Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina yang telah menyelesaikan proses re-akreditasi dan kembali mendapatkan peringkat A.

Hasil ini telah ditetapkan berdasarkan SK nomor 13462/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2022 serta Sertifikat Akreditasi  yang menetapkan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) mendapat :
Peringkat A .

Terimakasih kepada seluruh civitas akademika Universitas Paramadina yang telah mendukung dan kerjasamanya.


GEREBEK MUSEUM


Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional dan Hari Museum Internasional bulan Mei 2022, Museum Basoeki Abdullah di Jalan Keuangan, Cilandak Jakarta Selatan menggelar kegiatan Gerebek Museum pada hari Sabtu (14/5/2022). Tema yang diangkat adalah “The Power of Museum”, mengikuti tema hari Museum Internasional yang telah dirancang oleh ICOM (International Council of Museums).


Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah, mengatakan museum memiliki potensi untuk membawa perubahan positif pada lingkungannya melalui 3 lensa yaitu, kekuatan mengubah dunia sekitar yang meliputi kekuatan untuk mencapat keberlanjutan, kekuatan inovasi dalam digitalisasi dan aksesibilitas serta keuatan membangun komunitas melalui Pendidikan.
Kegiatan ini digelar untuk mengedukasi masyarakat akan sosok pelukis Basoeki Abdullah dan karyanya. Maka khusus pada kegiatan Grebek Museum tahun 2022 diisi dengan kegiatan utama berupa melukis Bersama dan pertunjukkan seni.


Gerebek Museum ini diisi 16 pelukis professional dan 114 pelukis perwakilan dari perguruan tinggi salah satu diantaranya adalah DKV Universitas Paramadina. Masing-masing peserta akan melukis di kanvas berukuran 2x1 meter. Kegiatan ini dibuka oleh Sekertaris Kota (Sekto) Ali Murthadho, menilai kegiatan Gerebek Museum ini dapat dijadikan ajang untuk mengajak generasi muda agar Kembali mengenal museum di DKI Jakarta.

Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Paramadina, tahun ini kembali ikut serta dalam kegiatan rutin forum nasional yaitu KMDGI (Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis) yang ke-13. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-5 Oktober 2019 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat. Kegiatan tersebut diagendakan setiap tahun sekali secara acak di Kota-kota anggota KMDGI di Indonesia. KMDGI Merupakan sebuah forum nasional bagi mahasiswa DKV untuk bertukar informasi serta edukasi, memahami konsep kreatif, mengapresiasi karya antar mahasiswa  DKV se-Indonesia yang setiap agendanya telah ditentukan tema besar, yang berfungsi sebagai keyword bagi peserta KMDGI untuk menerjemahkan nya menjadi karya-karya dalam pameran tersebut. Tema besar KMDGI XIII yakni "Hoax" namun syarat akan netralitas terhadapa isu politik yang saat ini tengah bergejolak di Indonesia.

Dalam kesempatan KMDGI kali ini, mahasiswa DKV Universitas Paramadina berhasil menarik perhatian pengunjung serta anggota forum KMDGI lainnya, karena karya yang ditampilkan yang tidak biasa. Sesuai dengan tema yang diusung kemudian ditentukan menjadi beberapa kategori yakni simbiotik, tematik dan simbolik.

Karya simbiotik berbentuk film pendek dan karya tematik berbentuk rancangan instalasi patung yang syarat makna berjudul "Hanya Memberi", kedua kategori tersebut dirancang dengan sub tema yang sama oleh mahasiswa DKV Universitas Paramadina. Karya eye catching dari ketiga kategori tersebut yakni karya tematik. Walaupun tidak menjadi karya tematik favorite namun karya tersebut mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung yang terlihat sangat antusias dan tertaik untuk mengetahui informasi serta edukasi dari karya tersebut di stand booth Universitas Paramadina. Adapun karya simbolik yang dirancang oleh mahasiswa berbentuk buklet dengan konten berupa makanan khas Jakarta yang diaplikasikan dengan gaya ilustrasi 2 Dimensi, melalui karya tersebut diharapkan makanan khas Jakarta dapat dikenal lebih jauh oleh masyarakat Indonesia secara umum.

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Paramadina menyabet juara 1,2 dan 3 Lomba KaTa Kreatif yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI)  bersama dengan Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Selatan.

Lomba ini merupakan rangkaian Workshop Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang bertempat di Salihara Art Centre, Jakarta, Kamis, (12/5/2022).
Workshop KaTa Kreatif kali ini terdiri dari pelatihan, praktik, dan diskusi, peserta juga diberi kesempatan untuk mendisplay produk pada saat acara berlangsung.

Adapun juara 1 lomba membuat miniatur & konsep art gallery  diraih Farhan Sholeh Ramadika (DKV 21). Kemudian Juara 2 lomba membuat miniatur & konsep art gallery berkelompok oleh Annisa Arryn (DPI 21) dan Pandu Aditya (DKV 20). Sedangkan Juara 3 lomba membuat miniatur & konsep art gallery berkelompok diraih Jasmine Sultana Bell (DKV 21)

Dalam Workshop ini Menparekraf RI Dr. Sandiaga S. Uno,  menyatakan pihaknya terus mendorong subsektor seni rupa agar dapat terus mendukung upaya membangkitkan ekonomi kreatif, dan penyediaan lapangan kerja seluas luasnya.

Acara ini diikuti oleh 15 peserta dan 5 diantaranya adalah mahasiswa DKV Universitas Paramadina. Peserta terpilih merupakan peserta yang telah melalui seleksi Kemenparekraf RI dari database perupa yang mendaftar pada link-link pendaftaran serta disesuaikan dengan kompetensi. Peserta diwajibkan membawa karya terbaik untuk dipamerkan selama acara.

Dalam kesempatan ini para pemenang bertemu langsung dan berfoto bersama Bapak Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, seraya memegang karya terbaiknya.

Universitas Paramadina namun mendapatkan kehormatan untuk menjadi dewa juri dalam ajang kompetisi bergengsi nasional tingkat SMU yakni FLS2N (Festival & Lomba Seni Siswa Nasional) tingkat Provinsi Banten. Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Marbella Anyer Banten, pada tanggal 19 - 21 Agustus 2019. Enam orang dosen di undang untuk menjadi dewa juri dengan kategori yang sesuai dengan kompetensi bidang keilmuannya. Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual yaitu, Ibu Ayoeningsih Dyah (Juri Poster), Bpk. Agoes Joesoef (Juri Film Pendek), Bpk. Rio Satriyo Hadiwijoyo (Juri Film Pendek), Bpk. Mohamad Dzikri Alhamdi (Juri Poster). Kemudian dari dosen program studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina yaitu Ibu Tri Wahyuti (Juri Poster), dan Ibu Atika Budhi Utami (Juri Monolog).

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1 dan S2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus Cikarang
District 2, Meikarta,
Cikarang
T. 0815-918-1192

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed