fbpx
Image

INFORMATIKA

Events

No events

Latest News

Penyerahan Hadiah Pemenang Tantangan Bebras 2019 - Biro Paramadina

Penyerahan Hadiah Pemenang Tantangan Bebras 2019 -...

Pada hari Selasa, tanggal 4 Februari 2020 Biro Bebras Universitas Paramadina melaksanakan penyeraha...

ASIG13: Kompetisi Game, Pameran Karya Mahasiswa, Bazaar, dan Pentas Seni

ASIG13: Kompetisi Game, Pameran Karya Mahasiswa, B...

[17 – 20 Desember 2019] ASIG13 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh HIMTI (Himpunan Ma...

Pembukaan ASIG 13 - Talkshow "Internet Ethics"

Pembukaan ASIG 13 - Talkshow "Internet Ethics...

Selasa, 17 Desember 2019 HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika) Universitas Paramadina mengg...

Kompetisi Tahunan Tantangan Bebras 2019 - Biro Paramadina

Kompetisi Tahunan Tantangan Bebras 2019 - Biro Par...

Bebras adalah kompetisi tahunan untuk menguji pengertian empat komponen Computational Thinking pada...

TENTANG PRODI INFORMATIKA

 
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa sebuah tanggung jawab untuk melakuan inovasi dalam dunia teknologi itu sendiri. Berbagai macam ilmu yang yang mempengaruhinya termasuk yang memberi peran besar adalah bidang studi informatika. Dengan itu program studi informatika akan berusaha memberikan kontribusi langsung melalui kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan manusia-manusia berkualitas yang siap menghadapi perkembangan yang kian cepat. Dalam program studi ini, akan mengajarkan cara berpikir dengan algoritma, pengolahan data, sebuah kecerdasan buatan hingga animasi sebagai tampilan antarmuka.

visi misi tujuan

Visi

Menjadi program studi unggulan tingkat nasional tahun 2022 dan bereputasi internasional tahun 2025 dengan fokus pada Internet of Things dan Game Industry

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan informatika yang berkualitas di bidang IoT dan Game Industry
  2. Menciptakan suasana akademis yang mendorong kegiatan penelitian di bidang IoT dan Game Industry
  3. Melaksanakan kegiatan pengaplikasian ilmu pengetahuan bidang informatika sebagai wujud pengabdian masyarakat
  4. Menanamkan jiwa Leadership, Entrepreneurship, dan Ethic sebagai bekal mahasiswa untuk terjun ke dunia profesional

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana informatika yang kompeten di bidang IoT dan Game Industry yang memiliki jiwa kepemimpinan, entrepreneur , dan memegang teguh nilai-nilai etika
  2. Menghasilkan karya penelitian di bidang IoT dan Game Industry
  3. Mewujudkan kerjasama yang intensif dan ekstensif dengan pihak lain (Lembaga pendidikan, penelitian, pemerintah, industri, dan alumni) dalam rangka meningkatkan mutu kehidupan masyarakat.
  4. Berperan aktif dalam kegiatan informatika pada tingkat nasional dan internasional
Wahyuningdiah Trisari Harsanti PutriKetua Program Studi
wahyuningdiah.trisari@paramadina.ac.id

KURIKULUM DAN METODE

 
Kurikulum dan motode yang akan diberikan adalah dengan cara mempelajari ilmu fundamentalnya untuk mempersiapkan para mahasiswa/i dalam menerima materi selanjutnya. Materi-materi dasar lain diluar program studi informatika pun juga kami berikan seperti bahasa, kewarganegaraan, dan agama agar pada saat penggunaan ilmu yang telah di dapat sebelumnya bisa lebih terarah. Tidak lupa materi-materi utama akan diperkenalkan sedikit demi sedikit mulai dari bahasa pemrograman, jaringan, database, algoritma pemrograman, pembangunan sistem dan data, hingga pengenalan dalam pembuatan animasi. Diharapkan semua materi yang telah diperkenalkan dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat besar bagi para mahasiswa sebagai penerus bangsa.

Semester 1

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Pendidikan Pancasila 2 C
Bahasa Indonesia 2 C
Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 C
Praktikum Teknologi Informasi dan Komunikasi 0 C
Nilai Hidup Paramadina 3 C
Kreativitas dan Inovasi 2 C
Algoritma dan Pemrograman I 3 C
Basis Data I 3 C
Praktikum Algoritma dan Pemrograman I 1 C
Total SKS 19

Semester 2

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Pendidikan Agama 2 C
Anti Korupsi 3 C
Bahasa Inggris I 2 C
Pendidikan Kewarganegaraan 2 C
Kewirausahaan 3 C
Berpikir Desain 2 C
Komunikasi Data 2 C
Perancangan Web 3 C
Total SKS 19

Semester 3

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Algoritma dan Pemrograman II 3 C
Animasi 3 C
Arsitektur Komputer 3 C
Bahasa Inggris II 2 C
Jaringan Komputer 3 C
Komputer dan Masyarakat 2 C
Matematika Komputer 3 C
Praktikum Algoritma dan Pemrograman II 1 C
Total SKS 20

Semester 4

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Teknik Presentasi 2 C
Basis Data II 3 C
Matematika Diskrit 3 C
Pemrograman Web 3 C
Sistem Keamanan 3 C
Sistem Operasi 3 C
Struktur Data 3 C
Total SKS 20

Semester 5

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Algoritma dan Pemrograman III 3 C
Interaksi Manusia dan Komputer 3 C
Metode Numerik 3 C
Rekayasa Perangkat Lunak 3 C
Statistika 3 C
Matakuliah Pilihan Lintas Program Studi 1 3 C
Matakuliah Peminatan 1 2 C
Total SKS 20

Semester 6

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Analisis dan Perancangan Berbasis Objek 3 C
Data Mining dan Perolehan Informasi 3 C
Kecerdasan Buatant 3 C
Sistem Informasi Manajemen 3 C
Hak atas Kekayaan Intelektual 2 C
Matakuliah Pilihan Lintas Program Studi 2 3 C
Matakuliah Peminatan 2 3 C
Total SKS 20

Semester 7

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Kapita Selekta 2 C
Manajemen Proyek Sistem Informasi 3 C
Metodologi Penelitian 3 C
Pembelajaran Mesin 3 C
Matakuliah Pilihan Lintas Program Studi 3 3 C
Matakuliah Peminatan 3 3 C
Total SKS 17

Semester 8

Mata Kuliah SKS Nilai Min
Praktek Kerja Lapangan 3 C
Tugas Akhir 6 C
Total SKS 9

Peminatan

Semester Mata Kuliah SKS Nilai Min
5 Game Enterprise 2 C
IoT Enterprise 2 C
6 Pemrograman Mobile 3 C
Perancangan Game 3 C
7 Pemrograman Game 3 C
Pemrograman IoT 3 C

Pilihan Lintas Prodi

Semester Mata Kuliah SKS Nilai Min
5 Komputasi Awan 3 C
6 Forensik Digital 3 C
7 Audit Sistem Informasi 3 C

STAF PENGAJAR

Wahyuningdiah Trisari Harsanti PutriKetua Program Studi
wahyuningdiah.trisari@paramadina.ac.id
Dikara BarcahDosen
dikara.barcah@paramadina.ac.id
Harry T.Y. AchsanDosen
harry.achsan@paramadina.ac.id
Retno HendrowatiDosen
retno.hendrowati@paramadina.ac.id
Diki Gita PurnamaDosen
diki.purnama@paramadina.ac.id
Ivonne Sartika MangulaDosen
ivonne.sartika@paramadina.ac.id
Hadi UtomoDosen
hadi.utomo@paramadina.ac.id

KEMANA SETELAH LULUS?

 

Berikut profesi yang bisa kamu ambil setelah menyelesaikan studi: Mobile Programmer, Mobile Programmer, System Analyst, Konsultan IT, Software Tester, Game Developer, Web Programmer, IT Security System

TESTIMONI ALUMNI

 

About us

Universitas Paramadina berdiri pada 10 Januari 1998, mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia demi kebahagiaan bersama seluruh umat manusia.

Hubungi Kami

Kampus S1 & s2:
Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790
T. +62-21-7918-1190
F. +62-21-799-3375

E-mail: info@paramadina.ac.id
http://www.paramadina.ac.id 
I
G: @universitas_paramadina
FB: fb.com/paramadina

Jam

Our support hours are
available 24 hours a day
(+62) 815 918 11 88

Monday to Friday: 8:00 to 15:00
Saturday: 8:00 to 12:00
Sunday: Closed