Diskusi "Millenial Generations and Work Values"

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2018 dengan narasumber Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si, Psikolog dan Harison Fajahri, S.Psi yang dimoderatori oleh Alfikalia, M.Si, Psikolog. Kegiatan diskusi ini merupakan acara penutupan dari rangkaian kegiatan pekan ilmiah psikologi 2018 yang telah dilaksanakan sejak tanggal 6 Desember 2018. Dalam kegiatan diskusi ini, tema yang diangkat berkaitan dengan nilai kerja para generasi millenial yang saat dirasa memberikan dampak yang sangat besar dalam dunia kerja. Diskusi yang berjalan dengan baik ini diarahkan pada upaya melihat fenomena yang ada dengan pendekatan akademis serta praktis dalam dunia kerja. Yang mana tujuan akhirnya nanti dapat memunculkan sebuah inovasi atas permasalahan yang sedang dibahas saat diskusi.

Narasumber pertama, ibu Dr. Ayu Dwi Nindyati, M.Si, Psikolog mengawali diskusinya dengan memaparkan hasil-hasil penelitian yang sudah diselesaikan maupun mengutip penelitian-penelitian yang lain untuk menguatkan paparan yang ada. Paparan hasil penelitian diantaranya memperlihatkan bagaimana sejarah penelitian mengenai generasi ini muncul, bagaimana mitos dan realitas yang dipaparkan mengenai generasi milenial sendiri, demografi generasi milenial yang saat ini menjadi isu yang sangat menarik untuk dikaji lebih mendalam serta paparan mengenai karakter maupun kompetensi generasi millenial dalam dunia kerjanya. Paparan-paparan tersebut memberikan gambaran yang lebih detail terkait dengan permasalahan maupun potensi yang dimiliki oleh generasi millenial kedepan yang salah satu tantangan yang harus diperhatikan oleh generasi milenial sendiri diarahkan pada kesadaran akan adanya interaksi antar generasi di dunia kerja serta bagaimana memiliki kesabaran dalam membangun karirnya sehingga akan memberikan kesejahteraan psikologis yang tepat bagi mereka.

Narasumber kedua, Harison Fajahri, S.Psi memaparkan fenomena generasi milenial dari sudut pandang praktis sebagai manajer learning academy di CIMB Niaga saat ini. Paparan yang lugas serta praktis menguatkan paparan yang sebelumnya sudah dijelaskan dengan pendekatan akademis. Beberapa permasalahan mengenai generasi millenial yang akhirnya menuntut perusahaan untuk bisa berubah mengikuti jaman para millenial ini merubah beberapa pendekatan baik rekrutmen hingga budaya kerja yang sebelumnya sudah terbangun. Tuntutan tersebut nyata dan harus dijawab oleh perusahaan agar bisa beradaptasi dan mampu memberikan values yang tepat agar para generasi millenial merasa betah di tempat kerja. Selain hal tersebut, paparan mengenai tuntutan menjadi generasi millenial yang sesuai dengan tuntutan perusahaan juga menjadi fokus dalam diskusi. Meskipun generasi millenial dianggap sebagai generasi yang inovatif tetapi tidak sedikit yang belum mampu merealisasikan potensi yang seharusnya. Selain hal tersebut, narasumber juga memaparkan adanya fenomena generasi millenial yang juga harus mampu beradaptasi dengan baik ketika masuk ke dalam sebuah sistem dalam hal ini perusahaan. Hal ini menjadi tuntutan yang nyata bahwa sebagai pekerja, semua generasi punya kewajiban untuk dapat mengikuti aturan tersebut dengan baik.

Materi narasumber dapat diunduh pada:

https://drive.google.com/drive/folders/1QgWcbuDX_xHrYorfRd8dgfECrabPID76?usp=sharing

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Latest Posts

21 October 2015
21 October 2015
21 October 2015

Hubungi Kami

Kampus S1:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1188
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 

Kampus S2:
Gedung Tempo
Jalan Palmerah Barat No.8, 
Kebayoran Lama, Jakarta - 12240

T. +62-21-7918-1188 ext.: 242
F. +62-21-799-3375

http://www.paramadina.ac.id 

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed