fbpx
Previous Next

Peer Counselor Program Studi Psikologi Universitas Paramadina

Peer counselor merupakan salah satu program penguatan kompetensi mahasiswa yang dimiliki oleh program studi psikologi Universitas Paramadina sejak tahun 2007. Keberadaan peer counselor ini merupakan salah satu upaya program studi dalam meningkatkan kapasitas serta kompetensi mahasiswa dalam penguatan profil lulusan sebagai konselor. Di dalam profil lulusan sebagai konselor, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi etika professional, menguasai prinsip-prinsip dasar konseling, memahami prinsip dasar tahapan perkembangan, menguasai teknik pengumpulan data untuk memecahkan masalah psikologi baik melalui observasi, wawancara, maupun skala psikologis, memiliki kemampuan menjalin relasi interpersonal yang baik, memiliki jiwa kepemimpinan. Selain hal tersebut, keberadaan peer counselor menjadi salah satu upaya program studi di dalam memberikan pelayanan terhadap mahasiswa maupun para remaja dalam kebutuhannya melakukan pendampingan dengan pendekatan konseling sesama peer.

Program peer konselor sendiri langsung disupervisi oleh dosen program studi psikologi yaitu Ibu Dr. Fatchiah E. Kertamuda, M.Sc dan Ibu Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog. Untuk menjadi seorang konselor dalam program ini, mahasiswa harus melalui proses seleksi yang berupa seleksi administrasi dan seleksi praktik konseling. Dalam proses seleksi administrasi mahasiswa harus memiliki syarat IPK di atas 3,0 dan telah lulus mata kuliah Psikologi Konseling minimal B+. Selain itu, para mahasiswa yang mendaftar untuk menjadi peer counselor harus membuat essay terkait dengan motivasi menjadi seorang konselor. Setelah lolos seleksi administrasi, para mahasiswa harus mengikuti seleksi praktik konseling dengan membawa konseleenya masing-masing dan praktik melakukan konseling di hadapan 3 dosen program studi psikologi selama kurang lebih 15 menit.

Pada tahun 2019 ini, dari proses seleksi yang sudah dilaksanakan sebelumnya maka mahasiswa yang lolos seleksi peer counselor memiliki beberapa program yang harus dilaksanakan dalam setahun ke depan. Selain program pelaksanaan konselor kepada mahasiswa maupun remaja pada umumnya sesuai dengan permintaan maupun jadwal yang sudah ditentukan, para mahasiswa ini harus melakukan program-program lainnya seperti pengenalan peer counselor secara offline dan online serta ikut serta dalam kegiatan-kegiatan program studi yang mengarahkan pada bentuk pengabdian masyarakat di wilayah eksternal kampus. Program konseling rutin dapat diikuti oleh mahasiswa maupun remaja baik internal maupun eksternal Universitas Paramadina yang dilaksanakan di laboratorium program studi psikologi tanpa dipungut biaya.

Jadwal Peer Counselor Program Studi Psikologi:

Senin: Pukul 09.00-17.00 WIB di Laboratorium Program Studi Psikologi

Selasa: Pukul 13.00-17.00 WIB di Laboratorium Program Studi Psikologi

Rabu: Pukul 13.00-17.00 WIB di Laboratorium Program Studi Psikologi

Kamis: Pukul 09.00-17.00 WIB di Laboratorium Program Studi Psikologi

Nomer Telepon: 081315589696 (Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog)

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Hubungi Kami

Kampus S1 & s2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1190
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 
I
G: @universitas_paramadina
FB: fb.com/paramadina

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed