Forum KMDGI XIII 2019

Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina, tahun ini kembali ikut serta dalam kegiatan rutin forum nasional yaitu KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis) yang ke-13. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-5 Oktober 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat. Kegiatan tersebut diagendakan setiap tahun sekali secara acak di Kota-kota anggota KMDGI di Indonesia. KMDGI Merupakan sebuah forum nasional bagi mahasiswa DKV untuk bertukar informasi serta edukasi, memahami konsep kreatif, mengapresiasi karya antar mahasiswa  DKV se-Indonesia yang setiap agendanya telah ditentukan tema besar, yang berfungsi sebagai keyword bagi peserta KMDGI untuk menerjemahkan nya menjadi karya-karya dalam pameran tersebut. Tema besar KMDGI XIII yakni "Hoax" namun syarat akan netralitas terhadapa isu politik yang saat ini tengah bergejolak di Indonesia.

Dalam kesempatan KMDGI kali ini, mahasiswa DKV Universitas Paramadina berhasil menarik perhatian pengunjung serta anggota forum KMDGI lainnya, karena karya yang ditampilkan yang tidak biasa. Sesuai dengan tema yang diusung kemudian ditentukan menjadi beberapa kategori yakni simbiotik, tematik dan simbolik.

Karya simbiotik berbentuk film pendek dan karya tematik berbentuk rancangan instalasi patung yang syarat makna berjudul "Hanya Memberi", kedua kategori tersebut dirancang dengan sub tema yang sama oleh mahasiswa DKV Universitas Paramadina. Karya eye catching dari ketiga kategori tersebut yakni karya tematik. Walaupun tidak menjadi karya tematik favorite namun karya tersebut mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung yang terlihat sangat antusias dan tertaik untuk mengetahui informasi serta edukasi dari karya tersebut di stand booth Universitas Paramadina. Adapun karya simbolik yang dirancang oleh mahasiswa berbentuk buklet dengan konten berupa makanan khas Jakarta yang diaplikasikan dengan gaya ilustrasi 2 Dimensi, melalui karya tersebut diharapkan makanan khas Jakarta dapat dikenal lebih jauh oleh masyarakat Indonesia secara umum.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

Hubungi Kami

Kampus Jakarta
Universitas Paramadina
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
Indonesia
T. +62-21-7918-1188
T. 0815-918-1190

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cipayung
Jl. Raya Mabes Hankam Kav 9, 
Setu, Cipayung, Jakarta Timur 13880�
T. 0815-818-1186


Kampus Cikarang

District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192�