fbpx
Image

MANAJEMEN

Events

No events

Latest News

Siaga Satu Lingkungan Hidup Indonesia: Solusi Green Economy

Siaga Satu Lingkungan Hidup Indonesia: Solusi Green Economy

Webinar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Paramadina dengan topik “Siaga Satu Lingkungan Hidup Indonesia: Solusi Green Economy”Rekaman acara (YouTube): https://www.youtube.com/watch?v=8OA5MtnNfhUJakarta, 26 Juli 2021 – Agenda perubahan Iklim, perlindungan lingkungan dan...

Kuliah Umum Bpk. Joshua Ratadhi (SCM Senior Manager at Indika Energy Group)

Kuliah Umum Bpk. Joshua Ratadhi (SCM Senior Manager at Indika Energy Group)

Program Studi Manajemen Universitas Paramadina Mengundang Bapak/Ibu/Sdr Untuk Hadir pd Kuliah Umum yg akan diselenggarakan Pada : Hari : Selasa, 12 November 2019Waktu : 08.00 - 09.30Tempat : Ruang Kelas...

Dokumentasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat antar Universitas antara Universitas Paramadina dengan London School of Public Relation (LSPR).

Dokumentasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat antar Universitas antara Universitas Paramadina dengan London School of Public Relation (LSPR).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat antar Universitas antara Universitas Paramadina dengan London School of Public Relation (LSPR). Dosen Manajemen, Adrian Wijanarko MM, sedang memberikan pemaparan dalam acara tersebut

Dokumantasi Diskusi Informal Menuju Formal Terkait Spiritual Marketing Melalui Pemahaman Nilai Islam Agar Lebih Membumi.

Dokumantasi Diskusi Informal Menuju Formal Terkait Spiritual Marketing Melalui Pemahaman Nilai Islam Agar Lebih Membumi.

Dokumantasi Diskusi Informal Menuju Formal Terkait Spiritual Marketing Melalui Pemahaman Nilai Islam Agar Lebih Membumi.Prodi MM Paramadina dan Prodi MM Universitas Airlangga Surabaya.

TENTANG PRODI MANAJEMEN

 

Program Studi Manajemen menyelenggarakan program studi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu membuat keputusan dalam ranah organisasi maupun menjalankan bisnis yang berbasis Etika. Dengan demikian, profil lulusan Program Studi Manajemen adalah sebagai manajer, pengelola atau pemilik organisasi yang mampu membuat keputusan dan mengelola organisasi dengan berlandaskan etika.

Program Studi Manajemen menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang direview secara reguler untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang sesuai dengan kondisi dunia bisnis.

Terkait dengan implementasi visi misi, Program Studi memiliki mata kuliah utama yang mendukung yaitu mata kuliah Kepemimpinan, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Anti Korupsi.

Tujuan kuliah pada setiap mata kuliah sejalan dengan tujuan Universitas Paramadina yang berlandasan pada nilai-nilai leadership, ethics, dan entrepreneurship. Ketiga nilai ini dianggap mampu menciptakan lulusan mahasiswa yang beretika dan profesional. Nilai leadership, ethics, dan entrepreneurship menambah kekhasan lulusan Program Studi Manajemen agar bisa berkontribusi dalam kehidupan masyarakat dengan baik.

Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan manajemen dan bisnis,  yang mewujudkan perpaduan antara kemampuan pengambilan keputusan dan pengelolaan organisasi berdasarkan etika, dalam skala nasional maupun global pada tahun 2025.

Misi

Misi Program Studi mengembangkan, menyelenggarakan dan mengimplementasikan pendidikan tinggi tingkat strata satu di bidang manajemen dan bisnis yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan pengambilan keputusan berbasis etika melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki fondasi berpikir secara kritis dan logis yang beretika.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pendidikan di bidang Manajemen dan Bisnis dengan mengacu pada kompetensi pembuatan keputusan dan pengelolaan organisasi, sumber daya yang dimiliki, dan perkembangan di dalam lingkungan nasional, regional dan internasional.
  3. Menghasilkan penelitian dalam bidang Manajemen dan Bisnis dalam rangka memperkaya khazanah ilmu pengetahuan baik nasional, regional dan internasional.
  4. Menyumbangkan pemikiran dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas intelektual baik nasional, regional dan internasional
  5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan dukungan sumber daya manusia dan suksesi internal program studi dalam rangka mendukung proses pembelajaran

Adrian A. Wijanarko, M.MKetua Program Studi

KURIKULUM DAN METODE

 

Prodi menggunakan Kurikulum Perguruan Tinggi yang dievaluasi secara reguler untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang sesuai kondisi dunia bisnis. Sejumlah program menjadi aspek penting yang mendasari kesuksesan studi Manajemen. Untuk menunjang wawasan mahasiswa, secara rutin, dosen tamu dengan berbagai latar belakang didatangkan guna memperluas wawasan para mahasiswa. Company visits dan workshop mahasiswa, karya ilmiah dilakukan secara rutin, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa memahami dunia akademik dan praktis. Selain itu, Prodi mewajibkan seluruh mahasiswa mengikuti praktik lapangan atau simulasi bisnis dan menulis karya akhir, sebagai wahana untuk membangun pemahaman teori dan praktik.

Dasar hukum dalam penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Prodi adalah:

  1. UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas.
  2. UU No. 12/ 2012 tentang Perguruan Tinggi.
  3. PP No. 10/ 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. Permendikbud No. 73/ 2013 tentang KKNI.
  5. Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang SNDIKTI.

KURIKULUM

SEMESTER 1

 

Pendidikan Pancasila (MKU)

 

2

Bahasa Indonesia (MKU)

 

2

Teknologi  Informasi dan Komunikasi (MKU)

 

3

Praktikum Teknologi  Informasi dan Komunikasi (MKU)

 

Nilai Hidup Paramadina (MKU)

 

3

Dasar-Dasar Manajemen (MKP)

 

4

Kepemimpinan (MKF)

 

3

Etika Bisnis (MKF)

 

3

Total SKS Semester 1

 

20

 

 

 

SEMESTER 2

 

Pendidikan Agama (MKU)

 

2

Anti Korupsi (MKU)

 

3

Bahasa Inggris 1 (MKU)

 

2

Pendidikan Kewarganegaraan (MKU)

 

2

Kewirausahaan (MKU)

 

3

Komunikasi dan Negosiasi (MKP)

 

4

Kemitraan (MKF)

 

3

Total SKS Semester 2

 

19

 

 

 

SEMESTER 3

 

Bisnis Kontemporer (MKP)

 

4

Manajemen dan Bisnis Syariah (MKP)

 

3

Matematika Bisnis (MKP)

 

3

Pengantar Akuntansi (MKP)

 

3

Pengantar Ekonomi (MKP)

 

3

Statistika (MKP)

 

4

Total SKS Semester 3

 

20

 

 

 

SEMESTER 4

 

Bahasa Inggris 2 (MKP)

 

3

Manajemen Keuangan (MKP)

 

4

Manajemen Operasi (MKP)

 

4

Manajemen Pemasaran (MKP)

 

4

Branding (MKP)

 

4

Total SKS Semester 4

 

19

 

 

 

SEMESTER 5

 

Ekonomi Manajerial (MKP)

 

4

Manajemen SDM (MKP)

 

4

Metodologi Penelitian (MKP)

 

5

Sistem Informasi Manajemen (MKP)

 

4

Total SKS Semester 5

 

17

 

 

 

SEMESTER 6

 

Manajemen Kinerja (MKP)

 

4

Manajemen Strategik (MKP)

 

4

Pengambil Keputusan (MKP)

 

4

Perilaku Konsumen (MKP)

 

4

Mata Kuliah Minat 1 * (MKP)

4

Total SKS Semester 6

 

20

 

 

 

SEMESTER 7

 

Manajemen Investasi (MKP)

 

3

Pengembangan Organisasi (MKP)

 

4

Perantara Keuangan  (MKP)

 

3

Seminar Proposal (MKP)

 

4

Mata Kuliah Minat 2 ** (MKP)

4

Total SKS Semester 7

 

18

 

 

 

SEMESTER 8

 

Proyek Kreatif (MKP)

5

Karya Akhir (MKP)

6

Total SKS Semester 8

 

11

 

 

 

Total SKS yang ditempuh

 

144

 

*) Pilihan mata Kuliah Minat 1

 

 

Nama Mata Kuliah

Peminatan

SKS

Keuangan Perilaku

Keuangan

4

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Pemasaran

4

Manajemen Perubahan

SDM

4

Manajemen Rantai Pasokan

Operasi

4

     

**) Pilihan mata Kuliah Minat 2

   

Nama Mata Kuliah

Peminatan

SKS

Keuangan Internasional

Keuangan

4

Manajemen Talenta

SDM

4

Manajemen Teknologi dan Inovasi

Operasi

4

Pemasaran Global

Pemasaran

4

 

Catatan : Kelas Mata Kuliah Minat akan dibuka apabila jumlah mahasiswa memenuhi kuota yang dipertimbangkan oleh Program Studi

Keterangan

MKU: Mata Kuliah Universitas          

MKF: Mata Kuliah Fakultas      

MKP: Mata Kuliah Program Studi                      

 

Matakuliah dan Nilai yang disetarakan dari D3                                                                                                          

MATA KULIAH (MK)

 

SKS

Pendidikan Agama

 

2

Pendidikan Pancasila

 

2

Bahasa Inggris 1

 

2

Bahasa Indonesia

 

2

Pendidikan Kewarganegaraan

 

2

Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

3

Dasar-dasar Manajemen

 

4

Komunikasi dan Negosiasi

 

4

Bisnis Kontemporer

 

4

Matematika Bisnis

 

3

Pengantar Akuntansi

 

3

Pengantar Ekonomi

 

3

Statistika

 

4

Bahasa Inggris 2

 

3

Ekonomi Manajerial

 

4

Sistem Informasi Manajemen

 

4

Manajemen Kinerja

 

4

Pengambilan Keputusan

 

4

Branding

 

4

Manajemen Investasi

 

3

Pengembangan Organisasi

 

4

Perantara Keuangan  (MKP)

3

Proyek Kreatif

 

5

Etika Bisnis (MKF)

 

3

Total SKS

 

79

 

Matakuliah yang Harus  Diambil Di Universitas Paramadina                                                                                       

SEMESTER 1

SKS

Kepemimpinan (MKF)

3

Nilai Hidup Paramadina (MKU)

3

Manajemen Operasi

4

Manajemen Pemasaran

4

Total SKS semester 1

14

   

SEMESTER 2

 

Anti Korupsi (MKU)

3

Kewirausahaan (MKU)

3

Manajemen SDM

4

Manajemen Keuangan

4

Total SKS semester 2

14

   

SEMESTER 3

 

Metodologi Penelitian

5

Manajemen dan Bisnis Syariah

3

Mata Kuliah Minat 1*

4

Mata Kuliah Minat 2**

4

Total SKS semester 3

16

   

SEMESTER 4

 

Seminar Proposal

4

Manajemen Strategik

4

Perilaku Konsumen

4

Kemitraan (MKF)

3

Karya Akhir

6

Total SKS semester 4

21

   

Total SKS yang ditempuh

144

 

 

*) Pilihan Mata Kuliah 1

   

Keuangan Perilaku

Keuangan

4

Komunikasi Pemasaran Terpadu

Pemasaran

4

Manajemen Perubahan

SDM

4

Manajemen Rantai Pasokan

Operasi

4

     

*) Pilihan Mata Kuliah 1

   

Keuangan Internasional

Keuangan

4

Manajemen Talenta

SDM

4

Manajemen Teknologi dan Inovasi

Operasi

4

Pemasaran Global

Pemasaran

4

 

Catatan : Kelas Mata Kuliah Minat akan dibuka apabila jumlah mahasiswa memenuhi kuota yang dipertimbangkan oleh Prodi           

STAF PENGAJAR

Iin MayasariDosen
Riwayat Pendidikan 1. 1997: Bachelor Degree (SPd.), International Relationship, Faculty of Social and Political Science, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia. 2. 1999: Bachelor Degree (SPd.), English Language Program, Language Faculty, University of Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia. 3. 2001: Magister Degree (MM), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia 4. 2001: Master Degree (MSi), Management Program, University of Gadjah Mada in Marketing, Yogyakarta, Indonesia. 5. 2007: Doctor of Philosophy (PhD), Management Program in Marketing, University of Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia Minat Penelitian 1. Marketing Management-Branding , Sustainability, Ethics, Customer Relationship Management. 2. Consumer Behavior-Hedonic Behavior, Disposition. 3. Sustainability and Partnership
Retno Sri HandiniDosen
Retno Sri Handini. Sejak tahun 1999 sampai sekarang , menjadi dosen Jurusan Manajemen, Universitas Paramadina. Pada tahun 2019, menjadi dosen tetap di Universitas Paramadina. Selain mengajar di Universitas Paramadina, Retno Handini juga pernah menjadi dosen inti di Jurusan Manajemen, Universitas Bina Nusantara. Pengantar Ekonomi, Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro adalah tiga mata kuliah yang selalu diampu selama mengajar. Selain mengajar, Retno Handini juga bergabung dengan beberapa institusi dari beberapa mitra pembangunan, untuk melakukan beberapa kegiatan monitoring dan evaluasi untuk beberapa sektor, seperti sektor kesehatan, pendidikan dan lingkungan. Riwayat Pendidikan Lulus program S1 Tingkat Sarjana pada Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Melanjutkan S2 Tingkat Master pada Universitas Glasgow, UK, tahun 1999, bidang Ekonomi Moneter.
Iyus WiadiDosen
Iyus Wiadi, sejak tahun 1997 sampai sekarang, menjadi dosen tetap yayasan Paramadina dan bekerja pada Universitas Paramadina. Berpengalaman sebagai Kaprodi Manajemen 1997 – 2000; Kaprodi Manajemen 2006 – 2008, Kaprodi Manajemen; Kaprodi Manajemen, 2017-2021; Kepala Proyek dan Koordinator ASEAN-EU University Network (AUNP) 2004 -2007; Kepala Proyek Social and Ecological Market Economy (SEME), 2010 dan 2012; Kepala Program The Executive Program For Sustainable Partnership (EPSP), 2014 -2017; Kepala Paramadina Management Advisory (PMA) Fakultas ekonomi dan Bisnis (2017 -2021). Sejak tahun 1990-2005 mengajar di beberapa Universitas di Bandung dan Jakarta; Universitas Maranatha Bandung, Universitas Atmajaya Jakarta, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Universitas Widyatama Bandung. Penelitian dalam bidang Pemasaran, kewirausahaan dan Kemitraan dan Manajemen. Pengabdian pada masayarakat untuk organisasi profit maupun non profit. Mengasilkan buku dalam bidang Kewirausahaan, Manajemen Stratejik, Kepemimpinan dan Manajemen. Riwayat Pendidikan Lulus program S1 Tingkat sarjana pada Institute Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) tahun 1989 Bidang Pemasaran, melanjutkan S2 Tingkat Master pada Universitas Anwerpen (RUCA) di Belgia tahun 1997, bidang Pemasaran Publik,dan menyelesaikan S3 Tingkat Dokorral di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung tahun 2006 bidang Pemasaran
Jezzie Betania SetiawanDosen
She used to work in Banking and Capital Market, have passed CFA Exam Level 1 and WMI (Investment Manager Representative) License. However, she got a turning point after she traveled to remote areas in South Halmahera, East Indonesia, where she believes she should contribute more and do bigger things that more useful to the community and nation, rather than a career in a big company.
Adrian A. WijanarkoDosen
Adrian adalah dosen di Universitas Paramadina, dimana beliau mengajar Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Perilaku Konsumen, Kemitraan dan Wirausaha. Sebelum bergabung dengan Paramadina, Adrian bekerja di industri telekomunikasi dan consumer goods selama beberapa tahun. Adrian menyelesaikan gelar Sarjana di Universitas Paramadina dan meraih gelar Magister Manajemen di PPM Manajemen. Selama menyelesaikan studi Sarjana, Adrian menerima program beasiswa dari salah satu perusahaan Nasional di Indonesia. Saat ini menjabat sebagai Ketua Executive Program Executive Program for Sustainable Partnership (EPSP) Universitas Paramadina, sebuah program inisiatif untuk mendorong bisnis inklusif dan kemitraan antar sektor yang mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs). Kepeduliannya terhadap bidang kemitraan ditunjukkan dengan berbagai penelitian terkait kemitraan antar sector. Formal Education 1. PPM School of Management Magister degree (Magister Manajemen). 2. Paramadina University, Bachelor degree (Sarjana Ekonomi)
Muhammad IksanDosen
Iksan adalah dosen di Universitas Paramadina, di mana Dia mengajar Ekonomi Mikro, Pengambilan Keputusan Manajerial, Lingkungan Bisnis, Matematika Bisnis, dan Negosiasi. Sebelum bergabung dengan Universitas Paramadina, Dia bekerja perusahaan sekuritas sebagai broker-dealer representative. Iksan menyelesaikan gelar Sarjana di Universitas Indonesia, Jakarta dan meraih gelar Magister Manajemen di Universitas Paramadina, Jakarta. Saat ini, Iksan sedang menempuh pendidikan Doktoral pada National Cheng Kung University, Tainan, ROC Taiwan – Program Ekonomi Politik Departemen Ilmu Politik. Ia memiliki minat penelitian pada isu ekonomi politik Negara berkembang khususnya dampak Invetasi Asing Langsung terhadap perkembangan sektor industri, utamanya pertambangan nikel (nickel mining juga e-commerce, serta produk turunannya (derivative products). Selain sebagai pengajar, Dia juga bekerja sebagai peneliti kebijakan publik pada Paramadina Public Policy Institute (PPPI), dapat dihubungi melalui [email protected] Formal Education 1. Doctoral Program – Graduate Institute of Political Economy (PhD Student) 2. University of Paramadina, Management Magister Degree (Magister Manajemen). 3. University of Indonesia, Bachelor Degree (Sarjana Sosial)

RELEVANSI ILMU DALAM BIDANG PEKERJAAN

Berdasarkan Survey yang sudah kami lakukan kepada para alumni kami di program studi Manajemen Universitas Paramadina menunjukkan hasil dalam grafik sebagai berikut ini

MEET OUR ALUMNI

TESTIMONI LULUSAN

GALERI

Pengabdian Masyarakat
Bedah Buku
Company Visit
Kuliah Umum
Seminar
Kuliah Umum
Penelitian
Kerjasama dengan PT. Trakindo
Sharing dengan Alumni
Kerjasama dengan IGCN

GALERI FOTO 2018

Kunjungan Study ke Tempo.com
Sharing Alumni Maemar Chadavid
Kuliah Tamu PT. Mega Capital Investama
Kunjungan ke Paramadina Graduate School, Gedung Baru
Sharing Alumni Didit Priyanto
Sharing Alumni Bayu Wardhana
Company Visit ke Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta
Sharing Alumni Iqbal Tanjung
Company Visit PT. Coca-Cola Amatil Indonesia
Sharing Alumni M. Rosyid Jazuli
Sharing Alumni Arya Seta
Company Visit ke PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Noodle - Cabang Cibitung

HIMA MANAJEMEN

Berbagai Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Program Studi Manajemen

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Hubungi Kami

Kampus S1 & s2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1190
F. +62-21-799-3375

E-mail: [email protected]
http://www.paramadina.ac.id 
I
G: @universitas_paramadina
FB: fb.com/paramadina

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed