Latest News

Perayaaan 69 Tahun Abdul Hadi WM

Perayaaan 69 Tahun Abdul Hadi WM

Dengan bangga, Keluarga Besar Falsafah dan Agama mempersembahkan acara "Perayaan 69 Tahun Abdul Had...

Islam yang Kasih, Mengapa Masih Ada Ekstremis?

Islam yang Kasih, Mengapa Masih Ada Ekstremis?

Reporter: Ach. Fadil Senin (12/05/14), Program Studi Falsafah dan Agama Universitas Paramadina, kem...

Politik Ekonomi Ketahanan Pangan Dalam Jokowinomics

Politik Ekonomi Ketahanan Pangan Dalam Jokowinomic...

Pusat Riset Islam, Etika dan Masyarakat (PRIEM) Program Studi Falsafah dan Agama Univ. Paramadina be...

Pertemuan Keluarga Besar Falsafah dan Agama

Pertemuan Keluarga Besar Falsafah dan Agama

Pertemuan alumni program studi Falsafah dan Agama telah dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2015 di Tama...

TENTANG PRODI FALSAFAH DAN AGAMA

 
Program Studi Falsafah dan Agama mempelajari ilmu agama, dalam hal ini agama Islam, yang ditopang oleh pengenalan terhadap persoalan filosofis. Program ini memberikan konteks kepada ilmu agama terkait dengan perubahan zaman yang menuntut usaha-usaha ijtihad.
Semua permasalahan ilmu pengetahuan mempunyai dimensi falsafah. Para mahasiswa yang mendalami falsafah akan diperkaya, baik dari segi kekritisan dalam menilai suatu cara pandang maupun dalam kemampuan berpikir. Melalui keterbukaan pikiran, kemampuan analisis, dan kekritisan berpikir yang diperoleh dari tradisi falsafah, para mahasiswa diharapkan akan menjadi pemikir Muslim yang dapat mengembangkan pemikiran Islam modern di Indonesia.

Visi

Mewujudkan Program Studi Falsafah dan Agama  sebagai "Jurusan Filsafat Kenegaraan dan Peradaban Islam/School of Philosophy of Islamic Statemenship dan Civilization" yang berstandar kelas-dunia (world class).

Misi

  1. Melaksanakan pengajaran di bidang falsafah dan agama yang bersifat teoritis dan aplikatif serta memelihara tradisi intelektual melalui riset, dan mendorong penemuan konsep-konsep baru dalam bingkai ke-islaman, ke-Indonesiaan dan kemodernan.
  2. Mendorong mahasiswa agar berpikir rasional-analitis-kritis, bersikap etis-religius dan berorientasi kepada pemecahan masalah serta berpandangan ke depan.
  3. Mengemangkan kajian Filsafah Kenegaraan 7 Peradaban Islam/Philosopy of Islamic Statemenship and Civilization melalui aktivitas-aktivitas riset, diskusi, seminar, workshop, penerbitan jurnal dan buku, policy paper, dll. 
  4. Menerpakan manajemen Program Studi yang berbasiskan akuntabilitas, efektifitas, transparan dan efisiensi; mengembangkan metode-metode belajar-mengajar alternatif serta meningkatkan sarana dan prasarana-nya.
  5. Meningkatkan kerja sama di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan isntitusi-institusi di luar kampus, baik dalam maupun luar negeri. 

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana Desain Produk Industri yang menguasai kelimuan dan keterampilan sesuai kompetensi desain produk industri, dengan kekhususan benda pakai, serta memiliki kompetensi leadership, entrepreneurship dan ethics.
  2. Menghasilkan lulusan yang siap berperan dalam lingkup nasional dan internasional.
  3. Menjadi Program Studi yang aktif berperan dalam pengembangan keilmuan desain produk industri.
  4. Menjadi Program Studi yang berperan dalam meningkatkan kompetensi sumber daa manusia, khususnya pada desain produk benda pakai, melalui pengabadian masyarakat. 
Fuad Mahbub SirajKetua Program Studi
fuad.siraj@paramadina.ac.id

KURIKULUM DAN METODE

 
Kurikulum disusun dengan memperhatikan ruang lingkup dan aspek-aspek studi Falsafah dan Agama. Di samping itu, penyusunan kurikulum dilakukan melalui proses bertahap. Pada tahap awal mahasiswa dikenalkan pada konsep-konsep dasar, tahap berikutnya mereka akan diarahkan kepada wawasan yang lebih mendalam dan spesifik. Selain melalui ceramah dosen, metode perkuliahan juga dilakukan lewat diskusi, dan presentasi oleh mahasiswa. Untuk memperluas wawasan, Program Studi Falsafah dan Agama mendatangkan dosen tamu dan memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti berbagai workshop dan seminar yang diselenggarakan oleh universitas maupun lembaga-lembaga lain. Demi menjawab tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dan umat Islam, sejak 2006 Program Studi Falsafah dan Agama menawarkan dua peminatan bagi para mahasiswanya: (1) Falsafah Politik dan Kenegaraan Islam, dan (2) Falsafah Kebudayaan & Peradaban Islam.
Mata Kuliah
Untuk memperoleh gelar sarjana di bidang Falsafah dan Agama, mahasiswa wajib menyelesaikan 144 SKS, termasuk 6 SKS Skripsi, yang secara keseluruhan dapat ditempuh dalam waktu tiga setengah tahun.

STAF PENGAJAR

Fuad Mahbub SirajKetua Program Studi
fuad.siraj@paramadina.ac.id
Abdul Hadi WMDosen
abdul.hadi@paramadina.ac.id
Aan RukmanaDosen
aan.rukmana@paramadina.ac.id
Rifai HasanDosen
rifai.hasan@paramadina.ac.id
M. Subhi-IbrahimDosen
mohammad.subhi@paramadina.ac.id
SunaryoDosen
sunaryo@paramadina.ac.id
Abdul Muis N.Dosen
abdul.muis@paramadina.ac.id
SuratnoDosen
suratno@paramadina.ac.id
Zainul Ma'arifDosen
zainul@paramadina.ac.id

KEMANA SETELAH LULUS?

 

Berikut profesi yang bisa kamu ambil setelah menyelesaikan studi: 

MEET OUR ALUMNI

Hendri F. IsnaeniRedaktur Majalah Historia Online/Penulis Buku
Saya sangat bersyukur dapat kuliah di Universitas Paramadina. Suasana belajar sangat akrab sehingga dapat menumbuhkan kebebasan dalam berpikir dan berpendapat. Ditunjang sarana dan prasarana memadai dalam menunjang proses pembelajaran. Kegiatan kampus pun sangat intens menambah pengetahuan dan pengalaman. Mengutip Albert Einstein bahwa "keunggulan kompetitif sebuah masyarakat bukanlah hasil dari seberapa bagus sekolah (kampus) mengajarkan perkalian dan tabel periodik, melainkan dari seberapa bagus sekolah (kampus) dapat merangsang imajinasi dan kreativitas." Meski "small" secara fisik, tetapi "giant" dalam pelayanan pendidikan yang menumbuhkan imajinasi dan kreativitas para mahasiswanya.
Dida Darul UlumPeneliti Bidang Sosial-Budaya, Megawati Institute
Kuliah di Paramadina merupakan salah satu lompatan berarti dalam hidup. Di sana, aku belajar mengembangkan pergaulan lintas batas. Setelah sekian lama berkutat dalam berbagai wacana keislaman, kemodernan, dan keindonesiaan yang dibantu interaksi sosial antara dosen dan mahasiswa yang begitu terbuka, aku bisa menangkap roh perjuangan Nurcholish Madjid yang tertuang di dalam tulisan-tulisannya. Bagiku, Universitas Paramadina adalah sebuah lembaga pendidikan yang didirikan sebagai bentuk transformatif dari seluruh gagasan Guru Bangsa kita untuk membangun sebuah peradaban.
Riska BaharFounder/CEO BARZETI Holding
Tanggung jawab terbesar sebagai manusia adalah menjadi bermanfaat buat sebanyak mungkin manusia lain mulai dari lingkungan terkecil hingga sebesar yang bisa diraih. Menyadarkan peranan manusia dalam keluarga, masyarakat, dan seluruh manusia adalah tujuan bersama, diakui atau tidak, dirasakan atau tidak, yang menjadi bagian dari hidup semua manusia. Bagi saya, kuliah di Paramadina adalah proses mempercepat kesadaran ini sehingga saya bisa melanjutkan langkah menuju yang lebih baik dan lebih dalam dari menjadi manusia yang bermanfaat tersebut. Paramadina memberikan penjelasan yang bisa dicerna dengan mudah dan baik sehingga mudah bagi saya untuk menjelaskan kembali ke sebanyak mungkin manusia lain.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed