fbpx
Previous Next

Aksi Tanggap Bencana COVID-19 Program Studi Psikologi

 

Semakin meningkatnya jumlah terdampak baik korban meninggal serta permasalahan secara ekonomi yang diakibatkan oleh virus covid-19 di Jakarta selama masa karantina atau physical distancing ini membutuhkan uluran tangan dan aksi tanggap dari berbagai pihak. Program studi psikologi sebagai salah satu institusi pendidikan dalam hal ini juga memiliki tanggung jawab yang sama dalam memberikan respon tanggap bencana tersebut. Program studi psikologi beserta unit kegiatan mahasiswa di bawah program studi yaitu Relawan Psikologi (RELASI) melakukan aksi tanggap bencana dengan melaksanakan penggalana dana untuk memberikan bantuan kepada para tenaga kesehatan serta masyarakat yang membutuhkan. Selain hal tersebut program studi juga melakukan pendampingan psikologis kepada masyarakat melalui webtalk yang telah diselenggarakan.

Penggalangan dana sendiri telah dilakukan selama periode 10-30 April 2020. Selama masa penggalangan donasi ini telah terkumpul dana sebesar Rp. 4.408.600, sembako, masker dan hand sanitizer. Untuk bantuan yang sudah terkumpul ini telah dibagikan berupa Hazmat, masker medis, handsanitizer kepada Rumah Sakit Umum Daerah Depok dan Rumah Sakit Umum Daerah Cempaka Putih. Untuk bantuan masker dan sembako yang terdiri dari beras 5 kg, gula 1 kg dan minyak 2 liter telah dibagikan kepada masyarakat (kaum dhuafa dan driver ojek online) yang membutuhkan di wilayah Depok, Cawang, Kalibata.

Selain bantuan yang bersifat materi, program studi psikologi juga menyelenggarakan pendampingan secara psikologis melalui pelaksanaan webtalk berupa edukasi maupun konseling online bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan. Hal ini dilakukan mengingat dampak dari covid ini memberikan indikasi permasalahan psikologis akibat kondisi yang sebelumnya produktif menjadi tidak produktif, semakin rentan mengalami kecemasan, kesepian, bahkan kecenderungan depresi. Kegiatan webtalk ini telah dilaksanakan dalam dua sesi yaitu pada 30 April 2020 dengan mengangkat tema "Positive self talk to healing stress during covid-19" dengan narasumber dosen program studi psikologi yaitu Dinar Saputra, M.Psi, Psikolog dan pada 4 Mei 2020 dengan mengangkat tema "How to bring the joy to reduce stress in all you do" dengan narasumber dosen program studi psikologi yaitu Dessy Syahniar, M.Psi, Psikolog.

Unduh materi webtalk:

https://drive.google.com/file/d/1s4n2-8iV3G115vUKANy02Y0kpKlzFKYG/view?usp=sharing

https://drive.google.com/file/d/1_XFGItYRcraWKIrVvXu2M-kEZ8dox9P9/view?usp=sharing

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Hubungi Kami

Kampus S1 & s2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1190
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 
I
G: @universitas_paramadina
FB: fb.com/paramadina

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed