fbpx
Previous Next

Kuliah Tamu "Membuat Slide Presentasi Yang Menarik".

Kemampuan berkomunikasi secara efektif adalah yang paling penting dari semua kecakapan hidup. Komunikasi hanyalah tindakan mentransfer informasi dari satu tempat ke tempat lain, tidak peduli apakah itu vokal (menggunakan suara), tertulis (menggunakan media cetak atau digital seperti buku, majalah, situs web atau email), visual (menggunakan logo, peta, bagan atau grafik) atau non-verbal (menggunakan bahasa tubuh, gerakan dan nada dan nada suara). Seberapa baik informasi ini dapat ditransmisikan dan diterima adalah ukuran seberapa baik keterampilan komunikasi kita (Kharkiv,2016). Hampir semua orang sukses di dunia ini adalah para pembicara ulung. Almarhum Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Barrack Obama, Oprah Winfrey, atau Sheryl Sandberg, adalah orang-orang sukses dari bidang yang berbeda. Tapi mereka punya kesamaan, yaitu memiliki kemampuan public speaking.

Sementara itu, Steve Jobs (almarhum) menjadi salah satu figur yang dinilai menginspirasi, lewat presentasi-presentasi yang dibawakannya. Presentasi-presentasi dari Steve Jobs ini yang dianggap membuat produk-produk Apple menjadi laris di pasaran, walaupun harganya lebih mahal dibandingkan produk-produk sejenis. Di era saat ini yang mendengungkan kebebasan berbicara dan menyampaikan ide membuat orang sulit mengandalkan orasi atau pesan melalui mulut saja. Hal ini karena orasi lebih membuka peluang orang untuk mendebat dan menyanggah. Dalam orasi, informasi yang tersampaikan lewat begitu cepat. Dari 1000 kata yang disampaikan melalui orasi hanya kurang dari 5% saja yang tertangkap dengan benar oleh audiens. Selebihnya menguap hilang.

Dengan sarana presentasi sebagaimana yang kita kenal saat ini, pesan yang semula hanya mengandalkan kata-kata secara lisan (oral spoken) sekarang didukung dengan sarana audio visual dengan bantuan slide presentasi. Dengan demikian informasi bukan hanya tertangkap melalui telinga saja, tetapi juga lewat mata. Persentase pesan yang tertangkap dan tersimpan di memori audiens meningkat secara signifikan. Hal ini menjadikan penting bagi para mahasiswa Prodi Psikologi, Universitas Paramadina untuk memiliki kemampuan dalam membuat slide presentasi menarik sehingga dirasa perlu untuk mengundang ahli di bidang ini. Kuliah tamu ini telah dilaksanakan pada hari selasa, 12 November 2019 dengan pemateri yaitu Bapak David Syamtar, M.M., CHRP, CMHR. Dalam kuliah tamu ini, mahasiswa dibekali kemampuan membuat slide presentasi yang menarik serta efektif dalam menyampaikan informasi melalui presentasi.

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Hubungi Kami

Kampus S1 & s2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1190
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 
I
G: @universitas_paramadina
FB: fb.com/paramadina

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed