyak lagi sekolah ditingkat SD, SMP, dan SMA yang dapat berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi CT dan Tantangan Bebras.

 Pelaksanaan Bebras Indonesia Computational Thinking Challenge (Tantangan Bebras Indonesia) 2019

Diadakan untuk tiga kategori:

  • Siaga, untuk siswa SD: 10 soal, 40 menit (tentatif)
  • Penggalang, untuk siswa SMP: 15 soal, 45 menit (tentatif)
  • Penegak, untuk siswa SMA: 15 soal, 45 menit (tentatif)

Tantangan berupa Lomba on-line untuk ketiga kategori pada tanggal 11-15 November 2019, dengan rincian waktu:

  • Pukul … WIB: Siaga (SD) dan Penggalang (SMP) -- akan diumumkan kemudian
  • Pukul … WIB: Penegak (SMA) -- akan diumumkan kemudian

Tantangan dilaksanakan di lokasi perguruan tinggi Bebras Biro, sekolah-sekolah, atau lokasi lain yang ditunjuk oleh Bebras Biro. Untuk pendaftaran pada Bebras biro Paramadina dapat menghubungi email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Registrasi Peserta (tentatif):

  • Peserta harus mempunyai akun di situs https://olympia.id
  • Pendaftaran peserta harus melalui sekolah (tidak secara individual) yang dikoordinir oleh Bebras Biro.
  • Guru koordinator sekolah mendaftarkan siswa ke Tantangan Bebras ke Bebras Biro yang membawahi sekolahnya secara kolektif paling lambat 8 November 2019.
  • Bebras Biro meneruskan pendaftaran peserta di wilayahnya secara kolektif kepada Admin Olympia.id paling lambat tanggal 10 November 2019.
  • Admin Olympia.id akan mendaftarkan (enroll) peserta ke Tantangan Bebras Indonesia 2019

Anjuran:

Setelah memiliki akun di olympia.id, peserta disarankan untuk mendaftar (enroll) ke course ‘Bebras Challenge Indonesia’ di situs olympia.id, sehingga dapat berlatihan mengerjakan soal-soal bebras computational thinking serta membiasakan penggunaan situs tersebut yang akan digunakan sebagai lingkungan Bebras Challenge 2019.

Bebras Challenge 2019 menyediakan hadiah bagi para pemenang Tingkat Nasional untuk ketiga kategori (Siaga, Penggalang, dan Penegak).

#bebrasindonesia #bebrasindonesia2019

Dimulai dari tahun 2017, perkembangan potensi industri game di indonesia mulai terlihat. Pada saat itu, industri game Indonesia berada pada posisi ke-16 dalam daftar pasar game terbesar di dunia (versi Newzoo) dengan jumlah pemain hingga 43,7 juta dan potensi penghasilan mencapai US$880 juta (sekitar Rp11,9 triliun). Hal tersebut akan memberikan dampak positif dan juga tantangan di masa yang akan datang untuk industri game di Indonesia. Dikutip melalui wartaekonomi.co.id, menurut Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), kontribusi pengembang lokal terhadap industri game Indonesia hanya 5% pada 2017, jumlahnya turun dari 2016 yang sebesar 9,5%. Itu terjadi karena ukuran pasar membesar, namun, jumlah pengembang tidak bertambah.

Program Studi Informatika Paramadina melihat kondisi tersebut sebagai peluang untuk menciptakan para developer game baru berkualitas untuk industri game Indonesia dengan membuka peminatan khusus di bidang Game Industry. Di dalamnya, mahasiswa akan belajar memahami sejarah dan perkembangan industri game terupdate, mendalami metode perancangan game yang bernilai jual dan mempelajari metode pembuatan game yang baik. Terdapat 3 mata kuliah yang wajib di ambil oleh mahasiswa peminatan tersebut yaitu : Fundamental of Game Industry, Game Design, dan Game Programming. Tentu saja dengan tenaga pendidik yang professional di bidang tersebut.

Guna mendukung proses belajar-mengajar tersebut, pada tanggal 6 Maret 2019 lalu, Prodi Informatika dan PT. Era Reportama Nusantara melakukan penadatanganan kerja sama dalam penyediaan fasilitas perangkat PC untuk kelengkapan laboratorium khusus untuk mata kuliah Game Industry. PT. Era Reportama Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Teknologi Informasi yang menawarkan berbagai ragam layanan berbasis teknologi untuk membantu para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1999, memiliki misi yaitu menjadi salah satu perusahaan dengan solusi yang terbaik sesuai dengan kebutuhan pada sistem Software, Hardware yang terintegrasi dan area jaringan internet bagi pelaku usaha seluruh Indonesia.

PC yang disediakan di lab yang terletak di gedung C Universitas Paramadina ini merupakan PC dengan aspek yang mendukung proses pembuatan game sehingga mahasiswa dapat belajar dengan efektif. Hal tersebut tentu saja merupakan kabar baik bagi para mahasiswa yang mengambil peminatan tersebut. Namun, guna menjaga kondisi lab agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang, lab hanya dibuka jika terdapat mata kuliah saja, yang artinya lab tidak terbuka sepanjang waktu apalagi untuk bermain game. Prodi Informatika berharap, penyediaan fasilitas tersebut dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa sehingga tujuan untuk melahirkan developer-developer game yang berkualitas dapat terwujud.

Pada tanggal 12 September 2019, lebih tepatnya hari ke-4 Grha Mahardika Paramadina 2019, Mahasiswa Baru Informatika 2019 dikenalkan dengan program studi dan juga HIMPUNAN MAHASISWA INFORMATIKA (HIMTI) Paramadina. Acara ini dihadiri Dekan Fakultas Imu Rekayasa, Ibu Gilang Cempaka, ketua program studi Ibu Wahyuningdiah Trisari HP, serta perwakilan dosen yaitu Ibu Ivonne Sartika Mangula dan Bapak Harry T. Y. Achsan. Pada kesempatan ini, ketua program studi berpesan bahwa salah satu kunci keberhasilan mahasiswa Teknik Informatika Paramadina selain hard skill adalah kemampuan untuk berkolaborasi dengan rekan-rekan lintas program studi. Selain itu, sikap atau attitude merupakan poin yang juga harus diperhatikan oleh para mahasiswa baru. Acara dilanjutkan dengan perkenalan perwakilan dosen serta mahasiswa baru.

Selanjutnya acara diisi oleh anggota HIMTI, serta pemaparan beberapa kegiatan kemahasiswaan serta peran dan tanggung jawab mahasiswa. Acara ditutup dengan ramah tamah, makan siang bersama. Selamat datang angkatan 2019 menjadi keluarga baru Teknik Informatika Paramadina!

Himpunan Mahasiswa Informatika atau HIMTI merupakan organisasi internal kampus yang menaungi mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Paramadina. Pada periode 2019 ini, kepengurusan HIMTI beranggotakan 17 orang yang sepenuhnya merupakan mahasiswa Informatika angkatan 2016 sampai dengan angkatan 2018 dengan diketuai oleh Dea Oktaviani dan Rafli Andika sebagai wakil ketua.



HIMTI bertugas menjalankan kegiatan-kegiatan, baik itu membantu kegiatan Program Studi maupun kegiatan program kerja organiasasi. Kegiatan yang dilaksakan HIMTI dari tahun ke tahun adalah Reformatics yaitu kegiatan menyambut mahasiswa baru, IP Routing yaitu kegiatan bonding dan gathering mahasiswa Informatika, Buka Bersama, Wiyata Mandala, dan Workshop. Adapun kegiatan ASIG (Area of Science and Games) merupakan acara terbesar yang biasanya dilaksanakan oleh HIMTI setiap tahunnya.

Berikut merupakan susunan kepengurusan HIMTI periode 2019 :

Ketua : Dea Oktaviani

Wakil Ketua : Rafli Andika

Sekretaris : Sitta Fadillah

Bendahara : Nazifa Putri

Divisi Litbang (Penelitian dan Pengembangan) :

Muhammad Hanial dan Wulan Sari Gumilang

Divisi Kreatif :

Reynaldi Prathama, Hafizan Fadli Sulharis, dan Muhammad Hanial

Divisi Humas :

Oviana dan Devina Ahmalia

Divisi Human Resource :

Reza Indrawan, Farhan Fadlurrahman Arkaan, Tohpati Damarjati Macan Agung dan Hasyim

Divisi Kewirausahaan :

Garis Rizky Lazuardi dan Diaz Ramadhani Mahendra Djuanda

Divisi Logistik :

Dzaky




Selamat bertugas kepada seluruh pengurus HIMTI periode 2019!

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

Hubungi Kami

Kampus Jakarta
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
Indonesia
T. +62-21-7918-1188
T. 0815-918-1190

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cipayung
Jl. Raya Mabes Hankam Kav 9, 
Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880�
T. 0815-818-1186


Kampus Cikarang

District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192�