“Kerjasama semacam ini sangat berharga, karena dapat bersama-sama memperluas perpektif dan memberikan kesempatan kedua belah pihak untuk saling belajar. Saya sangat menghargai mahasiswa dengan imajinasi ideal tentang masa depan dan manfaat didapat dengan mengeksplorasi penerapannya sesuai dengan pertimbangan dan batasan yang berlaku dalam industri“. (terjemahan penulis) disampaikan oleh Sadanori Horiguchi, lab manager di Hitachi America's Research and Development Division's Design Lab.

Hal ini disampaikan Sadanori kepada Andrew Connor saat melakukan wawancara tentang penelitian tentang konsep produksi pangan di masa depan yang  berjudul the Future of Food Manufacturing: Optimization for Customization.

Proyek penelitian ini berfokus pada pemanfaatan digital technology seperti the Internet of Things (IoT) dan teknology pertanian serta proses pengolahan pangan agar selaras dengan the United Nations’ Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya Zero Hunger, Good Health and Well-Being, Decent Work and Economic Growth, Sustainable Cities and Communities, Industry, Innovation, and Infrastructure, serta Responsible Consumption and Production.

Proyek penelitian ini merupakan satu tiga proyek penelitian bekerja sama dengan Hitachi North America yang dipimpin oleh Hendriana Werdhaningsih dengan bimbingan Profesor Carlos Teixeira. Dua penelitian lainnya adalah the future of manufacturing untuk semikonduktor dan automotif.

Hendriana merupakan dosen tetap Desain Produk Universitas Paramadina yang saat ini sedang melanjutkan pendidikan S3 di the Institute of Design, Illinois Institute of Technology, Chicago, Amerika Serikat. Kampus ini merupakan kampus pertama yang menyelenggarakan pendidikan doctoral di bidang desain di Amerika Serikat.

 

Laporan penelitian dapat dilihat pada:

https://id.iit.edu/wp-content/uploads/2021/03/REPORT_The-Future-of-Food-Manufacturing_Hitachi_ID-IIT-1.pdf

Disclamer/peringatan: Laporan penelitian ini dilindungi undang-undang hak cipta. Mengutip, menyadur, dan/atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan dari isi materi tersebut, diharuskan menyertakan identitas sumber secara lengkap.

 

Sumber artikel:

https://id.iit.edu/projects/the-first-step-to-an-ideal-food-future-is-in-between/

Karya mahasiswa dari salah satu kelas yang diampu oleh Hendriana Werdhaningsih mendapat dua penghargaan desain bergengsi di Amerikia Serikat. Hendriana saat ini merupakan kandidate doktor di Institute of Design, Illinois Institute of Technology, Chicago atau yang dikenal juga dengan sebutan kampus New Bauhaus. Selain melakukan riset, Hendriana juga menjadi asisten dosen pada kelas Designing Future bersama Profesor Laura Forlano dan Sustainable Solusions Workshop Bersama Profesor Carlos Teixera. Karya kolaboratif yang merupakan hasil dari kelas Sustainable Solusions Workshop memperoleh dua penghargaan di tahun 2021 sebagai karya mahasiswa terbaik versi FastCompany dan Core77 Design Award. Karya ini menawarkan solusi ketahanan pangan yang terintegrasi dan berkelanjutan untuk kota Chicago. Proses perancangan dilakukan selama 14 minggu dengan melibatkan beberapa stakes horders sebagai partner yaitu Center for Good Food Purchasing, Chicago Department of Public Health, Chicago Food Policy Action Council sebagai kolaborator Chicago Park District, Chicago Public School, IIT Stuart School of Business, YMCA of Metropolitan Chicago dan disponsori oleh New Futures Lab (Fabri-Kal). 

 

Lebih jauh mengenai karya ini dapat dilihat pada 

Transforming Chicago’s food ecosystem for everyone’s benefit | Institute of Design (iit.edu)

Disclamer/peringatan: Laporan penelitian ini dilindungi undang-undang hak cipta. Mengutip, menyadur, dan/atau menyebarluaskan sebagian atau keseluruhan dari isi materi tersebut, diharuskan menyertakan identitas sumber secara lengkap. 

 

ID students honored for social impact (iit.edu)

Tentang FastCompany 2021 dapat dilihat pada

The best student design of 2021 (fastcompany.com)

Tentang CORE77 DesignAward 2021 dapat dilihat pada

Core77 Design Awards | Design for Social Impact

 

Sumber:

Institute of Design projects honored by Fast Company (iit.edu)

ID students honored for social impact (iit.edu)

 

Para Dosen Mempersiapkan Mata Kuliah Wajib Design Thinking di

Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina

Jakarta, 5 Desember 2018
Pada Semester Genap 2018-2019, Fakultas Ilmu Rekayasa akan mulai menyelenggarakan Berpikir Desain atau lebih dikenal dengan Design Thinking sebagai Mata Kuliah Wajib. Dalam rangka mempersiapkan Mata Kuliah tersebut untuk menjadi mata kuliah baru yang menyenangkan sekaligus efektif bagi mahasiswa. Dosen-dosen Program Studi Desain Produk, Desain Komunikasi Visual dan Informatika bersama-sama melakukan workshop untuk persiapan tersebut. Satu hari penuh berproses bersama, sangat menyegarkan dan menyenangkan. Mata Kuliah Berpikir Desain yang akan diberikan kepada mahasiswa Semester 2 akan memberikan bekal cara berpikir yang berorientasi pada manusia, kreatif dan solutif. Persiapan matang oleh 21 dosen dari Fakultas Ilmu Rekayasa menjadi sangat penting supaya tujuan tersebut dapat tercapai. Lagipula momen seluruh dosen FIR berkumpul seharian, berproses, berdiskusi dan bercanda bersama membuat para dosen jadi semakin kompak. Maju bersama untuk memperkuat kreativitas bangsa!           

Untuk meningkatkan wawasan mahasiswa mengenai sistem produksi, maka prodi DP (Desain Produk) Universitas Paramadina mengadakan kunjungan studi ke PT. Pudak Scientific di kota Bandung. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan produk-produk alat peraga pendidikan dan kesehatan. Produk yang dihasilkan oleh industri ini menggunakan berbagai material dari: Plastik, Logam, Kayu dan Kaca.

Mahasiswa belajar banyak mengenai proses mesin dan peralatan produksi yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk, khususnya untuk produk berbahan kaca. Proses pembuatan produk sangat menarik perhatian. Dalam kunjungan ini juga kita bisa melihat bagaimana perusahaan mengelola produk yang telah diproduksi dari mulai dikemas, disimpan dan sebagian dipajang di ruang “Showroom”.

Bogor, 19 Desember 2018
Buanglah Mantan pada tempatnya! ….. Eh, Sampah maksudnya ….. Ini suasana kegiatan Telusur Lebak Pilar 2018, yang mengangkat semangat kebersihan lingkungan berbasis pengelolaan sampah. Pagi hari ini mulai dari jam 06.00 kita “Telusur Lebak Pilar 2018", melakukan aksi bersih di lingkungan Taman Sempur dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lebak Pilar di Kota Bogor. Acaranya diawali dengan apel pagi bersama Pak Wali, Pak Rektor dan Bu Camat di Taman Sempur. Semangat sekali para mahasiswa Paramadina meski menempuh berjalanan dengan bis sejak subuh hari dari kampus, terutama karena kita bersama dengan dede-dede dari SMA di Bogor.



Kegiatan Bakti Lingkungan: melakukan aksi bersih di lingkungan Taman Sempur dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lebak Pilar “Telusur Lebak Pilar 2018", dilanjutkan dengan Talkshow "Kemitraan dalam Integritas Pelestarian Lingkungan untuk Mendukung SDGs 2030” dengan narasumbernya Bima Arya, Ph.D, Hendriana Werdhaningsih M.Ds, Agil Mulqi, Rahyang Rimba Nusantara, membahas tentang masalah sampah dari hulu ke hilir. Pak Bima Arya bicara tentang penanganan sampah di Kota Bogor dengan kampanye kreatif dan kemitraan dengan komunitas-komunitas peduli lingkungan yang ada di Bogor. Ibu Hendriana memberikan wawasan kreatif tentang peranan desain dalam upaya melakukan ‘reduce, reuse dan recycle’. Kang Aqil menceritakan beragam program cerdik untuk mengajak warga Bogor terlibat dalam penanganan sampah, sedangkan Kak Rahyang memaparkan tentang upaya yang tak kunjung pada selama bertahun-tahun memperjuangkan ‘diet kantong plastik’ hingga akhirnya menjadi peraturan pemerintah di beberapa daerah di Indonesia. Program ini diselenggarakan dengan dukungan Ford Foundation yang bermitra dengan Universitas Paramadina dalam berbagai kegiatan yang mendorong terjalinnya kerjasama antar institusi untuk bersama-sama menyelesaikan ‘wicked problem’ yang ada di sekitar kita.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1 dan S2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cikarang
District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed