Pembukaan Pendaftaran Mahasiswa Jalur Bidikmisi 2019 

Print

Universitas Paramadina membuka pendaftaran Bidikmisi (Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi). Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek-DIKTI) Republik Indonesia bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang tinggi, untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan hingga lulus tepat waktu.

Penerima Bidik Misi akan mendapatkan fasilitas:

- Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar Bidikmisi yang ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

- Pembebasan biaya pendidikan yang dibayarkan ke perguruan tinggi selama maksimal 8 semester.

- Subsidi biaya hidup sekurang-kurangnya sebesar Rp. 650.000,00 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan selama masa studi.

Tata cara pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online melalui laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/). Persyaratan untuk mendaftar tahun 2019 adalah sebagai berikut:

1) Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2019, memiliki identitas berupa NISN dan NPSN yang valid di PDSPK.

2) Lulusan tahun 2018 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;

3) Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;

4) Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: Siswa  Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP)  atau Pendapatan kotor gabungan orang Tua/Wali (suami istri) maksimal sebesar Rp4.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 setiap bulannya.

5) Pendidikan orang Tua/Wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;

6) Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari Kepala Sekolah;

Pendaftaran Bidikmisi di Universitas Paramadina dibuka pada tanggal 29 Mei 2019 dan ditutup pada 16 Agustus 2019.

Pendaftar yang telah melengkapi data di laman Bidikmisi (https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/) dan dinilai lolos untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya, akan dihubungi melalui telepon untuk mengikuti Seleksi Mandiri (tes tertulis dan wawancara) di Universitas Paramadina pada 21 Agustus 2019 (Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu, mohon menunggu konfirmasi dari Universitas Paramadina).

 

Joomla SEF URLs by Artio