Tentang Prodi Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi berkembang seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi belakangan ini. Komunikasi yang dulunya ditilik dalam konteks pesan antar manusia, di abad 21 ini komunikasi lebih dimaknai sebagai komoditas dan industri. Untuk merespon perkembangan tersebut, kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi menitikberatkan pada kemampuan menguasai bentuk-bentuk komunikasi strategis dan integratif, dengan ruang lingkup:
- Peminatan Humas Digital: menitikberatkan pada mengelola citra perusahaan atau organisasi nirlaba. Di sini mahasiswa belajar bagaimana mengatasi situasi yang dapat menimbulkan krisis komunikasi, mendesain proses komunikasi yang sesuai dan mengimplementasikannya pada realitas keseharian serta mengevaluasi hasil untuk perbaikan langkah selanjutnya.
- Peminatan Komunikasi Pemasaran Digital: memfokuskan pada pengembangan teoritis dan praktis pada departemen kreatif advertensi dan mempelajari konsep-konsep serta strategi pengelolaan merek berbasis digital. Termasuk diantaranya pengelolaan pesan-pesan serta bagaimana mengkomunikasikan pesan merek kepada khalayak.
- Peminatan Media Penyiaran Digital: fokus pada penyiapan sumber daya manusia yang siap pakai untuk kebutuhan industri televisi dan radio maupun rumah produksi (production house) yang berbasis new media.
Prodi Ilmu Komunikasi berusaha untuk mewujudkan pendidikan kreatif dengan menjadi pusat ilmu dan budaya komunikasi yang inovatif dengan kepekaan etika yang diwarnai semangat kemanusiaan, penuh pengertian dan toleransi.
Program Studi Ilmu Komunikasi berusaha untuk mengembangkan dan memanfaatkan ilmu serta teknologi komunikasi, dengan membentuk komunitas intelektual komunikasi yang kreatif, menghormati kebebasan mimbar akademik, dan berkepribadian mulia.
Program studi Ilmu Komunikasi berusaha untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kedalaman iman, kepekaan nurani, ketajaman nalar yang kritis, kreatif dan komunikatif, memiliki jiwa kepemimpinan, memahami konsep dan cakap berkarya dengan teknologi komunikasi, memiliki keluasan wawasan komunikasi dalam masyarakat multikultural serta berjiwa wirausaha.

Tri Wahyuti, M.Si
Ketua Program Sarjana Ilmu Komunikasi
KURIKULUM DAN METODE
Kurikulum disusun untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta menstimulasi kreativitas mahasiswa dalam bidang komunikasi. Kurikulum diawali dengan mata kuliah pengetahuan dasar yang relevan dengan Ilmu Komunikasi serta mata kuliah aplikasi dari teori-teori.
Untuk memperoleh gelar sarjana mahasiswa wajib menyelesaikan 146 SKS, yang seluruhnya dapat ditempuh dalam tiga setengah tahun.
PARA PENGAJAR

Atika Budhi Utami, M.I.K
Kurniawaty Yusuf, M.Si.

Juni Alfiah Chusjairi, Ph.D

Lina Anggraeni, M.I.Kom

Tri Wahyuti, M.Si

Totok A. Soefijanto Ed.D

Wahyutama, Ph.D

Mila Falma Masful, M.Si

Leonita K. Syarief, M.Si

Kencana Ariestyani, M.Si

Faris Budiman Annas, M.Si

Erik Ardianto, M.I.Kom

Dr. Titis Gandariani

Dr. Prabu Revolusi

Dr. Rini Sudarmanti
PROSPEK KERJA
- Jurnalis
- Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
- Event Organizer
- Praktisi Periklanan/Advertising
- Konsultan Media dan Periklanan
- Marketing Communications
- Pengusaha
- Script Writer
- Start Up Perusahaan
- Web Developer
- Negosiator
- Video Blogger
- Announcer dan Presenter
- Penyiar Radio
- Reporter
- Editor
- Penulis
Profil Prodi Ilmu Komunikasi
Events
No events |
Latest News

UAS "Kreatif" Ilmu Komunikasi
Jakarta (20/01) - Jika Ujian Akhir Semester (UAS) diselenggarakan melalui ijian tertulis, prodi Ilm...

Keasi Alumni Ilmu Komunikasi
Jakarta (21/1) - Untuk pertama kalinya alumni Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina membentuk foru...

Perjalanan di Negeri Sakura Melalu Jenesys 2.0 Mas...
Sejak tahun 2007-2012, dan program jenesys 2.0 merupakan kelanjutkan dari program Jenesys, yang dium...

Selenggarakan "Cerdas Menonton TV," Pema...
"Kenapa harus cerdas dalam menonton televisi?. Demikian pertanyaan yang diajukan Tuti Jamilah salah...