Kegiatan Seminar “Friend With Benefit: Mengintip Pola Hubungan Intim Remaja Saat ini”

Pelaksanaan Seminar “Friend With Benefit: Mengintip Pola Hubungan Intim Remaja Saat ini” sebagai pembuka dan rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah Psikologi tahun 2018 telah dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2018 pukul 09.00-12.00 WIB. Dalam seminar ini melibatkan para narasumber baik dosen internal, alumni program studi psikologi Universitas Paramadina serta narasumber eskternal yaitu Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog, dr. Tengku Yenni Febrina, Abigail Naomi, S.Psi dan moderator oleh Ghassani Preira, S.Psi.

Dalam kegiatan seminar tersebut, narasumber pertama Abigail Naomi, S.Psi memaparkan fenomena Friend With Benefit (FWB) mendasarkan pada hasil penelitian skripsi yang sudah diselesaikan pada tahun lalu. Dalam paparannya, Abigail Naomi, S.Psi memaparkan bagaimana fenomena FWB mulai mempengaruhi gaya perilaku seksual remaja yang kemudian diperkuat dengan dinamika yang dialami oleh responden penelitiannya. Dalam paparannya juga, Abigail melihat lebih jauh faktor penyebab atau latar belakang yang diindikasikan memperkuat perilaku FWB serta pengalaman yang dialami oleh responden terkait perilaku seks FWB tersebut. Sebagai penutup, Abigail memberikan gambaran terkait dengan efek negatif yang dialami oleh responden akibat perilaku seksual FWB yang sudah dijalani oleh responden.

Narasumber kedua, Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog memberikan paparan yang lebih mendalam terkait dengan konsep dan batasan yang disebut dengan perilaku seksual dan FWB. Penekanan pada perilaku seksual dengan pasangannya yang sudah dikenal sebagai teman atau sahabat menjadikan FWB berbeda dengan perilaku seksual lainnya seperti one night stand, Booty Calls maupun jenis perilaku seksual lainnya. Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog juga memberikan analisis terkait dengan faktor yang sangat mungkin mempengaruhi remaja sehingga mudah untuk terjerumus dalam perilaku seksual yang dianggap melanggar norma dan sangat rentan dengan ancaman penyakit seksual. Selain itu, pembahasan mengenai efek yang dapat ditimbulkan dari fenomena FWB ini serta bentuk-bentuk prevensi maupun kuratif yang bisa dilakukan dalam menghadapi fenomena perilaku seksual umumnya pada remaja serta perilaku seksual FWB pada khususnya dipaparkan lebih detail dalam presentasinya. Dalam paparan yang diberikan Dwita Priyanti, M.Psi, Psikolog juga diperkuat dengan hasil survey yang sudah dilakukan dengan melibatkan responden mencapai 2000 orang terkait dengan perilaku seksual secara umum dan perilaku seksual FWB pada khususnya.

Narasumber ketiga, dr. Tengku Yenni Febrina memaparkan beberapa kasus dari pasien yang pernah ditanganinya terkait dengan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan perilaku seksual yang salah. Dalam hal ini dr. Tengku Yenni Febrina banyak memaparkan bagaimana HIV sebagai salah satu efek buruk dari perilaku seksual yang salah tersebut. Selain penyakit HIV dr. Tengku Yenni Febrina juga memberikan gambaran penyakit seksual menular lainnya seperti sifilis, gonorrhoe dan bentuk penyakit lainnya yang mana untuk beberapa penyakit tertentu akan meninggalkan tanda maupun bekas yang tidak akan pernah hilang meskipun gejala sudah membaik. Paparan yang lebih mendalam terkait dengan HIV juga dijelaskan dengan lebih mendetail terkait dengan bagaimana penyebarannya dan apa yang dimaksud dengan HIV, bagaimana melakukan deteksi terhadap penyakit HIV tersebut, penyakit apa saja yang dapat muncul akibat HIV tersebut. Menjadi catatan penting dalam paparan dr. Tengku Yenni Febrina adalah orang yang sudah terjangkit virus HIV akan menjalani perawatan seumur hidupnya dengan selalu minum obat Anti Retroviral Therapy. Sekali individu terkena virus ini maka seumur hidupnya akan membawa virus tersebut. Pengobatan yang diberikan lebih kepada upaya meningkatkan imun dalam tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit lainnya yang dapat mengarah pada komplikasi dan kematian.

Bahan presentasi para narasumber dapat di download melalui link berikut:

https://drive.google.com/file/d/1NozsH4CjwUG04qRrYy_DdB8JoUzPnk9O/view?usp=sharing

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed