MANAJEMEN
Program Studi Manajemen menyelenggarakan program studi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu membuat keputusan dalam ranah organisasi maupun menjalankan bisnis yang berbasis Etika. Dengan demikian, profil lulusan Program Studi Manajemen adalah sebagai manajer, pengelola atau pemilik organisasi yang mampu membuat keputusan dan mengelola organisasi dengan berlandaskan etika. Program Studi Manajemen menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang direview secara reguler untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang sesuai dengan kondisi dunia bisnis.
Terkait dengan implementasi visi misi, Program Studi memiliki mata kuliah utama yang mendukung yaitu mata kuliah Kepemimpinan, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Anti Korupsi. Tujuan kuliah pada setiap mata kuliah sejalan dengan tujuan Universitas Paramadina yang berlandasan pada nilai-nilai leadership, ethics, dan entrepreneurship. Ketiga nilai ini dianggap mampu menciptakan lulusan mahasiswa yang beretika dan profesional. Nilai leadership, ethics, dan entrepreneurship menambah kekhasan lulusan Program Studi Manajemen agar bisa berkontribusi dalam kehidupan masyarakat dengan baik


Adrian Wijanarko
Ketua Program Studi
Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan manajemen dan bisnis, yang mewujudkan perpaduan antara kemampuan pengambilan keputusan dan pengelolaan organisasi berdasarkan etika, dalam skala nasional maupun global pada tahun 2025.
Misi Program Studi mengembangkan, menyelenggarakan dan mengimplementasikan pendidikan tinggi tingkat strata satu di bidang manajemen dan bisnis yang menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan pengambilan keputusan berbasis etika melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki fondasi berpikir secara kritis dan logis yang beretika.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki pendidikan di bidang Manajemen dan Bisnis dengan mengacu pada kompetensi pembuatan keputusan dan pengelolaan organisasi, sumber daya yang dimiliki, dan perkembangan di dalam lingkungan nasional, regional dan internasional.
- Menghasilkan penelitian dalam bidang Manajemen dan Bisnis dalam rangka memperkaya khazanah ilmu pengetahuan baik nasional, regional dan internasional.
- Menyumbangkan pemikiran dalam kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas intelektual baik nasional, regional dan internasional
- Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan dukungan sumber daya manusia dan suksesi internal program studi dalam rangka mendukung proses pembelajaran
TESTIMONI ALUMNI






KURIKULUM DAN METODE
Prodi menggunakan Kurikulum Perguruan Tinggi yang dievaluasi secara reguler untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi yang sesuai kondisi dunia bisnis. Sejumlah program menjadi aspek penting yang mendasari kesuksesan studi Manajemen. Untuk menunjang wawasan mahasiswa, secara rutin, dosen tamu dengan berbagai latar belakang didatangkan guna memperluas wawasan para mahasiswa. Company visits dan workshop mahasiswa, karya ilmiah dilakukan secara rutin, untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa memahami dunia akademik dan praktis. Selain itu, Prodi mewajibkan seluruh mahasiswa mengikuti praktik lapangan atau simulasi bisnis dan menulis karya akhir, sebagai wahana untuk membangun pemahaman teori dan praktik.
- UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas.
- UU No. 12/ 2012 tentang Perguruan Tinggi.
- PP No. 10/ 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
- Permendikbud No. 73/ 2013 tentang KKNI.
- Permenristekdikti No. 44 tahun 2015 tentang SNDIKTI.
Dasar hukum dalam penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Prodi adalah:
RENCANA STUDI
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Teknologi Informasi dan Komunikasi (MKU) | 3 |
Kepemimpinan (MKF) | 3 |
Dasar-Dasar Manajemen (MKP) | 4 |
Ekonomi Terapan (MKP) | 3 |
Pengantar Akuntansi (MKP) | 4 |
Statistika Bisnis (MKP) | 3 | Total SKS Semester 1 | 20 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Pendidikan Agama (MKU) | 2 |
Anti Korupsi (MKU) | 3 |
Etika Bisnis (MKF) | 3 |
Bisnis Kontemporer (MKP) | 4 |
Matematika Bisnis (MKP) | 4 |
Statistika Lanjutan (MKP) | 4 |
Total SKS Semester 2 | 20 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Bahasa Indonesia (MKU) | 2 |
Nilai Hidup Paramadina (MKU) | 3 |
Manajemen Keuangan (MKP) | 4 |
Manajemen Pemasaran (MKP) | 4 |
Manajemen Sumber Daya Manusia (MKP) | 4 |
Perilaku Konsumen (MKP) | 3 |
Total SKS Semester 3 | 20 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Bahasa Inggris (MKP) | 3 |
Manajemen Merek (MKP) | 3 |
Manajemen dan Bisnis Syariah (MKP) | 4 |
Manajemen Operasi (MKP) | 4 |
Manajemen Stratejik (MKP) | 4 |
Total SKS Semester 4 | 18 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Pancasila dan Kewarganegaraan (MKU) | 3 |
Bisnis Digital (MKP) | 4 |
Komunikasi Pemasaran Digital (MKP) | 4 |
Manajemen Investasi (MKP) | 3 |
Manajemen Perubahan (MKP) | 3 |
Sistem Informasi Manajemen (MKP) | 3 |
Total SKS Semester 5 | 20 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Kewirausahaan (MKU) | 3 |
Metodologi Penelitian (MKP) | 5 |
Mata Kuliah Minat 1 * (MKP) | 4 |
Mata Kuliah Minat 2 * (MKP) | 4 |
Mata Kuliah Minat 3 * (MKP) | 4 |
Total SKS Semester 6 | 20 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Kemitraan (MKF) | 3 |
Pengambilan Keputusan (MKP) | 4 |
Proyek Kreatif (MKP) | 6 |
Seminar Proposal (MKP) | 4 |
Bisnis Internasional (MKP) | 3 |
Total SKS Semester 7 | 20 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Karya Akhir (MKP) | 6 |
Total SKS Semester 8 | 6 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Aktivasi Merek | 4 |
Analisis Merek | 4 |
Strategi Merek | 4 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Keuangan Internasional | 4 |
Keuangan Perilaku | 4 |
Perantara Keuangan | 4 |
MATA KULIAH | SKS |
---|---|
Manajemen Kinerja | 4 |
Manajemen Talenta | 4 |
SDM Stratejik | 4 |
Total SKS yang ditempuh: 144
Catatan : Kelas Mata Kuliah Minat akan dibuka apabila jumlah mahasiswa memenuhi kuota yang dipertimbangkan oleh Program Studi
Keterangan
- MKU: Mata Kuliah Universitas
- MKF: Mata Kuliah Fakultas
- MKP: Mata Kuliah Program Studi
- 5*: Kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dilaksanakan pada Semester 5 dalam bentuk Pertukaran Pelajar (Konversi SKS Setara 20 SKS)
- 6**: Kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dilaksanakan pada Semester 6 dalam bentuk Magang/Praktik Kerja, Asistensi Mengajar (Konversi SKS Setara 20 SKS)
- 7***: Kegiatan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dilaksanakan pada Semester 7 dalam bentuk Penelitian, Proyek Kemanusiaan, Studi/Proyek Independen, dan Membangun Desa/KKN Tematik (Konversi SKS Setara 20 SKS)
STAF PENGAJAR

Saat ini menjabat sebagai Ketua Executive Program Executive Program for Sustainable Partnership (EPSP) Universitas Paramadina, sebuah program inisiatif untuk mendorong bisnis inklusif dan kemitraan antar sektor yang mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs). Kepeduliannya terhadap bidang kemitraan ditunjukkan dengan berbagai penelitian terkait kemitraan antar sector.
Universitas Paramadina
2017: Master degree (M.M.), Management Degree, PPM Management.
1. Sustainability and Partnership
2. Human Resources Management
Peer Reviewed Journal:
1. 2015. Pengaruh faktor perceived enjoyment, economic benefit, ecological sustainability,
self-denial in purchasing goods, dan risk in purchasing through internet terhadap
consumer behavior pada proses pembelian barang bekas tahan lama melalui internet
2. 2018. APPNIA dalam kontribusi tujuan SDGs tanpa kelaparan dan kehidupan sehat dan
sejahtera
3. 2018. Studi kasus program kemitraan Indonesia Service Dialogue dengan Pemerintah
kota Yogyakarta dalam meningkatkan ekonomi kreatif di Yogyakarta
4. 2018. Komite Kebijakan Industri Pertahanan: Mewujudkan Kemandirian Industri
Pertahanan
5. 2018. Social Capital as The Basis of Long-Term Partnership
6. 2019. Implikasi Perilaku Pencarian Variasi Sebagai Perilaku Psikologis Terhadap Aspek
Manajerial
7. 2019. Studi Kasus Praktik Integritas PT Bukit Asam dalam Pengelolaan Sumber Daya
Alam
8. 2019. Menilik Jejak Entrepreneurial Marketing, Pemasaran dalam Lingkup
Kewirausahaan
9. 2019. The Role of Strategic Partnership to Improve Firm Performance: Empirical Finding
on Listed Companies in Indonesia
10. 2019. Pengembangan pengukuran integritas kepemimpinan
11. 2019. A quantitative investigation in understanding consumer behavior regarding
counterfeit luxury brands of fashion in Indonesia
12. 2019. Program Kemitraan Telusur Lebak Pilar dalam Mendukung Pengurangan Sampah
Plastik di Kota Bogor
13. 2020. Analisis Preferensi Kopi Lokal: Studi Mengenai nilai Konsumen Intrinsik dan
Ekstrinsik, Preferensi Merek Lokal pada Sikap Konsumen
14. 2020. Tantangan Integritas Bisnis Tambang di Inodensia
15. 2021. Brand Management, Entrepreneurial, Marketing Orientation, Social Capital,
Resources Capabilities and Environmental Factors in Sustaining Performance of Small
Medium Enterprise
16. 2021. Crowdfunding: Aspek Kemitraan pada Penyelenggaraan (Studi pada Platform
GandengTangan)
Peer reviewed paper proceeding
1. 2019. Menilik Jejak Entrepreneurial Marketing, Pemasaran dalam Lingkup
Kewirausahaan
2. 2018. Social Capital as The Basis of Long-Term Partnership
2. 2018. Studi Kasus Kemitraan: Perspektif Pemerintah
3. 2019. Studi Kasus Kemitraan: Perspektif Bisnis dan Sosial (Book Chapter)
4. 2020. Branding: Konsep dan Studi Merek Lokal
5. 2020. Trend Perilaku Konsumen
6. 2020. Isu-Isu Manajemen Kontemporer
7. 2021. Integritas dan Tantangan Bisnis Tambang di Indonesia

- Education
- Experience
- Research, Book, and Publication
- International Training Attended
- Speaker and Moderator
- Activities
Magister of Management
(M.M.),
Major in Strategic Finance, March
2011-Paramadina Graduate School of
Business, Jakarta
Thesis:
Correlation between Corporate Social
Performance and Corporate Financial
Performance (Study of Philanthropy
Expenditure to Financial Performance of
SRI KEHATI Index in the year 2008-2009)
GPA: 3.65
Bachelor of Social Science
(S.Sos),
Major in Public Administration,
January 2007-University of Indonesia,
Depok-West Java
Thesis:
e-Procurement Implementation in
Supporting The Good Corporate Governance
in Public Owned Company: A Case Study at
Multimedia Division of PT Telekomunikasi
Indonesia, Tbk
GPA: 3.22
PROFESSIONAL EXPERIENCE
Manager for Cooperation and Alumni Relations
Department of Cooperation, Marketing,
and Alumni Relations,
Paramadina University,
Jakarta (November
2017-present)
Supervisor for Cooperation and International Office
Department of Cooperation and
Fellowship,
Paramadina University, Jakarta (March 2013-November
2017)
Coordinator for Cooperation
Department of Cooperation and
Fellowship,
Paramadina University, Jakarta (March 2011-March 2013)
Academic Supporting Staff,
Paramadina University, Jakarta
(Februari 2008-March 2011)
Management Trainee
PT Columbindo Perdana, Jakarta (Juli 2007-Januari 2008)
TEACHING EXPERIENCE
Adjunct Lecturer, Paramadina University, Jakarta (2012-present)
Courses of Management Science:
- Financial Management
- Marketing Management
- Consumer Behaviour
- Branding
Courses of Research:
- Social Research Methodology
- Statistics for Communication Studies
Courses of Self Competencies and Development:
- Anti-Corruption
- English for University Students
2. Branding: Konsep dan Studi Merek Lokal, Book Publication, October 2020, Penerbit Universitas Paramadina
3. Trend Perilaku Konsumen: Konteks Indonesia, Book Publication, 2020, Penerbit Universitas Paramadina
4. Isu-Isu Manajemen Kontemporer Terkini: Konteks Indonesia, Book Publication, 2020, Penerbit Universitas Paramadina
5. Manajemen Pemasaran: Teori dan Isu Terkini, Oktober 2019, Penerbit Universitas Paramadina
6. Partnership in Eradicating Corruption (Case Study of Indonesia’s Corruption Eradication Commission Partnership with Dompet Dhuafa in Preventing Corruption), Proceeding of 20th International Research Conference on Anti-Corruption, Good Governance and Human Rights, Bangkok, Thailand, December 2018
7. Index of Ease of Doing Business for SME’s (Study in 5 cities in Indonesia), Sponsored by Paramadina Graduate School and KADIN Indonesia, 2014
8. Women, Public Sphere and Islam, Article Compilations, Paramadina University, 2014
9. Wajah Pendidikan di Bumi Lorosae, Majalah Insasi-Vol.1 February2010, page 54-55
10. Kapur VS Spidol, Majalah Insasi Vol. 1 February 2010, page 116-117
11. Penerapan Etika Bisnis melalui Prinsip-Prinsip Good Corporate Governance, Jurnal Universitas Paramadina Vol 5 No.3 December 2008
12. Kinerja Pelayanan Publik, Studi Kasus Pada Puskesmas Kelurahan Puspanegara, Citeureup-Jawa Barat, (Public Service Performance Index: Case Study at Public Health Facilities, Citeureup, West Java), Metodologi Penelitian Sosial-FISIP UI 2005
- The Australia Indonesia University Executives’ Sharing Knowledge Programme, University of Sydney and Universities Australia members, in Sydney and Perth, Australia (10-25 April 2015)
- Post Graduate Course on Social and Ecological Market Economy, Konrad Adenauer Stiftung, Germany, in Parapat, North Sumatera, Indonesia (November 18-23, 2013)
- Panel Discussion on Social and Ecological Market Economy, Konrad Adenauer Stiftung, Germany, in Jakarta, Indonesia (April, 2012)
- English Language Communication and Intercultural Training, in Victoria University of Wellington, New Zealand (July 25-August 19, 2011)
- Training of Trainer Workshop, Urban and Local Government Management and Finance Citizen Report Card and Methodology, World Bank Institute-Jakarta, Indonesia (December 21-23, 2009)
• Presenter on 20th International
Research Conference on Anti Corruption,
Good Governance and Human Rights,
Bangkok, Thailand (13-14 December
2018)
• Moderator on Seminar and
Workshop in Education for Special Needs,
collaboration with THE EXPERTISES TEAM
OF PSYCHOLOGY AND EDUCATION FOR SPECIAL
NEEDS CHILDREN, the Phillipines, (May
12, 2015)
• Panelist on Research
Day 2013, Paramadina University
(December 11, 2013)
• Speaker on
Focus Group Discussion and Training:
Implementation of Public Integrity,
Sriwijaya University, Palembang, South
Sumatera (July 8-9, 2011)
• Speaker
on Regional Coordination Meeting
Indonesia Integrity Education Network,
Universitas Islam Bandung, West Java
(July 1, 2011)
PROJECT AND PROGRAM
MANAGEMENT
• Hibah Program Kompetisi Kampus
Merdeka, Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, as
Program Manager (2021)
• Post
Graduate Course on Social-Ecological
Market Economy (SEME), cooperation with
the Government of DKI Jakarta Province
and Konrad Adenauer Stiftung (KAS)
Germany as Program Manager (2019)
•
Vice Presidential Lecture on Indonesia’s
Economics, cooperation with the Office
of Vice President of Republic of
Indonesia and Konrad Adenauer Stiftung
(KAS) Germany as Program Manager
(2019)
• Multi-stakeholders
Dialogue on Business and Human Rights,
cooperation with Indonesia Global
Compact Network, as Program Manager
(2018)
• Communication on
Engagement Reports to United Nation
Global Compact, as Report Writer (2016
and 2018)
• Life of Muslims in
Germany-Study Program, cooperation with
Goethe Institut Indonesien-Germany as
Project Manager (2017 and 2018)
•
Paramadina Fellowship, cooperation with
Bank BTPN, Four Seasons Rajawali Group,
and TP Rachmat Foundation, as Program
Manager (2018)
• Post Graduate
Course on Social-Ecological Market
Economy (SEME), cooperation with Konrad
Adenauer Stiftung (KAS) Germany as
Program Manager (2018)
• SCG
Sharing the Dreams Fellowship,
cooperation with Siam Cement Group
Thailand and ANCORA Foundation as
Project Manager (2018)
• Social
Security for Youth, cooperation with
Social Security Administrator for Health
(BPJS Kesehatan-Indonesia) as Project
Manager (2017)
• Post Graduate
Course on Social-Ecological Market
Economy (SEME), cooperation with Konrad
Adenauer Stiftung (KAS) Germany as
Project Supervisor (2014-2017)
•
SCG Sharing the Dreams Fellowship,
cooperation with Siam Cement Group
Thailand and ANCORA Foundation, as
Project Supervisor (2013-2017)
•
Hibah Bantuan Fasilitasi Kerjasama
Internasional, Ministry of Research and
Technology, Higher Education, in
Victoria University of Wellington, New
Zealand as Program Supervisor (2016)
•
Anti-Trafficking Panel Discussion,
cooperation with Global Freedom Network
Australia as Project Assistant (2016)
•
Orientation Program with INPEX
Scholarship Awardee, cooperation with
INPEX-Masela, Japan, as Project
Supervisor (2016)
• Moslem Exchange
Program, cooperation with Australia
Indonesia Institute, as Project
Assistant (2014-2015)
• Women
Participation Program, cooperation with
the Asia Foundation, Royal Danish
Embassy, and DANIDA, as Program
Coordinator (2012-2014)
• Indonesia
Integrity Education Network (IIEN),
cooperation with TIRI Indonesia as
Program Coordinator (2011-2013)
•
Anti Corruption Clearing House (ACCH)
Portal Goes to Campus, cooperation with
GIZ Indonesia, as Project Coordinator
(2013)
• Panel Discussion on
Education in Indonesia, cooperation with
World Bank, Indonesia as Project
Coordinator (2013)
• Friendly
Indonesia Program, cooperation with Hana
Language Center, South Korea as Program
Coordinator (2011-2012)
SOCIAL
ACTIVITY
Member of Training and Education
Department
Paramadina Women
Institute (2013-present)

Ia memiliki minat penelitian pada isu ekonomi politik Negara berkembang khususnya dampak Invetasi Asing Langsung terhadap perkembangan sektor industri, utamanya pertambangan nikel (nickel mining juga e-commerce, serta produk turunannya (derivative products). Selain sebagai pengajar, Dia juga bekerja sebagai peneliti kebijakan publik pada Paramadina Public Policy Institute (PPPI), dapat dihubungi melalui muhamad.ikhsan@paramadina.ac.id
1. Doctoral Program – Graduate Institute of Political Economy (PhD Student)
2. University of Paramadina, Management Magister Degree (Magister Manajemen).
3. University of Indonesia, Bachelor Degree (Sarjana Sosial)

• Key Achievement: Graduated with Distinction
• Dissertation: The influence of Corporate Governance on the Financial Firms’ Performance During and After Global Financial Crises: Comparative Study Between Developed Countries and Emerging Markets. Grade: Distinction [This research paper presented in The 12th International Decision Science Institute Conference in Bali on July 2013]
08/06-08/09 Bachelor of Management, Major Finance
School of Business Management, Bandung Institute of Technology (SBM - ITB), Indonesia
• GPA: 3.56 out of 4.00
• Theses: Decision Making in Property Business Investment by using Real Option Methodology. Grade: A
• Activities: Head of Human Resource Department in SBM-ITB Student Union
GandengTangan (https://gandengtangan.co.id) is a lending-based crowdfunding (aka. Crowdlending) platform that provides a friendly loan access that focusing on the growth of the Micro-Business by using technology and equipped by assistance from local representative; where people can make an impactful investment in a secure, transparent, and easy way.
Responsibilities: Prepare and establish the vision, mission, and short-term&long-term goals; set the program strategy and SOPs; seek for borrowers, lenders, partners; build a network, make presentations, promote the platform to increase awareness in the society.
02/15-Present Homebase Lecturer at Paramadina University
6-hours per week lecturing in Finance subjects, such as Investment Management, Financial Management, and Basic Accounting.
12/13-08/14 Coordinator for Campaign Tools and Merchandise Online Store at TurunTangan Foundation
Provide all campaign needs, including source of funding, production, and distribution. Create and manage the workflow of Toko TurunTangan, the first merchandise online store for Presidential candidate campaign (http://toko.turuntangan.org). Become a trainer in the Volunteers’ Training in Bali, Semarang, and Bekasi.
10/13–08/14 Privately Business Assistance for Ananda H. Siregar (founder & owner of Blitz Megaplex)
Analyze and execute the early stage ventures in several industries: health & lifestyle and financial services.
05/13–10/13 Research Analyst (Equity) at PT. Indo Premier Securities
• Analyze the financials of the firms in telecommunication sector (TLKM, ISAT, EXCL).
• Writing the initiation report, result notes, daily morning report, and create the financial model.
05/11-08/11 Commercial Credit Reviewer/Analyst at PT. Bank Panin, Tbk
• Investigated history & credit standing of individuals/companies applying for credit.
• Reviewed proposals, determined credit worthiness, identified the significant risks, provided an independent judgement, and ascertained bank’s policies requirement complied.
11/09-05/11 Commercial Lending Account Manager at PT. Bank Panin, Tbk
• Managed >50 accounts for SME and Commercial segment with credit limit up to Rp 35billion.
• Analyzed business and credit worthiness, and prepared credit proposals.
• Increased sales and credit outstanding by prospecting new clients and up-selling to existing clients.
Key Achievement: Received reward (vacation 5D/4N to South Korea) as the Top 6 Best Performing Account Manager in the national level and No. 1 in the branch level for achieving 400% of the individual target in terms of credit outstanding growth in 2nd semester 2010, after 8 months working.
•Marketeers Netizen Award 2016 from Marketeers Magazine
•Finalist of Asean Impact Challenge 2015 from Scope Group Asia
•Startup of The Year 2015 from Indonesia Golden Ring Award 2015
•The Winner of The NextDev 2015 Digital Competition from Telkomsel
•Obtained Investment Manager Representative (WMI) License on March 2013 Exam
•Passed CFA® (Chartered Financial Analyst) Level 1 Exam on December 2011


Sebelum bergabung dan berkontribusi dengan Universitas Paramadina, pernah bekerja di PD. Sumber Jaya Aluminium sebagai Manajer Operasional, Universitas Media Nusantara Citra sebagai Dosen Tetap Yayasan, dan Universitas Dian Nusantara sebagai Dosen Luar Biasa.
Memiliki minat penelitian dalam Manajemen Operasional dan Manajemen Pemasaran dan menghasilkan beberapa penelitian yang telah dipublikasikan.
S1 – Universitas Pancasila – Program
Studi Manajemen – Konsentrasi Manajemen
Operasional
S2 – Universitas
Pancasila – Program Studi Manajemen –
Konsentrasi Manajemen Strategik
2. Universitas Media Nusantara Citra – Dosen Tetap Yayasan Periode Tahun 2018 – 2022.
3. Universitas Dian Nusantara – Dosen Luar Biasa Tahun 2021.
- Analisis Strategi Korporat Pengetahuan Aset dan Opini Pakar Terhadap Kinerja Perusahaan Terbuka (2016)
- Analisis Perencanaan Penjualan Dengan Metode Time Series (2019).
- Manajemen Rantai Pasok Produksi Rak Piring Aluminium di Depok (2020).
- Dampak Kondisi Pandemi di Indonesia terhadap Trend Penjualan (2020).
- Analisis Manajemen Perubahan Terhadap Kinerja Organisasi Pada PT Solusi Bangun Indonesia (2021).
- Pemanfaatan Wadah Berbagi Pengetahuan dan Kualitas Merek Terhadap Perilaku Loyalitas Konsumen (2021).
- Certified Leadership Management Associate (CLMA) – 2021
- Certified Performance Management Professional (CPMP) - 2021


- Bachelor of Management – STIE Kerjasama Yogyakarta
- Master of Management – STIE Indonesia Banjarmasin
- Doctor of Management – Universitas Negeri Jakarta
- Training Supervisory skill - Pos Indonesia
- Diklat-Sus - PT. Pos Indonesia
- Pelatihan Program Pengembangan Manajemen untuk Calon Manajer - PT. Pos Indonesia
- Cross Functional Training For Supervisor - Pos Indonesia
- Pelatihan dan Pendidikan Calon Kepala Kantor - PT. Pos Indonesia
- Certified Human Resources Profesional (CHRP) – Universitas Atmajaya Jakarta
- Pembicara pada Seminar Online dengan tema “Kepemimpinan dan Komunikasi pada Ormawa STIE Tri Bhakti di era Pandemik Covid-19” (Maret – 2021);
- Pembicara pada Webinar Etika Komunikasi, yang diselenggarakan secara daring oleh SMK Negeri 7 Bekasi (Maret – 2021);
- Narasumber pada “Bimbingan Teknis Manajemen Tata Kelola Usaha Koperasi”, yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Bekasi (September – 2020);
- Narasumber Pelatihan Koperasi dan Pengelolaan Koperasi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Bekasi Pada Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Produk UMKM dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Bekasi (3-5 Agustus 2021);
- Narasumber “Pelatihan Digitalisasi Pemasaran bagi Pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Natuna” yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Natuna (Ranai – Natuna, 20 Oktober s/d 22 Oktober 2021);
- Narasumber Seminar Nasional Praktik Bisnis Korporasi dengan tema “Melalui Praktik Bisnis Korporasi Ciptakan Generasi Unggul dan Berdaya Saing” yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 11 Januari 2022.
PT. Pos Indonesia – 2013 sd 2017
Teaching Experience
- STIE Pertiwi - Bekasi
- STIAMI
- INISA – Tambun
- STIE Tri Bhakti – Bekasi
- Universitas Terbuka
Research Interest
- Human Resources Management
-
Marketing Management
Publication
- Social Entrepreneurship: Inovasi dan Tantangannya Di Era Persaingan Bebas - Majalah Ilmiah BIJAK 68 Vol. 15, No. 1, Maret 2018, pp. 68 – 76
- Upaya Kantor Pos Jakarta Utara Meningkatkan Daya Saing Pelayanan Publik Melalui Inovasi - Jurnal. Ubharajaya.ac.id, Jun 08, 2018
- Analysis The influence of Service Quality on Customer Satisfaction of Domestic Postal Parcels at Kantor Pos Banjarmasin - Proceeding International Seminar On Accounting For Society - Vol 1, No 1 (2018)
- Penerapan 8 Langkah Perubahan Dalam Rangka Mengembangkan Inovasi di PT. Pos Indoensia Untuk Menjaga Eksistensi dan Saya Saing Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Pos Jakarta Utara 14000) – Prosiding Penelitian pada Seminar Nasional "Penelitian Bidang Ekonomi-Bisnis Serta Pembangunan Masyarakat, Dalam Upaya Meningkatkan Publikasi Internasional" UNILA
- Social Entrepreneurship: Innovation and Challenges in The Free Competition Era - Jurnal Transaksi Vol. 10 No. 1 Mei 2018 (Universitas Atmajaya Jakarta)
- “The Influence of Training on Competence at PT.Amanah Putra Pratama (Case Study on the Distribution of Indonesian Workers to Abroad)” - Jurnal Ekuivalensi Vol 4 No. 2 (2018) – Universitas Kahuripan Kediri
- "The Effects of Conflict on the Performance of Production Section Employees at PT. YKT Gear Indonesia" - Jurnal Manajemen Motivasi Vol 15 No. 1, 2019 - Universitas Muhammadiyah Pontianak
- The Effect of Compensation on Employee Performance at PT. Sango Indonesia – Karawang - Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Vol 2 No.1 (Januari 2019) - STIE Al-Washliyah Sibolga
- “Strategi Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di PT. Pos Indonesia (Persero) Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 – 1st Warmadewa National Conference of Economic (WNCE) Bali
- Application of Employee Engagement in The Framework of Increasing Performance at PT. Pos Indonesia (Persero) - Call for Papers, Seminar Nasional 2019 Institut STIAMI
- Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. JAEIL Indonesia – Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah Vol 2 No.2 (Juni 2019) – STIE Al-Washliyah Sibolga
- Pengaruh Konflik terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada PT. YKT Gear Indonesia - Business Innovation & Entrepreneurship Journal Vol1 No. 1(May 2019)
- Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Kerja Pada PT. BDP - Prosiding Seminar Nasional dan Call For Papers Manajemen dan Pendidikan Bisnis "Pendidikan, Bisnis, dan Manajemen Menyongsong Era Society 5.0"
- The Influence of Managerial Talent on Job Rotation - Prosiding "International Conference on Business, Accounting, Supply Chain, And Logistics" UNS - Solo.
- The Influence of Work Experience on Job Rotation - Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 456 Proceedings of the Brawijaya International Conference on Multidisciplinary Sciences and Technology (BICMST 2020)
- The Influence of Work Supervision on Job Rotation (Case Study on Post Office Manager in Regional IV Jakarta) - International e-Journal of Educational Studies (IEJES) 2020 Volume 4
Issue 8, 190-198
- Pengaruh Keberbakatan Manajerial Terhadap Efektivitas Rotasi Jabatan (Studi Kasus Pada Kantor Pos di Regional IV Jakarta) - Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS)
Volume 2 Nomor 1 Januari 2021
- The Effect of Managerial Talented on Work Experience in Post Office Managers in Regional IV Jakarta - Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS) Volume 3 Nomor 1 Januari 2022
GALERI KEGIATAN
DOKUMENTASI BERBAGAI KEGIATAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN










GALERI 2018
















HIMA MANAJEMEN


Selengkapnya cek di @manajemenparmad
No events |

Dokumentasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat antar Universitas antara Universitas Paramadina dengan London School of Public Relation (LSPR).
Kegiatan Pengabdian Masyarakat antar Universitas antara Universitas Paramadina dengan London School of Public Relation (LSPR). Dosen Manajemen, Adrian Wijanarko MM, sedang memberikan pemaparan dalam acara tersebut

Dokumantasi Diskusi Informal Menuju Formal Terkait Spiritual Marketing Melalui Pemahaman Nilai Islam Agar Lebih Membumi.
Dokumantasi Diskusi Informal Menuju Formal Terkait Spiritual Marketing Melalui Pemahaman Nilai Islam Agar Lebih Membumi.Prodi MM Paramadina dan Prodi MM Universitas Airlangga Surabaya.
Entrepreneur Day dan Debat Business Plan
Program Studi Manajemen Universitas Paramadina mengundang Bapak/Ibu/Sdr. untuk berpartisipasi pada kegiatan ini yang akan diselenggarakan pada : Hari / tanggal : Selasa & Rabu / 18 & 19 Juni 2019 ...
Workshop " Powerful Slide"
One Day Wokrshop POWERFUL SLIDEPernahkah Anda menghadapi sebuah presentasi yang membosankan? Anda dihadapkan pada slide yang berisi sebuah “cerpen”? gambar yang buram, ukuran huruf yang terlalu kecil, terlalu banyak jenis...